Profesionalitas yang Berbuah Manis untuk Melayani Masyarakat

Kadek Wisnu Mataram yang memiliki latar belakang di bidang profesionalisme kesehatan, sekaligus pemilik usaha di bidang yang sama, ingin lebih mengedepankan bagaimana agar ilmu yang dimiliki, dapat ia bagi dan memberi manfaat bagi masyarakat. Komitmen ini pun ia tanamkan kepada seluruh tim Wisnu Medika, demi membangun fasilitas kesehatan yang ramah dan berani mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan praktik kesehatan.

Berangkat dari orang tua yang berlatar belakang sebagai pedagang produk pakaian garmen, dr. Kadek Wisnu Mataram sukses menamatkan pendidikan dokternya berkisar lima hingga enam tahun. Setelah lulus pendidikan kedokteran, dr. Kadek Wisnu sempat bekerja di Rumah Sakit Famili Husada sebagai dokter jaga dan melanjutkan ke pendidikan spesialis penyakit dalam. Sebelum lulus, dr. Kadek Wisnu ditugaskan untuk mengabdi di Kabupaten Sumbawa Barat.

Setelah pengalamannya di kota tersebut, singkat cerita dr. Kadek Wisnu kemudian mendirikan klinik kesehatan berlabel “Wisnu Medika” pada Desember 2019, yang beralamat di Jl. Mulawarman No.200, Abianbase, Gianyar. Berdiri tiga bulan sebelum pandemi masuk Indonesia, dr. Kadek Wisnu berharap kliniknya tak hanya sekedar usaha yang berjalan, tapi lebih mengedepankan pelayanan informasi dan gaya hidup sehat kepada masyarakat.

Tentu upaya memberikan pelayanan kesehatan harus didukung dengan kerja sama seluruh tim dari Wisnu Medika. Namun jauh sebelum sampai pada tahap tersebut, dr. Kadek Wisnu sengaja merekrut tenaga medis yang tak hanya sekedar memiliki basic di dunia medis, tapi yang terpenting adalah memiliki kerendahan hati dan keinginan yang kuat untuk terus belajar, melalui pelatihan-pelatihan awal, yang wajib diikuti calon tenaga medis.

Tak hanya tenaga medis yang dibekali ilmu, dr. Kadek Wisnu pun menyatakan dirinya memulai usaha ini melalui proses pembelajaran dari nol. Ia yang sebelumnya berkawan dengan buku-buku kedokteran, kini mulai banyak membaca tentang manajemen bisnis, hingga syarat-syarat perizinan untuk membuka klinik kesehatannya yang meliputi fasilitas apotek, dokter spesialis penyakit dalam, bidan, dokter umum, fisioterapi dan estetika medis.

Di usia 31 tahun, di usia yang tergolong muda bergelar sebagai dokter spesialis dan sukses membangun usaha, dr. Kadek Wisnu tak henti mengucapkan syukur atas pencapaiannya tersebut. Baginya ia tak akan sampai di posisi ini, bila tanpa sosok orang-orang yang ada di sekitarnya yang tak pernah lelah memberikan dukungan penuh, atas apapun yang menjadi pilhannya. Dalam rangka ini, ia pun tak pernah lupa untuk mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Sang Pencipta. Terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, masih diberi rezeki baik berupa materi maupun kesehatan untuk berkegiatan seharihari, hal ini sudah merupakan anugerah yang luar biasa. Ke depannya klinik kesehatan Wisnu Medika diharapkan oleh dr. Kadek Wisnu dapat memenuhi target-target yang telah ia tentukan sebagai pendiri.

Untuk Bali khususnya, sebagai rumah tempat tinggal kita, dr. Kadek Wisnu berharap sebagai praktisi kesehatan agar masyarakat tidak bosanbosan untuk terus mengikuti protokol kesehatan, tak demi kepentingan diri sendiri, tapi juga orang banyak. Bagi yang kehilangan pekerjaannya karena peristiwa ini, sudah saatnya kita untuk memulai sebuah usaha, demi bertahan di tengah pandemi. Khususnya generasi muda, mumpung masih memiliki energi yang besar, janganlah pernah malu untuk memulainya dari usaha kecil. Karena kesuksesan, terlahir dari proses sederhana dan ada keyakinan dalam menjalaninya. Terutama keyakinan doa kepada Sang Pencipta, sebagai pengiring di setiap langkah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!