3 Cara Menabung Unik, Uang Cepat Terkumpul

Majalah Bali | Apakah Anda masih merasa sulit untuk menabung? Memang, mengumpulkan tabungan membutuhkan tekad yang kuat. Tidak semua orang ‘betah’ melakukannya.

Jika jawabannya adalah iya, Anda perlu mencoba berbagai strategi mengumpulkan tabungan berikut ini yang unik dan menarik. Menabung akan terasa lebih mudah dan bahkan menyenangkan, hingga akhirnya uang Anda pun cepat terkumpul!

 

Berbagai cara menabung unik dan seru:

1. Menabung dari nominal rupiah terkecil hingga terbesar

Cara unik untuk menabung pertama adalah dengan sistem nominal uang rupiah. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan uang sejumlah besar nominal pecahan uang rupiah. Selain itu, Anda mengumpulkan uang dimulai dari pecahan rupiah terkecil hingga terbesar.

Pada hari pertama, Anda menyisihkan uang 100 rupiah. Keesokan harinya 200 rupiah. Lusa menjadi 500 rupiah. Setelah itu, jumlah uangnya menjadi 1000 rupiah. Kemudian, secara berturut-turut menyisihkan 2000 rupiah, 5000 rupiah, 10 ribu rupiah, 20 ribu rupiah, 50 ribu rupiah, hingga nominal 100 ribu rupiah.

Ketika sudah mencapai nominal terbesar, Anda pun mengulangi lagi dari nominal terkecil dan seterusnya kembali lagi hingga terkumpul tabungan. Agar cepat terkumpul banyak uang, usahakan untuk menyetor setiap hari.

Oh iya, Anda juga bisa mulai mengumpulkan uang dari nominal rupiah paling besar, lalu diikuti oleh nominal dengan nominal yang lebih kecil. Untuk menambah rasa tantangan, Anda juga bisa menggandakan jumlah untuk saat-saat tertentu. Tabungan Anda pun akan semakin cepat terkumpul, bukan?

 

2. Menabung dengan pecahan rupiah tertentu

Pilihlah suatu pecahan uang rupiah, misalnya pecahan uang 20 ribu rupiah. Dengan demikian, setiap kali Anda memiliki uang fisik 20 ribu rupiah, Anda harus memasukannya ke dalam celengan. Terdengar seru, bukan?

Tentu saja, Anda bisa memilih pecahan lainnya selain 10 ribu, misalnya 5 ribu rupiah. Artinya, setiap Anda memiliki uang fisik 10 ribu, Anda pun harus menabungnya.

 

3. Menabung dengan berinvestasi

Kita juga bisa menabung uang dengan menyalurkannya untuk investasi. Investasi dapat meningkatkan jumlah uang yang Anda miliki.

Terdapat berbagai macam investasi yang bisa dicoba, mulai dari investasi reksadana, obligasi, saham, emas, peer to peer lending, dan masih banyak lagi. Dengan kemajuan teknologi, kini aktivitas investasi pun semakin mudah karena telah banyak layanan investasi yang berbasis online.

Investasi memang dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Namun sebelum berinvestasi, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan, di antaranya adalah berikut ini.

Pelajari instrumen investasi dengan baik. Jangan sampai Anda salah langkah dalam berinvestasi karena kurang memahami cara kerja instrumen tersebut.
Petakan risiko. Masing-masing instrumen investasi memiliki keuntungan dan risikonya tersendiri.
Gunakanlah uang ‘dingin’. Uang dingin berarti uang yang tidak digunakan untuk keperluan apapun. Jangan gunakan uang yang dialokasikan untuk keperluan tertentu.
Kita bisa mengubah kegiatan menabung menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan. Terlepas dari hal tersebut, menabung akan banyak memberikan manfaat bagi kita.

Khusus untuk pebisnis, uang yang kita tabung dapat menjadi sumber dana untuk mengembangkan bisnis. Bahkan, uang tabungan kita bisa menjadi pegangan jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Tunggu apa lagi? Lebih rajin menabung, yuk!

 

Sumber: https/mebiso.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!