Berupaya Memikirkan Kesejahteraan Para Karyawan di Tengah Pandemi

Minimnya permintaan material bangunan di tengah pandemi, membuat I Kadek Murdana sebagai pemilik usaha UD Putra Dewata mengalami penurunan omzet. Namun dibalik krisis ekonomi ini, ia tidak ingin hanya memikirkan kepentingan usahanya saja, semampunya para karyawannya masih ia pekerjakan, karena memikirkan saat usaha ini sukses, pun berkat kerja sama yang solid oleh seluruh tim.

Ayah yang hanya bekerja sebagai kuli bangunan, kehidupan masa kecil I Kadek Murdana jauh dari kata mewah. Kondisi ini pun memaksa ia sejak duduk di bangku SMP sudah mulai membantu orangtua bekerja. Bahkan saat di bangku kuliah pun, ia hanya sampai di semester II dan lebih nyaman untuk memilih langsung bekerja.

Sejak SMA, Kadek Murdana sudah mulai terlibat dalam usaha ayahnya yang merintis toko material bangunan, khususnya berupa kayu. Hampir setiap pekerjaan ia lakoni, dari mengangkat barang, mengirim barang dan mengendarai truk. Rutinitasnya pada toko material bangunan yang didirikan tahun 1980 tersebut pun semakin tekun ia jalani, dan merelakan pendidikan di bangku kuliah.

Usaha serupa yang semakin menjamur, toko material bangunan yang bernama UD Putra Dewata ini, mulai merasakan omzet yang mulai menurun. Dalam menyikapinya, anak kedua dari enam bersaudara ini yang kini meneruskan usaha, berupaya menjaga kualitas produk, sebagai pelayanan utama dan jujur kepada customer bila ia memperoleh kayu dari distributor dengan kualitas nomor kesekian.

Pasar penjualan UD Putra Dewata yang berlokasi di Jl. Raya Semebaung, Bedulu, Blahbatuh, Gianyar ini, bisa menjangkau hingga luar kabupaten Gianyar. Namun karena kondisi pandemi, perputaran usaha saat ini pun hanya mencapai 15% saja. Kadek Murdana sebagai wirausaha pun berupaya tetap optimis dan berharap pandemi segera berakhir. Sembari mengerjakan apa yang ada di depan mata dengan sebaik mungkin dan yang terpenting untuk saat ini, masih mampu berjalan bersama para karyawannya yang tanpa dirumahkan satu pun, sudah patut disyukuri dan masih diberi kesehatan dalam mengelola usaha. Ia pun menambahkan, sebagai ucapan terimakasih sekaligus memikirkan kesejahteraan karyawannya, ia juga memberikan bantuan berupa sembako yang diharapkan mampu meringankan kondisi ekonomi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!