Nikmati Proses Menuju Sukses

Berbekal pengalaman karier di bidang perpajakan, Ni Putu Ria Candra Uni, S.E., BKP sukses mendirikan perusahaan bergerak sebagai jasa konsultan pajak di Gianyar. Meski usianya relatif muda, namun ia mampu membawa perusahaannya maju dalam persaingan usaha. Lewat gaya kepemimpinan lugas namun tetap fleksibel menghadapi segala situasi, ia berhasil mengibarkan bendera Uni Consulting sebagai perusahaan konsultan pajak yang terpercaya dan professional. Perempuan yang sempat belajar ke Italia ini, memiliki prinsip bahwa jika ingin meraih sukses harus siap menikmati setiap proses yang ada.

Perempuan yang sempat belajar ke Italia ini memiliki prinsip bahwa jika ingin meraih sukses harus siap menikmati setiap proses yang ada. Bagi para pelaku usaha tentunya sudah tidak asing dengan istilah pajak. Ya, membayar pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi kalangan pengusaha. Hanya saja dalam realita yang kerap terjadi, kewajiban ini kerap diabaikan atau dihindari. Salah satu alasan yang sering muncul adalah rumitnya administrasi dalam perpajakan. Padahal jika pajak terus menerus dihindari maka risiko besar akan datang di masa depan. Bagi pengusaha yang bersedia mempelajari sendiri aturan pajak maka sangat membantu dalam menerapkan dan membuat perencanaan pajak yang cocok dengan bisnis mereka. Hanya saja kegiatan ini meluangkan waktu dan energi untuk belajar dengan segala aturan-aturan pajak yang cukup banyak. Maka dari itu muncul kebutuhan tahap jasa profesional untuk membantu mengatasi persoalan tersebut.

Inilah yang menjadi peluang usaha menjanjikan bagi pengusaha bernama Ni Putu Ria Candra Uni, S.E., BKP. Sejak tahun 2016 lalu, ia merintis Uni Consulting dengan menawarkan jasa sebagai konsultan pajak berpengalaman. Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Seiring berjalanya waktu, perempuan yang akrab disapa Candra Uni tidak hanya bergerak sendiri melainkan membentuk tim usaha yang lebih solid terdiri dari para profesional di bidang akuntansi dan perpajakan.

Beralamat di Jl. Pasekan, Batubulan, Sukawati, Gianyar, Bali. Uni Consulting menawarkan beberapa jenis pelayanan terkait konsultasi pajak. Jasa yang ditawarkan antara lain Tax Consultation, Tax Reporting, Tax Audit, Tax Administration dan Finacial Reporting. Melalui layanan ini, Candra Uni juga menawarkan solusi bagi pemilik usaha yang ragu merekrut atau menambah karyawan khusus mengelola pajak.

Perempuan lulusan Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa ini tidak meraih kesuksesan secara instan. Lika-liku perjalanan hidup dilalui sebelum mencapai titik keberhasilan seperti sekarang ini. Lahir dari keluarga dengan tarif ekonomi yang rendah membuat Candra Uni bertumbuh sebagai sosok pekerja keras. Putri pertama dari I Wayan Sulingga dan Ni Nengah Sulatni ini sudah mulai berbisnis kecil-kecilan sejak SD agar dapat membiayai sekolahnya.

Sejak menginjak SMP, Candra Uni diangkat oleh sepasang warga negara Italia bernama Monica dan Antonio, mereka membantu biaya sekolah Candra sejak SMP lalu melanjutkan ke SMA Taman Rama Mahatma Gandhi. Pada tahun 2007 ia sempat tinggal di rumah kos yang jaraknya tak jauh dari sekolahnya saat itu yaitu SMA Taman Rama Mahatma Gandhi, selama itu ia harus mampu mengelolah bekal yang diberikan oleh orang tua di mana jumlahnya sering tak lebih besar dari biaya kebutuhan. Candra Uni juga harus melewati masa remaja dengan rasa tidak percaya diri, ia menghindari pergaulan dengan teman-teman di sekolah lantaran banyak dari mereka datang dari kalangan berada. Namun bila bicara soal semangat belajar, ia tak kalah dari teman-temannya.

Akhirnya setelah berhasil menamatkan sekolah di tahun 2010, lalu melanjutkan sekolah bisnis di LP3I dan kembali melanjutkan S1 di Universitas Warmadewa dan lulus dengan predikat Cum laude serta dengan masa kuliah yang singkat yaitu selama 3 tahun, karena inilah ia diberikan kesempatan oleh sepasang warga negara Italia tersebut untuk belajar dan mengenal budaya Italia selama 3 bulan.

Selama berkuliah di LP3I dan Universitas Warmadewa, istri dari I Putu Astawa Suryadinata ini mengisi waktunya juga untuk bekerja, ia sempat bekerja pada perusahaan kontraktor, hingga bekerja pada salah satu konsultan pajak sebagai junior staf, ia tidak terlalu memikirkan besaran gaji, terpenting baginya adalah bekerja dengan ikhlas dan memberikan performa terbaik untuk kemajuan perusahaan. Etos kerja itu pula yang mengantarkan Candra Uni menapaki tangga kesuksesan karier selanjutnya. Dari posisi karyawan lalu mencoba peluang sebagai manajer dan lanjut ke posisi direktur. Sebetulnya ia sudah merasa nyaman dengan jabatan dan gaji yang tinggi.

Namun Ibu dari Ni Putu Revalia Bintang Dinata ini sudah memiliki target untuk mendirikan usaha sendiri dan mengingat sebagai seorang wanita juga nantinya membutuhkan waktu yang cukup fleksibel untuk mengurus rumah tangganya, itulah sebab ia mengundurkan diri dari posisi Direktur saat itu. “Setiap keputusan penting dalam hidup saya, saya selalu meminta saran dan doa restu kedua orang tua saya, itulah yang membuat saya tetap semangat dan kuat hingga saat ini” ungkap Candra Uni. Momentum itu pun tiba di tahun 2016, berkat doa restu serta izin kedua orang tuanya walaupun dengan modal yang sangat minim dan harus mencicil beberapa peralatan kerja, tentunya merupakan tantangan berat menjadi pengusaha dan juga harus memastikan perputaran roda usaha serta memperhatikan kesejahteraan karyawan yang di rekrut.

Syukurnya Candra Uni dapat melalui setiap tantangan yang ada dan mampu eksis di tengah persaingan. Melalui kisah perjuangan Candra Uni dapat dipetik pembelajaran bahwa selagi bisa menikmati proses menuju sukses, maka segala hambatan dapat terlampaui dengan baik, serta mintalah izin dan doa restu orang tua setiap pengambilan keputusan penting dalam hidup, karena setiap doa orang tua akan mengantarkan anaknya menuju gerbang kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!