Kiprah Sukses Konsultan Bisnis Tawarkan One Stop Solution kepada Para Pelaku Usaha

Terjun ke dunia konsultasi perpajakan sejak tahun 2007, Putu Bagus Adi Wibawa mengembangkan ranah usahanya ke bentuk layanan yang lebih komprehensif. Tidak hanya menyediakan layanan pendampingan klien seputar pajak dan hukum, ia juga mampu memberikan saran-saran berupa strategi bisnis yang efektif kepada pelaku manajemen suatu usaha. Upaya menawarkan layanan one stop solution ini menjadikan nama Adyasta Consulting miliknya berhasil mengudara di tengah era persaingan yang makin kompetitif.

Merintis suatu usaha hingga menjadikan bisnis tersebut meraih sukses bukanlah perkara yang sangat mudah diwujudkan. Seorang pebisnis dituntut untuk mampu dalam menghadapi berbagai tantangan agar bisnis yang dirintis tidak gulung tikar atau merugi. Meski ada risiko yang menghantui, namun tidak serta merta pebisnis boleh menyerah begitu saja. Melalui penerapan strategi yang efektif, pengelolaan usaha akan dapat berjalan dengan baik sampai mencapai target yang diharapkan.

Berawal dari keresahan terhadap problematika yang kerap menghampiri para pebisnis, seperti ketidakmampuan menentukan strategi usaha mendorong Putu Bagus Adi Wibawa untuk membantu para pebisnis untuk menemukan jalan keluar dari kendala-kendala saat menjalankan usaha. Perannya sebagai konsultan bisnis yaitu mengarahkan pelaku usaha dalam menentukan rencana dan keputusan seperti apa yang harus dilakukan. Agar bisnis atau perusahaan tersebut dapat berkembang dan maju dari berbagai aspek. Seperti tata kelola keuangan, manajerial SDM, operasional usaha dan lain sebagainya.

Putu Bagus Adi Wibawa yang juga berkiprah sebagai lawyer, turut menawarkan nasihat dan saran-saran seputar legalitas suatu usaha. Ia melihat masih banyak pelaku usaha yang belum memahami praktik hukum di dunia usaha. Padahal di dunia bisnis, unsur legalitas menjadi hal yang krusial demi mendongkrak kredibilitas perusahaan. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang berbadan hukum akan lebih dipandang dalam penyelenggaraan tender proyek daripada perusahaan tanpa berbadan hukum. Hal itu tentunya hanya satu contoh kecil saja dari manfaat mengurus legalitas usaha. Agar lebih banyak pelaku usaha lebih melek hukum, Putu Bagus Adi Wibawa juga berkontribusi dalam mengedukasi para pengusaha sehingga diharapkan langkah ini dapat menciptakan ekosistem usaha yang lebih baik.

Tentunya dalam menjalankan usaha Putu Bagus Adi Wibawa tak dapat melangkah sendiri. Bersama tim yang terdiri dari para profesional di berbagai bidang, dengan mengusung nama Adyasta Consulting and Business Investment di bawah bendera CV Adyasta Dewadranha Aruna Bali. Putu Bagus Adi Wibawa berusaha memberikan layanan one stop solution kepada para kliennya. Selain menyediakan solusi di bidang konsultan hukum dan bisnis, Adyasta Consulting juga menawarkan jasa konsultan pajak, investasi serta konsultan IT. Konsep layanan berbasis one stop solution ini dinilai mampu menarik minat para pebisnis atau investor untuk menggunakan layanan konsultasi pada perusahaan ini. “Berpengalaman selama lebih 14 tahun, kami menjanjikan pelayanan terbaik sebagai penyedia solusi lengkap untuk mendukung bisnis Anda. Tim kami terdiri dari tenaga ahli yang kompeten di bidang hukum, perpajakan, dan di bidang teknologi informatika. Selain mengedepankan profesionalisme, kami juga menghadirkan suasana diskusi yang nyaman dan bersahabat sehingga membuat sesi konsultasi menjadi lebih menyenangkan,” ujarnya.

Generasi Penerus

Tak pernah terpikirkan sebelumnya dalam benak Putu Bagus Adi Wibawa, dirinya akan berhasil bergelut sebagai konsultan bisnis terpercaya di Bali. Pasalnya dahulu ia sempat menolak arahan orang tua untuk mengikuti jejak mereka dalam berwirausaha di bisnis jasa konsultan yang pada tahun 2022 ini memiliki 2 cabang baru di Jl. Raya Munggu no.88, Canggu dan Jl. Mega Kuningan Barat No.1, Kuningan, Jakarta. Putu Bagus Adi Wibawa yang sangat aktif dalam bidang organisasi semasa menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Denpasar, punya harapan tersendiri. Ia bercita-cita meniti karier di perusahaan multinasional atau BUMN yang bergerak di industri pertambangan atau industri padat karya lainnya. Berbekal citacita tersebut, dengan semangat ia melanjutkan studi ke Fakultas Teknik, tepatnya di jurusan teknik elektro di Universitas Udayana. Selama masamasa kuliah itu, orang tuanya tetap mengarahkan agar mau menekuni kewirausahaan. Orang tua Putu Bagus Adi Wibawa merupakan salah satu pionir konsultan pajak di Denpasar yang telah memiliki nama cukup mentereng. Tentunya mereka berharap adanya regenerasi pada usaha yang telah berjalan puluhan tahun tersebut. Putu Bagus sebagai putra sulung diharapkan mampu menerima estafet kepemimpinan usaha agar bisnis tersebut dapat tetap eksis di masa yang akan datang. Akhirnya dengan niat mencoba dahulu, Putu Bagus Adi Wibawa bersedia terjun ke pengelolaan usaha milik orang tuanya itu.

 

Pertama kali melangkah di dunia usaha, ia langsung dihadapkan pada beberapa tantangan, salah satunya soal efektivitas kinerja para staf. Sebagai generasi penerus yang lebih paham perkembangan teknologi, ia ingin memberikan sentuhan teknologi pada tata kelola usahanya. Memang di awal sulit memperkenalkan inovasi ini khususnya kepada staf yang belum menguasai perkembangan teknologi. Berkat ketelatenan dalam mengedukasi para karyawan pelan pelan ia berhasil membenahi sistem usahanya. Dibantu sang istri dalam mengurus usaha, Putu Bagus Adi Wibawa kemudian mengembangkan sistem pelayanannya. Awalnya, ia hanya menyediakan layanan pendampingan pajak kini ia mampu menawarkan ragam solusi untuk kebutuhan para pegiat usaha. Atas niatan untuk lebih memahami ranah hukum Putu Bagus Adi Wibawa juga menyelesaikan studinya di fakultas Hukum hingga berhasil meraih sertifikasi sebagai pengacara.

Putu Bagus Adi Wibawa optimis terhadap prospek jasa konsultan bisnis, hukum maupun perpajakan di masa depan. Adanya tren peningkatan minat masyarakat untuk menekuni dunia usaha, terlebih sejak masa pandemi ini membuat konsultan bisnis seperti dirinya siap mengambil ancang-ancang untuk menangkap peluang pasar. Melalui promosi di media sosial, Putu Bagus Adi Wibawa mampu memperluas jangkauan segmentasi pasarnya. Tak lupa ia terus mengedukasi agar semakin banyak yang yakin untuk menggunakan jasa konsultan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!