6 Kebiasaan Pagi Hari yang Dianggap Sehat namun Ternyata Bikin Stres

Majalah Bali | Pagi hari merupakan saat yang sangat menentukan untuk aktivitas kita selanjutnya selama seharian. Hal yang kita lakukan di pagi hari baik makanan yang kita konsumsi maupun tindakan yang kita lakukan bisa sangat menentukan bagaimana hari kita berjalan.

Sejumlah kebiasaan disarankan untuk dilakukan pada pagi hari demi kesehatan baik fisik maupun mental. Hal ini termasuk konsumsi makanan sehat serta menenangkan pikiran di pagi hari.

Walau begitu, ternyata sejumlah kebiasaan yang dianggap sehat di pagi hari bisa berdampak sebaliknya. Hal ini terutama ketika kamu memaksa diri dalam melakukannya.

Paksaan untuk melakukan sesuatu di pagi hari ini justru bisa membuat diri merasa terbebani. Dilansir dari Huffington Post, berikut sejumlah kebiasaan di pagi hari yang dianggap sehat namun sebenarnya menyebabkan stres.

Sarapan secara Perlahan

Sarapan secara perlahan ini pada mulanya diniatkan agar diri menjadi santai dan lebih fokus. Namun hal ini tidak bisa diterapkan pada semua orang.

Jika kamu seseorang dengan banyak aktivitas untuk dilakukan di pagi hari, sarapan secara perlahan justru bisa membuatmu stres serta banyak hal yang terbengkalai. Oleh karena itu, hal ini dianggap tidak dapat diterapkan secara mudah pada semua orang.

Menunda Alarm

Bagi banyak orang yang ingin bangun pagi, menyalakan alarm merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan. Walau begitu, kerap kali alarm yang sudah berbunyi ini diabaikan dan terus-menerus menekan tombol snooze atau tunda.

Menunda alarm ini bisa menyebabkan kamu menjadi stres ketika terbangun selanjutnya. Hal ini juga mengganggu kualitas tidurmu sehingga kamu biasanya terbangun dengan rasa lelah dan perasaan uring-uringan.

Menulis Jurnal dan Hal yang Harus Dilakukan

Menulis Jurnal

Banyak pakar yang menyarankan untuk menulis jurnal di pagi hari untuk mengawali hari. Walau begitu, ketika hal ini dipaksakan untuk dilakukan pada pagi hari maka jadinya malah membuat stres.

Selain itu, hal ini juga belum tentu cocok diterapkan pada semua orang terutama pada orang-orang yang cenderung verbal. Selain itu, jika kamu melakukannya dengan harapan muluk, maka hal ini juga bisa mengecewakanmu.

Menulis Daftar Hal yang Harus Dilakukan

Membuat daftar hal yang harus dilakukan bisa menjadi cara untuk menata pikiran. Selain itu, cara ini juga bisa membantu mengatasi kecemasan walau dampak yang bisa muncul justru sebaliknya.

Menulis ini juga bisa membebani dirimu terutama jika ada hal yang terlewat dilakukan sehari sebelumnya. Oleh karena itu, disarankan mengganti daftar ini dengan hal-hal yang telah kamu selesaikan.

Sarapan dengan Keluarga dan Tergesa-Gesa Bangun

Sarapan dengan Keluarga

Berbagi makanan dan makan dengan orang lain sebenarnya merupakan hal yang baik dan menyehatkan. Walau begitu, ketika pagi hari di rumahmu begitu berisik, hal ini justru bisa membuatmu kelelahan.

Jika hal ini yang terjadi di rumahmu, disarankan mengganti waktu berkumpul jadi malam hari. Hal ini bisa membuatmu tidak kelelahan di pagi hari dan mendapat manfaat maksimalnya ketika bersama orang lain.

Tergesa-Gesa Bangun

Terdapat manfaat yang bisa muncul dari membatasi aktivitasmu ketika di atas kasur. Walau begitu ketika tiap hari kamu tergesa-gesa bangun, maka hal ini justru bisa membebanimu.

Terkadang kamu perlu lebih lama bermalas-malasan di kasur terutama pada saat pagi hari. Melakukan hal ini sekali-sekali justru bisa meningkatkan energi dan membuatmu bersemangat.

Sumber : 6 Kebiasaan Pagi Hari yang Dianggap Sehat namun Ternyata Bikin Stres | merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!