Meneguk Kesuksesan Lewat Usaha Air Minum yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Banyaknya pesaing yang sudah eksis tak menyurutkan langkah Wira Utama untuk membangun usaha di bidang penjualan air minum dalam kemasan. Memperkenalkan merk air mineral yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh dan ber-tagline “Sehat berawal dari air yang berkualitas” ini, ia pun mampu merangsek maju di tengah ketatnya kompetisi usaha. Ia mencatatkan diri sebagai pengusaha air minum dalam kemasan yang telah memiliki ratusan pelanggan di seluruh wilayah Badung dan Denpasar. Bahkan di situasi pandemi saat ini ia mampu mempertahankan keberlanjutan usaha tatkala banyak usaha lainnya yang bertumbangan.

Wira Utama tertarik menggarap peluang usaha penjualan air minum dalam kemasan sebab melihat prospek menjanjikan dari bisnis ini. Air minum termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Persoalannya adalah tidak semua orang dapat mengakses air bersih secara langsung di alam. Sehingga sebagian masyarakat memenuhi kebutuhan air dengan membeli produk dalam kemasan.

Sejak tahun 2003, Wira Utama merintis usaha air minum dalam kemasan atau AMDK dengan mengusung merk OK Water. Sepintas produk air mineral dengan label yang didominasi warna biru dan merah ini terlihat sama seperti air dalam kemasan lainnya. Wira Utama menjelaskan bahwa keunggulan dari produk yang ditawarkan yaitu dapat dijamin berasal dari sumber air alami yang telah memenuhi syarat sebagai bahan baku air minum.

OK Water adalah air minum kesehatan yang diproses dengan teknologi tinggi, sehingga menghasilkan air yang sehat, bebas dari mineral yang tidak diperlukan oleh tubuh. Melalui proses filterisasi yang bertahap menghasilkan produk air mineral Ok Water dengan kadar mineral yang sesuai anjuran WHO. Standar WHO harus memperhatikan kadar mineral yang terkandung di dalam air minum yaitu tidak lebih dari 50 ppm dan tidak boleh 0 atau tanpa mineral. Karena mineral di dalam air masih diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan.

Proses produksi OK Water dilakukan dalam ruangan steril sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam pengawasan obat dan makanan (BPOM) dan bersertifikat halal. Begitu pula pada saat proses pengemasan air minum telah sesuai standar higienis dan terjaga sanitasinya. Setiap kemasan selalu disterilisasi sebelum digunakan sehingga air minum terbebas dari kuman, bakteri dan virus.

Berbagai manfaat bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi produk air mineral OK Water. Di antaranya, membantu sistem metabolisme dalam tubuh, sebagai perantara zat gizi dan oksigen dalam peredaran darah, menjaga suhu tubuh, memelihara kesehatan kulit hingga mampu melumas sendi. Selain dapat diminum langsung, OK Water juga dapat digunakan sebagai bahan mengolah makanan dan minuman. Penggunaan air yang higienis dan menyehatkan ini dapat menghasilkan produk makanan atau minuman yang bermanfaat dari segi kesehatan bagi tubuh.

Wira Utama menuturkan pihaknya menyediakan air minum dalam dua pilihan kemasan. Tersedia kemasan berbentuk galon dengan ukuran 19 liter. Sedangkan kemasan dalam botol ada dalam beberapa varian ukuran yaitu dari 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa pelanggannya saat ini sebagian besar membeli dalam kemasan galon. Sebelum masa pandemi, ia mampu memasarkan sekitar 800 hingga 1000 galon per harinya.

Segmentasi pasar untuk pemasaran produk galon merupakan masyarakat yang ada di seputaran wilayah Denpasar dan Badung. Wira Utama menawarkan layanan pesan antar untuk menarik minat konsumen. Bagi pelanggan yang mendaftar dengan sistem deposit dapat menikmati fasilitas antar pesanan secara gratis. Terbukti lewat strategi ini dapat menjaring sekitar ratusan pelanggan tetap yang selalu memesan secara berkala. Tidak hanya itu, Wira Utama juga menjamin kecepatan respons dalam menanggapi pesanan para pelanggan. Ia mengusahakan agar dapat mengirim pesanan di hari yang sama agar pelanggan tidak merasa kecewa.

Berbeda dengan produk OK Water dalam kemasan galon yang didistribusikan langsung ke end user, produk OK Water berbentuk botol diproduksi secara terbatas. Wira Utama menjelaskan bahwa OK Water dalam bentuk botol hanya dipasarkan untuk mendukung industri hotel, restoran dan tempat hiburan lainnya. Pihaknya telah bekerja sama dengan banyak pelaku usaha akomodasi maupun rumah makan untuk mensuplai produk OK Water ke tempat-tempat tersebut.

Terhitung sudah hampir 18 tahun berkecimpung di bidang usaha penjualan air mineral, Wira Utama telah melalui pasang surut usaha tidak hanya sekali namun beberapa kali. Salah satunya saat pandemi yang melanda sedari awal tahun 2020. Sempat tidak yakin dirinya akan mampu bertahan, kenyataannya ia masih dipercaya oleh para pelanggannya. Hal itu ia yakini sebagai hasil nyata dari komitmen menjaga kualitas produk dan konsisten melayani dengan sepenuh hati. Meski angka penjualan menurun, namun Wira Utama masih dapat memutar roda usahanya dan memperkerjakan beberapa karyawan.

Sebelum menekuni usaha air mineral dalam kemasan, Wira Utama juga sempat menjalankan usaha penjualan dan instalasi AC. Ia mencoba peruntungan di bisnis perdagangan AC lantaran sebelumnya pernah mengantongi pengalaman kerja sebagai marketing di perusahaan serupa. Usaha yang ia rintis dari nol tersebut berkembang dengan baik bahkan berhasil menggaet klien yang menangani proyek-proyek besar. Salah satu proyek ditangani yaitu pemasangan AC untuk restoran cepat saji berskala internasional. Namun usaha itu tidak ia lanjutkan lagi dan memilih untuk fokus mengelola bisnis penjualan air minum.

Wira Utama optimis terhadap peluang usaha air minum dalam kemasan untuk ke depannya masih tetap menjanjikan. Ia pun memiliki harapan dapat mengembangkan usahanya dan memperkenalkan brand OK Water dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Diakuinya sudah banyak pihak yang tertarik untuk ikut berinvestasi dalam mengembangkan perusahaannya, namun Wira Utama berprinsip selalu berhati-hati dalam mengambil langkah bisnis. Agar nantinya usaha yang dijalankan tetap dalam standar manajemen dan pengoperasian usaha sesuai yang ia harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!