Taman vertikal terbesar di dunia bisa saring 2.000 ton gas berbahaya

20170811110423-2-edificio-santalaia-001-tantri-setyoriniEdificio Santalaia memang cuma salah satu dari sekian banyak gedung apartemen yang ada di Kolombia. Namun bangunan ini juga menjadi rumah bagi taman vertikal terbesar di dunia.

Dilansir Inhabitat, Santalaia memiliki taman vertikal seluas 3.100 meter persegi. Dibangun di tengah ibukota Kolombia, Bogota dengan serangkaian pilar yang tertutup vegetasi. Seluruhnya dipercantik dengan 115.000 tanaman dari 10 spesies endemik untuk meningkatkan keanekaragaman hayati.

Dengan ukurannya yang masif, taman vertikal Santalaia bisa menghasilkan oksigen yang mencukupi untuk lebih dari 3.100 orang setiap tahun. Mampu memproses 774 kilogram logam berat, menyaring lebih dari 2.000 ton gas berbahaya, dan menangkap lebih dari 399 kilogram debu. Tentunya ini bisa menjadi solusi yang bagus untuk mengatasi polusi di kota besar seperti Bogota.

 

Santalaia merupakan gagasan dari ahli biologi dan botani Ignacio Solano. Solano menggunakan sistem F + P ciptaannya. Yang mewujudkannya adalah anak perusahaan Paisajismo Urbano, Groncol. Perusahaan tersebut mengkhususkan diri dalam mendirikan kebun-kebun bertingkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!