Usung Konsep Toko Kelontong Modern Ary’s Mikro Sediakan Kebutuhan Terlengkap dengan Harga Bersahabat

Berbelanja kebutuhan sehari-hari di masa kini semakin mudah, sebab ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi. Selain pasar dan swalayan, ada pula toko retail modern yang menjamur hampir di setiap daerah. Salah satu tempat berbelanja favorit masyarakat Denpasar dan Gianyar yaitu Ary’s Mikro. Tersebar di beberapa lokasi, saat ini Ary’s Mikro berjumlah tujuh outlet dan satu gudang. Sebagai toko kelontong kekinian yang digerakkan oleh pengusaha lokal, Ary’s Mikro semakin maju bersaing dengan retail modern lainnya.

Mengusung tagline “Dagang Kelontong Masa Kini”, Ary’s Mikro pada saat awal didirikan memang berwujud toko kelontong yang lumrah kita kenal selama ini. Perintis usaha Ary’s Mikro tidak pernah menargetkan bahwa usahanya akan menjadi sebesar sekarang. Usaha ini bermula dari sebuah toko kecil di Jl. Singapadu, Gianyar. Pertama kali hadir dengan nama Ary’s Mart di tahun 2010, namun diganti menjadi Ary’s Mikro agar mudah dibedakan dengan toko retail lainnya.

Dari satu toko yang tak seberapa luas kini berkembang menjadi beberapa outlet. Outlet tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Arys Kebon, Arys Sesetan, Arys Negari, Arys Jayagiri, Arys Sidakarya, Arys Namgka, Arys Batanta, Arys Pulau Galang, Arys Badak Agung, Arys Buana Raya, Arys Penatih, Arys Tanjung Benua, Arys Imam Bonjol, Arys Waturenggong, Arys Pakerisan, Arys Batubulan, Arys Singapadu.

Tidak hanya jumlah outlet yang terus bertambah, produk yang dijual pun semakin hari semakin lengkap. Ary’s Mikro menyediakan berbagai kebutuhan primer masyarakat, mulai dari sembako, makanan, minuman hingga kebutuhan sandang. Bagi ibu rumah tangga yang ingin mencari keperluan memasak dapat membeli aneka sayur, buah dan daging di tempat ini. Terdapat aneka bahan kue dan masakan lainnya, juga bermacam pilihan frozen food sebagai bekal camilan di rumah.

Salah satu outlet yang tengah naik daun saat ini yaitu Ary’s Mikro Supermarket yang berlokasi di Jl. Raya Singapadu. Tempat ini berukuran lebih luas dari outlet lainnya dan tentunya tersedia lebih banyak variasi produk. Mulai dari berbagai kebutuhan fashion terkini, produk kosmetik, perlengkapan rumah tangga hingga produk oleholeh khas Bali. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, apalagi di Ary’s Mikro kerap digelar promo potongan harga atau beli satu gratis satu.

Uniknya lagi, pengunjung tidak saja bisa berbelanja kebutuhan melainkan juga dapat menikmati aneka hidangan lezat di salah satu sudut foodcourt di Ary’s Mikro Supermarket. Bagi pengunjung yang datang bersama buah hati tidak perlu khawatir apabila putra-putri akan merasa bosan sebab di tempat ini juga menyediakan mini playground. Sehingga anak-anak dapat bermain sembari menunggu para orang tua membeli kebutuhan mereka.

Bangkit, Maju dan Berkembang

Selama perjalanan usaha selama hampir 11 tahun ini, tentunya ada pula masa pasang surut yang dilalui pihak manajemen Ary’s Mikro. Manager Operasional Ary’s Mikro, I Wayan Gede, mengatakan bahwa pada saat usaha ini kian bertumbuh ditandai dengan pembukaan beberapa cabang, justru pada saat itu pula usaha ini hampir di ujung tanduk. Animo masyarakat untuk berbelanja memang cukup tinggi sehingga menjadikan pertumbuhan usaha sangat pesat namun di sisi lain manajemen internal masih belum stabil. Hal itu menyebabkan pengelolaan usaha agak sedikit tersendat.

Pada saat pembukaan cabang ketujuh yaitu di Jl. Nangka Utara, muncul sebuah wacana dari pendiri usaha bahwa jika manajemen usaha masih tidak dapat dikelola dengan baik maka lebih baik usaha ini ditutup saja. Setelah berjalan beberapa waktu, ternyata manajemen usaha jauh lebih tertata. Pihak manajemen juga belajar berupaya semakin meningkatkan branding usaha karena sangat penting di tengah kompetisi usaha yang semakin ketat.

Selain itu berbagai langkah inovatif dilakukan guna semakin menarik antusiasme masyarakat untuk berbelanja. Salah satunya mengadakan sistem keanggotaan, di mana pelanggan yang memiliki kartu member berhak mendapat poin reward setiap bertransaksi. Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik yang disediakan tim manajemen Ary’s Mikro.

I Wayan Gede menambahkan, usaha retail modern yang dirintis dan dikelola SDM lokal ini diharapkan dapat semakin maju dan bersaing. Terbukti dari eksistensi usaha ini berhasil mampu menyerap sampai 300 orang tenaga kerja. Bahkan di tengah situasi pandemi yang berkepanjangan, pihak pengelola belum melakukan pengurangan karyawan. Wayan Gede optimis dengan perkembangan Ary’s Mikro ke depannya dibarengi dengan semangat untuk terus berinovasi agar usaha ini semakin dikenal luas masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!