Adaptif Menangkap Tren Kecantikan, Kunci Sukses Kuasai Pasar Bisnis Perawatan Wajah & Kuku

Berani bersikap open minded terhadap segala peluang yang ada di sekitarnya, mengantarkan Bella Aditya pada kesuksesan meniti karier sebagai entrepreneur. Sejak beberapa tahun silam mulai melirik peluang di industri kecantikan, meski tak memiliki latar belakang pengalaman di bidang yang sama. Namun melalui proses belajar akhirnya ia mampu merangsek maju dalam persaingan hingga berhasil memperkenalkan brand usaha Bels Beauty Salon.

Berawal dari ketertarikan untuk mempelajari ilmu tata rias lebih dalam karena tuntutan sebagai seorang wanita karier, Bella Aditya kemudian melirik hobi tersebut sebagai peluang karier menjanjikan. Ternyata setelah ditekuni lebih serius, mampu menghasilkan pendapatan yang tidak kalah dengan gaji selama menjadi karyawan. Hal ini pun memotivasi Bella untuk semakin melek terhadap perkembangan industri kecantikan khususnya bidang perawatan diri.

Awal merintis usaha ialah sebagai make-up artist dan hairstylist, lalu menekuni berbagai jenis sulam, mulai dari alis, bibir, hingga eyeliner. Kala itu tren untuk mempercantik tampilan alis tengah naik daun. Prosesnya cukup mudah dipelajari bagi Bella yang telah mengusai ilmu merias wajah. Setelah melalui tahap trial error beberapa kali akhirnya ia pun dapat menguasai teknik sulam alis yang tepat, mampu menghasilkan sulaman yang rapi.

Bella pun mulai mempromosikan jasanya tersebut, awalnya dari lingkungan sekitarnya. Ternyata ia mendapatkan antusiasme yang cukup besar, terbukti dari meningkatnya jumlah klien dari hari ke hari. Tidak hanya menerima pesanan di salonnya yang berlokasi di Seminyak, ia juga membuka diri untuk layanan home service.

Tren perawatan diri khususnya wajah, kian berkembang. Setelah tren sulam alis, muncul tren perawatan bulu mata. Perempuan asal Palembang ini pun tak melewatkan peluang ini dengan menawarkan jasa pemasangan bulu mata. Layanan ini juga tak kalah mendapat sambutan yang luar biasa. Apalagi dengan menawarkan hasil pemasangan yang rapi dan bisa disesuaikan dengan karakter wajah, semakin banyak yang tertarik menggunakan jasa kecantikan dari Bels Beauty Salon miliknya.

Demi meningkatkan kenyamanan pelanggan, Bella memutuskan pindah lokasi ke daerah kerobokan di tahun 2021 lalu. Ia memilih lokasi di Kerobokan agar dapat menjangkau segmentasi market lokal maupun kalangan mancanegara. Beralamat di Jl. Beraban Nomor 3, Kerobokan, Badung, Bels Beauty Salon sangat mudah diakses menggunakan moda transportasi apapun. Selain itu ia juga menambah pilihan layanan perawatan kecantikan lainnya, salah satunya yang ramai dilirik belakangan ini adalah perawatan kuku.

Tantangan sulit mulai dihadapi Bella dalam mengembangkan usaha pada saat pandemi melanda dunia. Di awal masa pandemi ia sempat menghentikan usahanya, namun pada saat itu ia tidak pernah memberhentikan operasional, salon tetap buka tapi dengan kapasistas 50% dan menerapkan layanan berbasis protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari proses pengecekan suhu kepada para pelanggan yang datang, melakukan desinfeksi secara rutin pada peralatan dan ruangan salonnya, serta memakai alat pelindung diri pada saat meng-handle pelanggan. Upaya ini ternyata cukup efektif dalam meningkatkan rasa kepercayaan para pelanggan untuk kembali menikmati perawatan kecantikan di salonnya.

Bella yang merupakan lulusan Sosial dan Politik ini tak pernah henti mempelajari hal baru. Misalnya saja dengan meningkatkan kapasitas diri di bidang pemasaran digital. Berkat softskill tersebut ia mampu membuat strategi pemasaran yang efektif hingga berhasil meningkatkan penjualan berkali lipat dari sebelum pandemi.

Bella pun mengajak insan pengusaha lainnya, khususnya para entrepreneur perempuan untuk tetap semangat menghadapi tantangan yang ada sekarang. Ia yakin dengan fokus pada solusi bukan pada masalah, segala kendala yang ada akan dapat teratasi atau bahkan dapat menemukan peluang lain di luar zona nyaman selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!