Tidur Berkualitas, Cara Jaga Kesehatan Yang Sering Terlupakan

Majalah Bali |  Banyak hal yang bisa dilakukan saat menjaga kesehatan, di antaranya adalah menjaga pola makan, melakukan aktivitas fisik sampai dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Seringkali kita lupa kalau tidur juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kita. 

Tidur yang baik tidak hanya sekadar memejamkan mata saja. Tidur yang baik harus bisa membuat hidupmu semakin berkualitas. Semakin berkualitas tidurmu maka akan semakin berkualitas pula hidupmu, Fimelova. Tidur yang baik juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko stress dan terkena depresi dan masih banyak lagi. Sayangnya tidak semua orang bisa memiliki tidur yang cukup dan nyenyak. Yuk ikuti beberapa cara di bawah ini agar tidurmu berkualitas.

1. Jadwalkan Waktu Tidurmu

Yang dimaksud dengan menjadwalkan waktu tidur adalah kamu selalu tidur dengan waktu yang sama setiap harinya. Terkadang kita tidak disiplin dengan waktu tidur kita dan memilih untuk begadang. Kalau kamu sudah terbiasa tidur pada pukul 22.00 setiap harinya maka tidurlah pada jam yang sama setiap harinya.

2. Menjaga Suhu Ruangan Tempatmu Tidur

Memakai selimut adalah salah satu cara untuk mempertahankan kehangatan badan. Kalau kamu menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tubuh merasa dingin. Menggunakan kasur cooling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

3. Konsumsi Camilan Sebelum Tidur

Siapa bilang kamu tidak boleh makan sebelum tidur? Sebenarnya mengonsumsi makanan sebelum tidur boleh saja, hanya saja kamu harus memperhatikan makanan yang kamu makan. Makanan ringan seperti sepotong buah atau yogurt rendah lemak adalah makanan yang sempurna. Alternatif lainnya adalah kamu bisa minum segelas susu hangat yang berisi hormon melatonin yang menginduksi tidur. Setiap makanan kecil yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau sereal baik untuk tubuh karena mampu meningkatkan tingkat tryptophin dalam tubuh. Tryptopin adalah zat kimia yang mendorong otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin, hormon yang menimbulkan bahagia dan santai yang membuatmu lebih muda terlelap.

4. Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan sederhana sebelum tidur bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur. Cobalah berbaring telentang di tempat tidur atau di lantai dan membungkukan kaki kanan seolah-olah mencoba menyentuhkan lutut ke dagu. Kamu harus merasakan peregangan di hamstring dan punggung bagian bawah. Tahan posisi ini selama 15 sampai 20 detik, kemudian ulangi dengan kaki yang lain. Duduklah dalam posisi bersila, letakkan tangan kananmu di lantai di samping dan angkat tangan kiri keatas telinga. Miringkan tubuh ke kanan, bahu kebawah di lantai, tahan selama 10 sampai 15 detik kemudian ulangi di sisi lain.

5. Siapkan Tempat Tidur yang Nyaman dan Bersih

Poin yang satu wajib kamu ikuti kalau ingin tidurmu nyenyak, Fimelova. Tempat tidur nyaman adalah tempat tidur yang dapat menunjang kesehatan tulang punggung harus memiliki kesamaan dengan garis tulang punggung. Hal ini penting karena pada waktu tidur tulang punggung sebisa mungkin berada pada posisi paling natural untuk mencegah timbulnya kelelahan otot. Untuk mendapatkan tempat tidur yang bersih, kamu harus memastikan tempat tidurmu bebas dari kutu atau tungau yang dengan mudahnya berkembang biak di dalamnya. Tempat tidur atau matras adalah tempat tinggal kesukaan kutu/tungau mereka hidup serpihan kulit dan ketombe. Untuk itu, kamu butuh Mattress Cleaner Mite Catcher untuk membersihkan tempat tidurmu. Vacuum cleaner unik dari Sharp ini mampu membasmi kutu atau tungau di tempat tidurmu dengan menghembuskan udara panas hingga 40 derajat celcius, menyedot kutu atau tungau dengan kombinasi efek putaran setrifugal pada corong debu hingga mampu membersihkan hingga 99 persen. Selain menyemburkan udara panas dan menangkap kutu/tungau, produk ini juga menghasilkan ion-ion Plasmacluster sehingga bau-bau tidak sedap dapat dilenyapkan. Dilengkapi dengan beater brush yang sangat kuat, yang dapat berputar hingga 6.000 putaran/menit dan menghisap debu-debu tungau yang berukuran 0.01mm. Sehingga dapat mengeluarkan debu dan tungau dari serat, sehingga efektif dalam proses penghisapannnya. Dengan alat ini kutu atau tungau akan terbasmi dalam waktu sekajap saja sehingga tidur anda pun terasa nyaman.

 

Sumber: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3514744/tidur-berkualitas-cara-jaga-kesehatan-yang-sering-terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!