Menebarkan Budidaya Lebah Klanceng dengan Cara Kekinian

Majalah BaliMeski sebagian orang menganggap usahanya hanya dipandang sebelah mata, namun sistem pemasaran yang diterapkan Teguh Suwasana dalam perusahaan supplier bibit lebah klanceng ini, tak mau ketinggalan zaman. Dengan merancang aplikasi berbasis android,

PT Maha Agung Indonesia Bersama berharap akan mempermudah mitranya dalam menjalankan usaha yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan ini. Namun meski sampingan, usaha ini mudah dan stabil dalam memperoleh penghasilan.

 

Kurang lebih selama lima tahun Teguh Suwasana telah berkecimpung di bidang Peternakan Lebah Klanceng, di mana sebelumnya ia telah bekerja sebagai pedagang asongan di pasar, pegawai koperasi hingga dipercaya memegang sebuah koperasi di Jawa Tengah. Pada tahun 2012, ia kemudian memberanikan diri untuk mundur dari koperasi dan mendirikan sebuah usaha. Karena dunia usaha yang dekat dengannya saat itu ialah koperasi, ia pun mendirikan usaha tersebut berlokasi di kediamannya, di Jawa Timur.

Setelah berjalan 1-2 tahun, Teguh Suwasana sebagai owner dituntut untuk menjadi sosok yang disiplin dan tegas dalam melaksanakan pekerjaannya. Terutama saat turun ke lapangan, untuk menagih pembayaran angsuran. Namun saat menemui nasabah yang sebagian besar adalah lansia, ia tidak sampai hati melakukan pemungutan pada nasabah-nasabahnya tersebut. Merasa hati tidak sejalan dengan usaha tersebut dan koperasi yang mulai goyah, ia akhirnya memutuskan untuk menutup koperasinya.

Di waktu yang hampir bersamaan, Teguh Suwasana mendapat tawaran dari rekannya yang juga bekerja di koperasi, yakni sebuah usaha budidaya lebah klanceng. Setelah pertemuannya dengan rekannya tersebut, ia kemudian mulai mempelajari usaha yang ternyata membutuhkan modal lebih besar lagi, dibandingkan usaha yang ia dirikan sebelumnya.

Teguh Suwasana kemudian mulai mengambil langkah untuk mengikuti prosedur dalam proses pengerjaan usaha budidaya lebah klanceng yang dijual secara konvesional kepada petani dan peternak tersebut. Saat ia memperoleh permintaan madu dalam jumlah yang besar, ia kemudian membeli madu kepada peternak. Namun tanpa diduga ternyata pemesanan madu tersebut membatalkan ditengah prosesnya, argumen dari pihak tersebut mengatakan madu yang ia pesan dikatakan ada yang berupa madu campuran, bukan madu asli. Karena sudah terlanjur membeli, Teguh Suwasana kemudian menjualnya kembali ke konsumen lain dengan cara mengecer ke warung-warung dan toko. Karena balik modal tersebut memakan waktu yang cukup lama dan ada madu yang tidak terjual menyebabkan ia mengalami kerugian besar.

Setelah kejadian itu, ia memiliki pemikiran untuk menjalin kemitraan dalam usaha ini, demi mencegah kejadian serupa terulang kembali. Ia pun membangun Kemitraan Lebah Klanceng dengan mendirikan PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA yang berlokasi di Jl. Jaya Giri Utara No.3, Denpasar Timur. Teguh Suwasana kemudian menerapkan proses budidaya yang berbeda dari sebelumnya, dengan menjual seharga 1,5 juta rupiah/paket yang terdiri atas dua stup (kotak) bibit lebah klanceng (Trigona) kepada mitra. Kemudian dilanjutkan dengan pengemasan bersegel, dengan jaminan kualitas madu yang ditawarkan adalah madu asli, terlebih madu-madu tersebut tidak sembarang untuk didistribusikan, melainkan resmi disalurkan kepada supplier untuk kebutuhan kesehatan.

 

 

Budidaya yang Sederhana dan Promosi Kekinian

Kemitraan lebah klanceng ini di lindungi kontrak yang berlaku selama 4 bulan, selama masa kontrak mitra mendapatkan pendampingan dari pihak PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA, Pedampingan tersebut meliputi saran-saran untuk mitra, seperti menanam bunga-bunga yang disukai lebah di pekarangan rumah. Meski lebah merupakan serangga yang mandiri untuk mencari bunga favorit mereka di luar area peternak, namun disarankan untuk menanam sendiri di pekarangan rumah, agar mempercepat produksi madu.

 

Setelah empat bulan, masa yang dibutuhkan lebah untuk memproduksi madu, Teguh Suwasana akan membeli paket tersebut dari mitra dengan harga kontrak 2 juta rupiah/paket, sehingga peternak akan memperoleh untung 500 ribu/paket. Yang menjadi pembeda kemitraan PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA dengan kemitraan lain ialah PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA sudah berani memberikan keuntungan pasti sebesar Rp. 500 ribu/paket selama 4 bulan kepada mitra tanpa melihat turun naiknya harga madu di pasaran.

Selain itu PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA juga memberikan garansi 100 % apabila Lebah tersebut kabur / mati di mana garansi tersebut berlaku selama masa kontrak dengan catatan segel dalam keadaan utuh. Usaha sampingan ini pun minim kegagalan, misalnya terjadi waktu panen yang mundur dari waktu seharusnya karena ada lebah yang mati/ kabur, mitra tidak perlu khawatir akan hal ini karena pembelian paket akan tetap dilakukan setelah empat bulan terhitung tanggal pergantian stup yang baru. Kemitraan ini sangat fleksibel dan bisa dikerjakan oleh siapa saja termasuk ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan swasta sampai pegawai Negeri.

Tidak sedikit yang melihat kemitraan lebah klanceng ini hanya sebelah mata, namun meskipun begitu ia tetap mengoperasikan sistem penjualan dengan cara kekinian, yakni dengan merancang aplikasi “Lebah Klanceng” yang bisa di download di Playstore. Aplikasi ini akan mempermudah mitra untuk mendapatkan informasi, baik data kepemilikan, tanggal pembelian serta jumlah paket, sampai tanggal panen (saat paket dibeli kembali oleh pihak PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA).

Bagi masyarakat yang tertarik untuk memiliki usaha sampingan budidaya lebah klanceng ini, di tahun 2021, PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA menggelar promo yang memberi kesempatan masyarakat untuk menjadi agen maupun mini agen. Syaratnya dengan pembelian minimal 50 paket untuk agen, sedangkan mini agen, harus membeli 25 paket. Berbeda dengan harga di bulan-bulan biasa, untuk menjadi agen harus membeli 100 paket dan 50 paket untuk menjadi mini agen. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa datang langsung ke kantor PT MAHA AGUNG INDONESIA BERSAMA yang beralamat di Jl. Jaya Giri Utara No.3 Denpasar atau menghubungi :

Wa. 0822 1650 0100.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!