Apakah Masker yang Kamu Gunakan Sudah Sesuai?

Majalah Bali | Setahun sudah pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Berdasarkan laman website kawalcovid19.id, jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di Indonesia sudah mencapai 1.4 juta orang dengan jumlah orang dalam perawatan sebesar 141 ribu dan kasus sembuh sebanyak 1,2 juta orang.

Seperti informasi yang telah beredar, virus corona dapat disebarkan dari satu orang ke orang lain yang kemungkinan saling berhubungan dekat, melalui droplet yang dihasilkan saat orang tersebut batuk atau bersin karena terinfeksi virus. Droplet tersebut dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di sekitarnya. Bahkan bisa juga terhirup oleh mereka karena seseorang yang telah terinfeksi virus corona ketika berbicara atau bernapas dapat mengeluarkan partikel virus menular yang melayang di udara selama tiga jam. Partikel virus yang melayang di udara dapat terhirup oleh seseorang yang sehat sehingga orang tersebut dapat terinfeksi virus. Untuk mencegah dan meminimalisasir partikel virus terhirup, setiap orang harus memakai masker saat keluar rumah.
Masker yang digunakan biasanya berupa masker medis ataupun masker kain. Pemakaian masker untuk mencegah penularan dan terpaparnya virus corona tidak bisa sembarangan. Masker yang digunakan harus bisa mencakup beberapa hal, yaitu :
1. Memiliki 2 atau lebih lapisan kain yang bisa dicuci dan tidak membuat sulit untuk bernapas
2. Dapat menutupi hidung dan mulut
3. Pas menempel di sisi wajah dan tidak memiliki celah
4. Memiliki kawat pada bagian tempat hidung untuk mencegah udara bocor keluar dari bagian atas topeng
Selain menggunakan masker untuk mencegah dan meminimalisir terpapar virus corona, pastikan untuk selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain di luar rumah, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi, serta memakai masker.
Tidak lupa, selalu ingatkan orang terdekat untuk mematuhi protokol kesehatan. Mari bersama mencegah diri dan orang tersayang dari terpapar virus corona.
Sumber: https://kumparan.com/hana-fahimah/apakah-masker-yang-kamu-gunakan-sudah-sesuai-1vL1ACChbLL/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!