Utamakan KualitasProperti dari Hunian Klaster hingga Bersubsidi

Pandai memanfaatkan peluang di bisnis properti, kini Made Indrawan mampu meraih kesuksesan finansial serta berhasil membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Padahal bila ditilik dari latar belakang pengalaman kerja, ia lebih menguasai bidang hospitality. Berkat kemampuan manajerial dibarengi intuisi yang kuat dalam hal berinvetasi, ia berhasil membesarkan perusahaannya yaitu PT Wira Mitra Utama.

Tidak banyak orang mampu menggarap peluang yang ada di sekitar. Entah karena alasan takut menghadapi kegagalan atau merasa bukan bidang yang dikuasai. Di antara segelintir insan yang sigap menangkap peluang usaha itu salah satunya Made Indrawan. Sosok satu ini berani menggarap peluang di luar kompetensi yang dimiliki. Ternyata kunci keberhasilannya tidak sekadar berani keluar dari zona nyaman. Made Indrawan mengatakan kiat sukses yang harus dimiliki seorang pengusaha di bidang properti adalah dengan selalu berorientai pada kualitas hasil serta kepuasan klien.

Terbukti dari banyaknya proyek hunian yang dibangun oleh Made Indrawan beserta tim, selalu diminati di pasaran. Ia berupaya mewujudkan rumah impian bagi banyak orang dengan mengerahkan tenaga SDM yang profesional di bidangnya. Juga senantiasa mengutamakan kualitas material terbaik dengan perhitungan struktur yang cermat sehingga dipastikan hasil bangunan aman digunakan dalam jangka panjang.

Sebagai pengusaha pengembang perumahan, Made Indrawan mengaku tidak menargetkan pangsa pasar tertentu. Ia terbuka untuk semua kalangan. Hal itu dapat dilihat dari berbagai tipe perumahan yang berhasil digarapnya. Dari yang berjenis perumahan komersil bersubsidi maupun non subsidi. Baik bersubsidi atau tidak, Made Indrawan tetap mengutamakan kualitas hasil pengerjaan. Hal itu menurutnya, baik proyek bernilai kecil ataupun besar, nantinya rumah itu akan menjadi tempat bernaung bagi seseorang. Sehingga harus dibuat nyaman untuk dihuni.

Beralamat kantor di Jl. Gatot Subroto Timur No 90X, Denpasar, PT Taman Wira Utama telah berhasil membangun puluhan rumah di berbagai daerah di Bali. Perusahaan developer ini juga kerap dipercaya menggarap proyek perumahan dari instansi pemerintah. Sebut saja proyek perumahan Tentara Nasional Indonesia dan lain sebagainya.

Otodidak

Di balik kisah kesuksesan Made Indrawan membangun perusahaan pengembang perumahan terpercaya di Bali, ia mengisahkan bahwa dirinya sudah terjun ke dunia usaha sejak usia 20 tahun. Ia memiliki semangat untuk memajukan taraf kehidupan, apalagi di usia tersebut ia telah kehilangan sosok sang ayah yang merupakan tulang punggung ekonomi. Setelah itu Made Indrawan mengambil tanggung jawab untuk menjaga perputaran roda perekonomian di keluarga.

Bagi Made Indrawan, sosok almarhum ayah bukan hanya penanggung jawab finasial di keluarga. Melainkan juga figur yang menginspirasi sehingga ia bisa mengembangkan usaha seperti saat ini. Pria kelahiran Singaraja, 22 November 1976 tersebut mengatakan bahwa sang ayah dahulu berkarier sebagai Tentara Nasional Indonesia. Namun lebih banyak bergerak di bidang tugas pembangunan serta di luar karier juga mengembangkan usaha developer properti.

Hanya saja pada saat duduk di bangku SMA, Made Indrawan menyaksikan banyak orang yang berbondong-bondong mencari kerja di industri pariwisata. Memang di tahun 80-an pariwisata Bali tengah naik daun ditandai dengan melambungnya angka kunjungan wisatawan. Hal itulah yang memotivasi Made Indrawan untuk merantau ke Bali Selatan saat tamat SMA. Ia memilih untuk mencari pengalaman kerja di industri hospitality.

“Saya pernah mengecap pengalaman bekerja di hotel dan juga perusahaan travel. Bagi saya masa-masa itu merupakan momen penempaan diri, saya belajar mengenai kemandirian hidup saat itu”, ujarnya.

Tepatnya di tahun 1997, Made Indrawan memutuskan melanjutkan perjuangan usaha ayahnya di bidang pengembangan properti. Ia memulai dari merintis usaha supplier material, baru kemudian secara otodidak terjun langsung ke bisnis properti. Tekad yang kuat membuat Made Indrawan sanggup menghadapi bermacam rintangan saat memulai bisnis, salah satu tantangannya yaitu harus menghadapi situasi krisis ekonomi. Namun berkat konsistensi usaha, ia berhasil melalui tantangan hingga dapat mempertahankan eksistensi usaha.

Kemudian tiba di tahun 2004, Made Indrawan mengurus legalitas usaha dengan meresmikan bendera usaha berbentuk Perseroan Terbatas bernama PT Wira Mitra Utama. Melalui semangat berinovasi serta tidak pernah luput terhadap kesempatan apapun, Made Indrawan berekspansi ke berbagai lini bisnis. Selain bergerak di industri properti ia juga mengembangkan usaha penyewaan alat berat, usaha angkutan dan juga penjualan mebel. Semua itu dapat terintregasi dengan baik lantaran masih berkaitan dengan bisnis properti yang ia rintis dari nol.

Made Indrawan berprinsip untuk selalu menyeimbangkan kerja dengan doa. Apabila dibarengi dengan doa kepada Yang Maha Kuasa, ia meyakini bahwa segala sesuatunya akan dimudahkan. Termasuk di saat menghadapi masa sulit, doa dan usaha mampu membawanya bangkit dan melangkah maju kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!