Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ini Dia Tipsnya

Majalah Bali | Kamu pasti sering mendengar istilah ‘membaca buku layaknya membuka cakrawala dunia’ hal itu benar adanya karena dengan membaca kamu dapat mengetahui dan memahami banyak hal. Namun seringkali kamu malas membaca buku atau memiliki hambatan saat membaca buku seperti mengantuk dan cepat pegal.

Misalnya saja kamu baru membaca beberapa halaman namun rasanya mata sudah berat dan kamu pun menguap, tak lama akhirnya kamu merasa mengantuk dan menyudahi kegiatan membaca dengan sangat cepat. Padahal jika kamu dapat menahan dan mengatasinya, membaca pasti akan menjadi kegiatan produktif yang akan menambah wawasanmu.

Namun sebenarnya ada hal lain yang memengaruhi kamu mudah mengantuk saat membaca buku, misalnya posisimu dalam membaca. Membaca sambil tiduran atau tengkurap memang nyaman namun justru posisi ini juga yang mendukungmu cepat merasa lelah dan mengantuk. Jika ingin menahan rasa kantuk maka hindari membaca sambil tiduran, selain tidak baik, posisi ini juga tidak sehat untuk kesehatan mata.

Nah, buat kamu yang juga memiliki permasalahan sama yakni mudah mengantuk saat membaca buku bisa coba ikuti tips-tips berikut ini:

Dimulai Dari Niat dan Komitmen

Tips ampuh anti ngantuk saat membaca buku yang pertama ialah dimulai dari niat dan komitmenmu. Pastikan sedari awal apa tujuanmu membaca buku, bisa untuk hiburan atau kamu memang benar-benar ingin memahami isinya. Memastikan niat sedari awal bisa memberikan sugesti bahwa kamu sedang dalam posisi serius dan butuh memahami isi bacaan tersebut.

Kemudian jika kamu memang ingin memahami sesuatu atau isi buku tersebut maka kamu juga harus memiliki komitmen saat membacanya karena sulit memahami isi suatu buku jika kamu membacanya jarang. Pastikan target bacaanmu setiap hari agar kamu bisa memahami isi buku dengan lebih cepat dan teratur. Jika sudah begini, dijamin rasa kantuk bisa kamu tangkal dengan mudah.

 

Memilih Waktu yang Tepat Untuk Membaca

Kedua, tips ampuh anti ngantuk saat membaca buku berikutnya ialah memilih waktu yang tepat untuk membaca. Adapun waktu terbaik untuk membaca buku yang bisa kamu coba ialah pagi hari setelah berisitirahat yang cukup. Membaca dipagi hari akan membuatmu lebih semangat karena badanmu masih segar setelah mandi dan sarapan.

Membaca dipagi hari juga membuatmu lebih mudah mencerna isi bacaan sehingga kamu tidak akan mudah merasa ngantuk. Selanjutnya, waktu membaca yang perlu dihindari ialah setelah jam makan siang ataupun pada malam hari setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Membaca buku pada waktu tersebut tidak akan membuat konsentrasi justru kamu akan mudah diserang rasa oleh rasa kantuk.

 

Mencari Posisi Membaca yang Nyaman

Selain memilih waktu yang tepat untuk membaca, tips selanjutnya agar kamu tidak mudah merasa ngantuk saat membaca adalah mencari posisi yang untuk membaca. Posisi tubuh sangat menentuka intensitas dan seberapa lama kita kuat membaca. Posisi tubuh yang benar untuk membaca buku adalah duduk tegak namun tidak tegang.

Pastikan posisi punggung lurus dan jarak mata terhadap buku tidak terlalu dekat ataupun jauh. Untuk membantu kenyamanan membaca, kamu bisa menggunakan meja untuk menumpu tangan dan buku yang sedang kita pegang. Tambahkan juga beberapa minuman dan makanan yang bisa membuatmu betah berlama-lama bersama buku bacaan.

Sementara itu, hindari posisi membaca sambil tidur tengkurap, terlentang, ataupun bersender pada bantal atau sesuatu yang empuk saat membaca. Posisi inilah yang akan menyebabkan kamu terstimulasi untuk merasakan kantuk dan akhirnya tertidur.

 

Mengambil Waktu Rehat Sejenak

Keempat, tips ampuh anti ngantuk saat membaca buku berikutnya ialah mengambil waktu rehat sejenak dari aktivitas membaca. Hal ini penting untuk mengistirahatkan otak karena semakin lama kita membaca buku maka semakin lama juga otak kita bekerja. Otak manusia bisa merasa lelah seperti tubuh kita yang melakukan aktivitas setiap hari.

Otak yang kelelahan akan memberi sinyal seperti menjadi tidak fokus dan mengantuk. Hal ini adalah tanda dimana otak kita butuh istirahat. Untuk itu, jika kita sudah mulai mengantuk dan mata juga lelah membaca buku, sebaiknya kita tinggalkan buku kita untuk beristirahat sejenak dan melakukan aktivitas lainnya terlebih dahulu.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan saat mengambil waktu rehat sejenak dari membaca buku, seperti melihat pemandangan, tidur, atau mendengarkan musik sehingga membaca buku tidak akan terasa berat dan menjadi beban. Hal ini karena kamu selalu mengiringi waktu membaca dengan kegiatan yang menyenangkan.

 

Menyiapkan Makanan Ringan Sebagai Cemilan

Terakhir, tips ampuh anti ngantuk saat membaca buku yang bisa dicoba ialah dengan menyiapkan makanan ringan dan minuman yang kamu sukai. Misalnya potongan roti atau kue kering yang manis. Pastinya saat membaca kamu juga akan mudah terdistraksi dengan rasa lapar, untuk itu selalu siapkan cemilan ringan untuk menemanimu membaca.

Disarankan bagi kamu untuk tidak mengonsumsi susu hangat saat membaca buku karena biasanya susu hangat memiliki efek yang dapat membuatmu merasakan kantuk. Kamu bisa memilih minuman yang dingin agar tubuhmu juga tetap segar saat membaca.

 

Sumber: https://www.fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!