Mewujudkan Kualitas Hidup dan Karya Membentuk Mentalitas Generasi Muda

Lulusan tahun 2016 dari Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Udayana ini, memutuskan untuk sebagai pekerja lepas atau freelancer. Hingga suatu ketika salah satu dosennya, Bapak Ngakan Ketut Acwin Dwijendra memberikannya kepercayaan untuk mengembang perusahaan bersamanya. Dahulunya kantor masih kecil, bertempat di Jl. Sedap Malam, berjalan setahun kemudian pindah ke lokasi yang lebih memadai, demi menyiapkan diri untuk menerima tawaran proyek-proyek selanjutnya.

I Putu Adi Sumarbawa mengungkapkan dirinya berasal dari keluarga kurang mampu, ayahnya hanya sebagai mandor, kondisi tersebut membuatnya harus mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang sarjana. Setelah memperoleh nilai yang cukup memuaskan, ia semakin bersemangat untuk melanjutkan S2, namun terbentur waktu pendaftaran yang bertepatan dengan wisuda, sehingga belum memperoleh ijazah. Sempat mencoba melakukan diskusi, agar ada pertimbangan dari pihak program studi pasca sarjana, namun upayanya kurang membuahkan hasil. Ia menarik kesimpulan, mungkin agar lebih baik, ia mengumpulkan pundi-pundi rupiah dahulu, agar tidak sepenuhnya merepotkan biaya kuliah dari orang tua.

I Putu Adi Sumarbawa ini pun mengisi pengalaman sembari menabung modal untuk biaya kuliah selanjutnya, dengan sebagai freelancer. Sampai mendapat tawaran dari Bapak Ngakan Ketut Acwin Dwijendra untuk mengembangkan perusahaan “Goldmonk Architecture” yang berlokasi di Jl. Batuyang, Gg. Merpati 1B No.04, Batubulan, Sukawati, Gianyar. Sebagai suatu kehormatan dari Bapak Ngakan Ketut Acwin Dwijendra langsung, ia dipercaya mengambil peran dalam perusahaan tersebut, bahkan menggantikan posisinya, karena kesibukan yang sekaligus masih aktif sebagai dosen. Atas kesempatan tersebut dan tak ingin mengecewakan, di saat cukup memiliki waktu dan biaya, ia semakin mempertajam ilmunya, dengan melanjutkan kuliah S2 pada tahun 2019 dan tamat di tahun 2020.

Goldmonk Architecture tak hanya menerima karyawan dari masyarakat umum, tapi juga mereka yang masih berstatus sebagai mahasiswa teknik arsitektur untuk melakukan magang selama 6 bulan, bekerja sama dengan Universitas Udayana yang telah dibuka sejak tahun 2020. Tak hanya menimba ilmu, I Putu Adi Sumarbawa berharap rekan-rekannya juga semakin terasah dalam berkomunikasi dengan klien, yang bisa menjadi bekal untuk membentuk perusahaan di tempat lain misalnya. Goldmonk Architeture akan ikut merasa bangga, bila lulusan magang perusahaan, maupun karyawan non magang, mampu mandiri membentuk tim sendiri, kemudian merintis perusahaan baru.

Pengenalan I Putu Adi Sumarbawa dan Bapak Ngakan Acwin Dwijendra, sudah berawal dari pertemanan antara ayahnya dan Bapak Ngakan Acwin Dwijendra. Saat itu I Putu Adi Sumarbawa masih kecil, jadi belum melihat kemampuannya, melainkan sang ayah yang diungkapkan oleh Bapak Ngakan Acwin Dwijendra, merupakan sosok yang hebat dalam bekerja, hanya saja tidak bisa melanjutkan ke disiplin ilmu, karena terbatas kemampuan ekonomi.

Singkat cerita, seiring bertambah usia I Putu Adi Sumarbawa, ia mengutarakan keseriusannya untuk terus bersekolah, hal ini pun diketahui oleh Bapak Ngakan Acwin Dwijendra. Beliau selaku dosen di Universitas Udayana, menyarankan untuk mengambil program beasiswa, harapan I Putu Adi Sumarbawa pun terkabul dan diterima sebagai mahasiswa. Berkat diberi kesempatan di Goldmonk Artchiteture, oleh Bapak Ngakan Acwin Dwijendra, ia pun bisa melancarkan niatnya ke jenjang pasca sarjana.

Layaknya seorang ayah yang mendidik anak-anaknya, seperti pula ingin ia tanam dalam perusahaan. Bapak Ngakan Acwin Dwijendra berharap Goldmonk Architecture yang diwakili oleh I Putu Adi Sumarbawa akan diisi anak-anak muda yang cerdas dan memiliki mental yang kuat menantang masa depan. Bila di antara mereka nanti memilih untuk sukses di perusahaan, diharapkan sejauh apapun karier melangkah, arsitek sebagai salah satu profesi yang memegang amanah menjaga kearifan arsitektur tradisional Bali, tetap dipegang teguh. Minimal perbandingan 50:50, ada paduan antara nuansa modern dan arsitektur Bali. Diselaraskan dengan kualitas terbaik, demi menjaga kepercayaan klien yang jauh tak kalah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!