Kisah Dokter Agus Tularkan Kepedulian terhadap Hewan pada Generasi Muda

Dilatarbelakangi oleh prinsip kecintaan terhadap hewan, mendorong drh. Kadek Agus Agra Arnawa untuk membangun sebuah klinik perawatan hewan. Tidak hanya berperan membantu para pemilik hewan peliharaan untuk mendapat layanan medis, ia juga kerap berkontribusi dalam misi penyelamatan hewan tanpa tuan. Serta berperan dalam upaya mengedukasi generasi muda tentang animal welfare atau kesejahteraan hewan.

Setelah menamatkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, drh. Kadek Agus Agra Arnawa langsung mengamalkan ilmunya ke masyarakat. Selain merintis karier profesional sebagai dokter hewan di salah satu klinik hewan di Bali, ia juga sering terlibat dalam kegiatan edukasi ke tingkat pelajar. Secara rutin ia menyambangi berbagai sekolah untuk mengedukasi anak-anak tentang kesadaran untuk menjaga dan merawat hewan. Pada kegiatan yang didukung penuh oleh organisasi nirlaba ini, drh. Kadek Agus pun berhasil meningkatkan kepedulian anak-anak pada hewan sedari dini.

Selama bekerja di klinik hewan, drh. Kadek Agus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah pengalaman sekaligus wawasan seputar pemeliharaan hewan. Khususnya pada sub spesialisasi dalam ilmu kedokteran hewan yaitu bedah hewan. Tentunya bidang ini memiliki tantangan yang tak mudah, apalagi mengoperasi hewan tidak sama situasinya dengan membedah manusia. Tak ada kata menyerah baginya dalam menempuh proses belajar, meskipun secara finansial hasil yang terlihat belum terlalu signifikan. Hal tersebut ia lakoni karena merasa nyaman pada bidang yang ia tengah geluti.

Kemudian pada suatu ketika drh. Kadek Agus turut menemani sang istri yang berkesemptan bekerja di salah satu klinik hewan di Macau. Di sana ia menyaksikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan hewan yang lebih modern. Ia pun bercita-cita suatu saat akan mengembangkan sebuah klinik khusus hewan dengan layanan dan teknologi serupa.

Central Vet Bali

Sekembalinya ke tanah air, tanpa membuang waktu ia kembali membuka praktik dokter hewan di rumahnya. Pasien-pasien yang semula ia tangani sebelum berangkat ke luar negeri kembali berdatangan. Saat itulah drh. Kadek Agus mantap untuk merealisasikan cita-citanya yaitu membuka klinik hewan seperti apa yang ia bayangkan selama ini. Hanya saja kendala modal sempat membuat langkahnya menjadi lebih berat. Beruntung ia bertemu seorang pemilik gedung yang berbaik hati mau menyewakan propertinya itu kepada drh. Kadek Agus. Bahkan ia diberi keleluasaan untuk membayar sesuai kemampuannya. Dengan sedikit tabungan yang ia kumpulkan lewat bekerja selama ini, ia memberanikan diri membeli perlengkapan dan peralatan untuk menunjang kegiatan praktiknya nanti. Pada tahun 2016, klinik yang ia beri nama Central Vet Bali mulai beroperasi.

Central Vet Bali dengan cepat dikenal masyarakat khususnya para pecinta hewan. Banyak pemilik hewan yang mempercayakan perawatan hewan kesayangan. Beberapa tahun kemudian, drh. Kadek Agus memindahkan lokasi kliniknya ke tempat yang lebih mudah diakses dan terdapat fasilitas parkir yang nyaman. Beralamat di Jl. Raya Kedampang Gg. Arjuna, Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Central Vet Bali siap menerima pasien dengan berbagai kebutuhan medis. Tak hanya menangani penyakit maupun luka pada hewan di klinik, staf medis Central Vet Bali yang ramah juga siap datang ke rumah melalui layanan home service.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!