Menjawab Kebutuhan Terhadap Tenaga Profesional Siap Bersaing di Kancah Internasional

Berlatar belakang sebagai insan pariwisata sekaligus pendidik, Anak Agung Gede Wijaya mewujudkan visi meningkatkan kualitas skill anak muda Bali agar dapat bersaing di kancah internasional. Lewat pengalaman kerja terdahulu di luar negeri, ia melihat adanya kesempatan kerja yang sangat luas dan tentunya bisa diraih oleh anak bangsa. Tinggal mengasah kemampuan mereka lebih jauh lagi melalui jalur pendidikan formal maupun informal. Pemikiran itulah yang memprakarsai lahirnya Parahita International College, yaitu sebuah lembaga pelatihan kerja yang hadir untuk menjawab kebutuhan industri pariwisata terhadap tenaga kerja terampil.

Industri pariwisata bagaikan sebuah samudra luas yang di dalamnya terdapat banyak sekali sumber daya yang dapat dimanfaatkan. Berbagai jenis peluang tersedia di industri pariwisata siap untuk digarap secara profesional. Inilah yang menyebabkan banyak orang berbondongbondong mencari kesempatan kerja atau membuka usaha di sektor pariwisata. Selain kesempatan yang masih luas, tidak jarang banyak cerita kesuksesan yang muncul dari kalangan insan pariwisata sehingga menginspirasi banyak orang untuk ikut mencicipi manisnya kue pariwisata.

Tak terkecuali sosok bernama Anak Agung Gede Wijaya yang tertarik menekuni karier di pariwisata sejak duduk di bangku SMA. Pria asal Denpasar ini bahkan mengikuti program pendidikan pariwisata di perguruan tinggi demi bisa meraih mimpi berkarir di bidang hospitality. Setelah mengantongi pengalaman kerja di beberapa hotel baik yang ada di dalam maupun di luar negeri, ia menamatkan jenjang pendidikan magister. Sampai bisa mengantarkannya pada peluang karier sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi.

Setelah beberapa tahun melakoni karier sebagai tenaga pendidik, muncul keinginan Anak Agung Gede Wijaya untuk bisa mewadahi anak muda Bali yang ingin melanjutkan karier ke industri pariwisata, khususnya ke luar negeri. Akhirnya pada tahun 2020 lalu, ia berhasil meresmikan sebuah lembaga pelatihan kerja yang siap menjembatani mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) andal dan siap diterima di industri pariwisata. Mengusung nama Parahita International College, kampus ini berlokasi di Jl. Mahendradata No. 244 Denpasar.

Konsep Teaching Factory

Parahita International College (PIC) adalah Lembaga pelatihan yang menyelenggarakan pelatihan profesional dengan struktur yang dinamik mengikuti perkembangan dunia industri dan usaha. Parahita International College bekerja sama dengan industri dan instansi dalam dan luar negari, yang bereputasi tinggi untuk menghasilkan output yang berstandar tingkat dunia. Negara tujuan On the Job Training siswa Parahita International College antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Dubai, dan Taiwan.

Kampus Parahita International College menyelenggarakan program pendidikan 1 & 2 Tahun serta Short Course yang akan mempersiapkan siswa untuk siap bekerja di bidang perhotelan, restauran dan kapal pesiar. Program pendidikan durasi satu tahun yaitu Essential Skill Program. Program ini dirancang untuk mempersiapkan dan melatih peserta agar siap bekerja di dunia kerja, meliputi Food & Beverage Service, Food Production, Housekeeping dan Spa. Setelah mengikuti program ini peserta akan menjadi tenaga kerja yang kompeten, unggul serta memiliki spirit yang kuat untuk membangun dirinya terus berkembang.

Sedangkan program yang diselenggarakan dalam 2 tahun disebut Dual Skill Program, dirancang untuk mempersiapkan dan melatih peserta agar memiliki kemampuan memimpin sebuah usaha pariwisata dan menjadi pengusaha. Program ini meliputi pelatihan tingkat supervisi pada industri Food & Beverage, Food Production, Housekeeping, Spa. Setelah mengikuti program ini peseta akan memiliki kemampuan memiliki sebuah usaha pariwisata dan sekaligus menciptakan usaha.

Parahita International College juga menawarkan program pelatihan singkat (Short Course) yang meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 8 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat. Short Course diperuntukkan bagi mereka yang berkeinginan meningkatkan keterampilan baik hard skills maupun soft skills yang telah dimiliki.

Proses pembelajaran di Parahita International College terdiri dari 70% pengusaan skill dan 30% penguasaan knowledge. Melalui konsep teaching factory peserta pelatihan dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang mirip dan hampir sama yang dilakukan di dunia usaha dan industri. Pembelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan karakter dan etos kerja yang dibutuhkan di dunia kerja dan industri serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi menuju pembelajaran hingga membekali kemampuan memproduksi barang atau jasa.

Meniti Karier

Diakui Anak Agung Gede Wijaya, selama berkecimpung di dunia pendidikan ini kendala yang kerap ditemui adalah adanya ketidakpahaman masyarakat mengenai sistem ketenagakerjaan di luar negeri. Adanya anggapan bahwa calon tenaga kerja hanya perlu membayar sejumlah biaya maka akan langsung dengan cepat diberangkatkan bekerja tidaklah sesuai dengan realita di lapangan. Hal ini menjadi tantangan pria alumni SMA 4 Denpasar ini untuk bisa mengedukasi masyarakat.

“Parahita International College selalu bersifat transparan terhadap proses keberangkatan dan bertanggung jawab penuh pada proses sampai kandidat tiba di negara tujuan kerja. Setiap kandidat kami berikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan keluhan. Sebisa mungkin kami memberi penjelasan sehingga tidak ada kesalahpahaman dan kepercayaan kandidat kepada kami selalu terjaga”, ungkap Agung Gede Wijaya.

Di balik cerita kesuksesan Anak Agung Gede Wijaya dalam memberangkatkan tenaga kerja profesional ke luar negeri, ternyata ada kisah jatuh bangun dirinya dalam mewujudkan karier saat ini. Pernah meniti karir di bidang hospitality dari cleaning service hingga doorman, merintis usaha clothing line dan juga bisnis kosmetika bersama istri tercinta yang diberi nama Glowing Skincare dan bisnis pendidikan yaitu Beverly School Indonesia. Hingga pada tahun 2011 menggarap kesempatan sebagai agen perseorangan yang mampu memberangkatkan tenaga kerja di darat maupun ke kapal pesiar.

Anak Agung Gede Wijaya berprinsip untuk jangan pernah menyerah dalam menjalani proses meraih mimpi. Meskipun dalam situasi sesulit apapun tidak pernah menyurutkan langkah-langkahnya. Ia berpesan kepada generasi muda di luar sana, agar pada saat melangkah untuk mencapai tujuan sembari menikmati proses dengan penuh kesabaran, niscaya akan menemukan kesuksesan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!