Profesional dalam Profesi Seimbang secara Spiritual serta Gaya Hidup

Ida Bagus Mudita adalah salah satu dokter staf di bagian Ilmu Kesehatan Anak subdivisi Hematologi dan Onkologi yang saat ini sudah menjalani masa pensiun.

Lahir di Klungkung 71 tahun yang lalu dan dibesarkan oleh orangtua pendeta dari Griya Cucukan Klungkung. Pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama di Klungkung dan melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Atas di Denpasar.

Kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, lulus dengan gelar dokter kemudian bertugas di Puskesmas Pekutatan Kabupaten Jembrana selama kurang lebih 5 tahun.

Selanjutnya meneruskan pendidikan spesialis anak di RSUP Sanglah, dilanjutkan RSUD Dr. Soetomo, Surabaya dan Universitas Airlangga hingga tamat. Tidak lama setelah pengangkatan sumpah dokter spesialis anak tahun 1993 di Surabaya, kemudian ditugaskan kembali di RSUP Sanglah Denpasar.

Ida Bagus Mudita adalah seorang ayah dari dua anak yang keduanya adalah dokter juga. Anak pertama perempuan, adalah seorang dokter spesialis kebidanan kandungan dan anak kedua laki-laki, adalah seorang dokter spesialis jantung.

Setelah pensiun pada tahun 2009, ia mulai menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga serta meditasi setiap hari dan mengadopsi pola makan juga pola hidup vegan yaitu tidak mengonsumsi apapun yang berasal dari hewani seperti daging, telur, ikan, susu sapi dan olahannya yang lebih dikenal dengan plant-based nutrition.

Manfaat perubahan pola hidup serta pola makan tersebut sangat dirasakan baik secara fisik maupun spiritual terutama dalam menjalani keseharian di era pandemi Covid-19 saat ini. Karena diketahui, bahwa penyakit yang bermunculan dewasa ini berasal dari kebiasaan mengonsumsi hewan.

Hal ini telah dilakukan banyak penelitian bahwa penyakit-penyakit baru ini merupakan penyakit zoonotic, yang artinya berasal atau ditularkan dari hewan yang dikonsumsi.

Saat ini sudah banyak tersedia makanan berbahan nabati yang beraneka ragam dengan rasa yang sangat enak. Tempat makan dan restoran vegan juga telah banyak bermunculan terutama di Bali sehingga sangat mudah ditemukan.

Di beberapa negara lain makanan berbasis nabati sudah sangat berkembang dan telah banyak dikampanyekan oleh dokter-dokter terkenal, seperti oleh dr. Joel Kahn, seorang dokter ahli jantung yang sangat aktif mengampanyekan tentang plant-based nutrition ini di media sosial pribadinya (IG: @drjkahn).

Banyak dokter-dokter lain yang sangat menganjurkan pola makan nabati ini. Profil mereka dapat dilihat di website resmi mereka di https://www.pcrm.org/ (Physicians Committee for Responsible Medicine).

Banyak alasan – alasan yang dikemukakan kenapa kita harus vegan, lebih jauh masalah ini banyak juga dikemukakan di Supreme Master Television ( https://suprememastertv.com ), Channel ini merupakan channel dengan berbagai informasi serta berita positif dalam berbagai bahasa.

Demikian profil dari dr. Ida Bagus Mudita, Sp.A, yang mengemukakan pola hidup dan pola makan sehat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!