Lebih Baik Gagal di Masa Muda daripada Tidak Pernah Mencoba

Ayahanda dari Steven Harianto, (Alm. Agus Harianto) perintis “UD Sinar Searah”, sempat merasakan hidup susah di masa kecil, hingga terpaksa dititipkan kepada kerabat lain karena ketidakmampuan orangtua atau kakek dan nenek Steven Harianto dalam membiayai. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, pada tahun 1995, ayahnya mulai bangkit dan mendirikan usaha retail di pulau dewata, sekaligus tempat pertemuannya dengan istri, (Alm. Phiong Lyly) yang berasal dari Jakarta.

Pada tahun 2012, tak mampu melawan takdir Tuhan, sang ayah harus menghadap ke Sang Pencipta di usia Steven Harianto 11 tahun. Otomatis usaha tersebut pun menjadi tanggung jawab ibunya. Karena kondisi yang masih shock saat itu, terlebih sang ibu sebelumnya lebih banyak menghabiskan waktu mengurus rumah tangga, sehingga sedikit memahami sistem operasional perusahaan. Hal ini menyebabkan sistem perusahaan sempat kacau selama lima tahun.

Berselang tujuh tahun setelah kepergian ayah, ibu Steven Harianto menyusul ayahnya, karena penyakit kanker. Peristiwa kehilangan dua sosok yang begitu dicintai tersebut apalagi di saat usia masih muda, Steven Harianto harus ikhlas menghadapi peristiwa tersebut, terutama saat-saat ia ingin berbagi pengalaman dan kisah bersama kedua orangtuanya.

Terlepas dari takdir yang telah terjadi, langkah pria kelahiran 1 Desember 2000 ini, harus terus maju menghadapi masa depan selanjutnya dengan mengambil alih usaha “UD Sinar Searah” sepenuhnya. Sebelumnya ia sudah mulai masuk ke perusahaan untuk mengenal dan mempelajari sistem usaha tersebut sejak ibunya harus beristirahat total karena di diagnosis kanker pada tahun 2017.

Steven Harianto yang baru saja lulus SMA, kemudian diperbantu oleh kerabat dari ibu untuk mengurus usaha. Berjalannya waktu, pria berusia 21 tahun ini pun sudah mulai memahami pasar usaha dan arah pergerakan visi misi UD Sinar Searah, ia juga mengikutsertakan adik perempuannya yang berusia 15 tahun, untuk mulai mempelajari usaha tersebut.

Setelah terjun langsung menangani usaha, Steven mulai memperbaiki beberapa operasional perusahaan agar lebih efisien dalam bekerja, seperti mengoptimalkan kinerja karyawan dan merombak lokasi usaha yang beralamat di Jl. Pulau Galang No.74 Denpasar Barat, agar lebih ideal sebagai toko retail, selain sebagai perusahaan supplier perlengkapan ATK (Alat Tulis Kantor).

Masa depan UD Sinar Searah diharapkan akan terus bersinar ke depannya dan menggapai mimpi dari Steven Harianto untuk membuka toko retail secara continue, dan menyebar di seluruh Bali, bahkan Indonesia. Dalam mengimplementasinya, mungkin tidak sedikit mengalami kegagalan, namun baginya lebih baik mengisi masa muda dengan kegagalan setelah ada usaha, daripada gagal karena tidak pernah ada langkah berani untuk mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!