Menemukan Cinta dan Membangun Bisnis Beauty Penuh Integritas 

Menjadi seorang pengusaha (entrepreneur) adalah mimpi dari Calvin Tanhardjo. Seorang pengusaha yang berasal dari Palu, Sulawesi Tengah yang sudah lama hijrah dan sekarang menetap di Bali. Peluang bisnis dunia kecantikan ini mulai dilirik saat bertemu dengan istrinya dan juga ketika bergabung dengan sebuah komunitas di Bali. 

Calvin Tanhardjo hijrah ke Bali pada tahun 2011 melanjutkan kuliah pariwisata di STPBI (Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional) (sekarang Institut Pariwisata dan Bisnis (IPB) Internasional). Seiring intensitas pertemuan dengan orang-orang baru di sebuah komunitas, pria asal Palu, Sulawesi Tengah ini, sekaligus mendapat peluang dan mulai merintis usaha di Bali. 

Calvin mengakui dirinya dalam merintis karier maupun usaha tak berawal dari nol. Ia dibesarkan oleh orang tua yang tekun dalam bekerja, hingga mereka menjadi pedagang sukses dan tentunya Calvin ikut merasakan kesuksesan tersebut. Orang tualah yang telah memberikan pembekalan berharga dalam ilmu dan kisah mereka yang menginspirasi. Ia menuturkan bahwa orang tuanya datang dari latar belakang yang bukan berpendidikan tinggi. Kedua orang tua Calvin tidak tamat SMA, namun kedua orang tua Calvin bekerja keras untuk bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk 4 orang anaknya. 

Singkat cerita, setelah lulus kuliah dan beberapa tahun bekerja di bidang pariwisata, Calvin dan istri yang berprofesi sebaga makeup artis, terjun merintis “Favfier Beauty” yang menawarkan brand kosmetik, skincare dan beauty tools pada tahun 2019. Calvin mengatakan sebagai orang baru di sebuah daerah, ia belum siap untuk menciptakan brand baru, jadi masih memilih memasarkan kembali brand yang sudah aman dan terpercaya. Terutama di masa pandemi, ia memilih memasarkan produk yang banyak peminatnya, yang jatuh pada brand lokal, yang semakin eksis dengan kualitas dan tren yang tak kalah pamor dengan brand luar. Terlebih brand lokal, tentunya harga lebih terjangkau dan kandungan produknya sudah disesuaikan dengan kondisi iklim dan kulit wanita Indonesia. 

Berbisnis dengan tetap memegang nilai integritas kepada setiap Brand ternama asal Indonesia yang ber-partner dengan Favfier Beauty adalah salah satu kunci yang dipegang oleh Pria kelahiran 29 Agustus 1993 ini. Dengan memegang nilai integritas Favfier Beauty juga membangun komunikasi yang baik dan sebisa mungkin mengambil keputusan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk menjaga setiap hubungan yang sudah dibangun, baik dengan partner bisnis, maupun dengan para tim kerja yang ada di Favfier.  

Dari sisi penjualan dan customer service, menjaga nama baik perusahaan dihadapan customer juga sangat penting. Favfier Beauty sebagai tangan pertama selalu berupaya yang terbaik untuk menjaga kualitas produk agar customer bisa menerima produk dengan baik tanpa cacat. Kalaupun ada masalah dengan produk yang diterima, Favfier siap menggantinya dengan produk yang baru. Hal ini sudah merupakan risiko yang siap untuk ditanggung dalam menjalankan bisnis ini. Tentunya dalam prosesnya, ada prosedur yang harus diikuti oleh para customer, untuk bisa mengklaim jika ada masalah dengan produk yang diterima, baik dari segi packaging maupun isi dari produk tersebut. Salah satu syarat wajibnya adalah membuat video unboxing ketika paket yang dibeli secara online diterima oleh customer. 

Sebagai tulang punggung pelayanan dan penjualan, Favfier Beauty juga melatih tim kerja yang ada untuk selalu jujur, detail, fast response dan juga berempati pada kebutuhan customer, agar bisa memberikan pengalaman belanja yang nyaman kepada customer. Hal ini sangat diperlukan untuk menghadapi kompetisi yang sangat ketat dalam dunia bisnis berbasis teknologi saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!