Berpikir Jauh Melangkah Membangun Masa Depan Keluarga dengan Bisnis

Pasangan suami istri, Agus Suarbawa dan Putu Sri Dana Agustini dengan latar belakang pariwisata ini memiliki fokus karier yang kuat di masa remaja mereka terkait dengan industri pariwisata. Namun, mereka menyadari bahwa memiliki karier yang sukses tidaklah cukup untuk hidup bahagia. Mereka menyadari bahwa keberhasilan di tempat kerja harus diimbangi dengan kebahagiaan di rumah tangga. Karena itu, mereka memutuskan benar-benar siap secara mental dan materi dalam membangun dasar yang kuat untuk kehidupan mereka bersama anak-anak, salah satunya memilih untuk membangun bisnis mereka sendiri.

Sebelum menikah tahun 2015, yang sekarang telah dikaruniai 3 orang anak yakni Bagus Tarendra, Anindya Tara dan Bagus Tanaka, Agus Suarbawa dan Putu Sri Dana Agustini sempat berkarier di hospitality. Agus memiliki latar belakang sebagai D2 Bidang Programmer dari LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia) hingga di dunia kerja lebih fokus sebagai akunting. Sedangkan Sri memang lulusan Sarjana Manajemen Kepariwisataan dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua. Keduanya setelah lulus, sempat berpindah-pindah hotel, bahkan Sri dari hotel, ia bisa loncat ke travel agency dan event organizer.

Selama masa berkarier, Agus dan Sri bekerja keras dan berusaha untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak dalam bidang pariwisata. Hingga dikaruniai anak kedua, Sri memutuskan untuk mundur dari kariernya. Meskipun ada pandangan yang meremehkan lulusan sarjana yang memilih menjadi ibu rumah tangga, yang terpenting bagi Sri ialah ia sudah memiliki pengalaman yang berharga dalam dunia kerja dan kini dapat fokus membesarkan keluarga dengan sumber keuangan yang memadai dari suaminya sebagai driver sekaligus dipercayai sebagai koordinator 80 armada pariwisata di komunitas Dewata Transport di desa adat banjar Kedewatan, Ubud. Keputusannya untuk menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pilihan pribadi dan layak dihargai, tanpa perlu diragukan pengalaman dan kemampuannya dalam karier sebelumnya.

Mumpung anak-anak masih kecil dan belum membutuhkan biaya pendidikan yang semakin tinggi, Agus dan Sri bekerja sama untuk mempersiapkan bisnis mereka. Mereka memulai dengan membuka toko pakaian anak yang difasilitasi oleh suami. Sri fokus pada pengelolaan toko, sementara Agus terlibat dalam bisnis transportasi. Keduanya bekerja sama dalam mengembangkan usaha mereka sehingga berhasil memiliki mobil pribadi, menjadi kebutuhan yang tak ditampik penting dalam rumah tangga. Dan seiring waktu berjalan pada tahun 2018, orang tua dari Sri yang juga seorang seniman lukis dari Ubud bernama Dana’s Painting membangun vila bernama Casa D’Arta dan di tempat inilah Sri dan Agus diberikan kesempatan untuk mengelola vila dari ayahanda Sri, karena Sri yang merupakan lulusan pariwisata mulai mengembangan bisnis dari orang tuanya tersebut. Karena perkembangan dan permintaan akan akomodasi, termotivasilah Agus dan Sri untuk merampungkan vila mereka yang sempat terhenti karena Covid-19 dan demi tujuan rumah tangga yang seimbang dan merencanakan masa depan untuk masa depan anak-anak mereka.

Pada tahun 2021 akhirnya vila mereka bernama Bali Legong Villa terselesaikan dan mereka mulai mengembangan bisnis yang mereka bangun berdua. Berkat kekompakan dan kerja keras keduanya, terutama dalam hal keuangan dan mempertimbangkan kepentingan keluarga, Agus dan Sri mampu mengatasi berbagai tantangan dan membangun bisnis yang sukses. Mereka tidak hanya berhasil membangun bisnis, tapi juga memberikan contoh positif bagi orang tua muda lainnya, bahwa sukses dalam bisnis dapat dicapai dengan kerja keras dan kerja sama tim yang baik. Lebih dari itu, mereka secara tak langsung mengajarkan nilai[1]nilai penting kepada anak-anak mereka tentang kerja keras, kemandirian dan bagaimana membangun impian bersama.

Mereka berharap kisahnya bisa menjadi motivasi bagi banyak orang untuk meraih kesuksesan dan membangun kehidupan keluarga yang sehat dalam finansial maupun hubungan interpersonal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!