Sukses Bukan dari Tingginya Pendidikan tapi dari Usaha dan Kerja Keras yang Dijalankan

Pendidikan yang tinggi bukan acuan untuk meraih sukses, begitulah sekiranya gambaran dari sosok perempuan yang bernama Anak Agung Made Candra. Ia merupakan seorang perempuan yang menempuh pendidikan hanya sampai SMP. Tapi hal tersebut bukan menjadi halangannya untuk meraih singgasana kesuksesan.

Anak Agung Made Candra atau yang kerap dipanggil Agung Intan merupakan wanita kelahiran Pedungan, 4 April 1963. Ia merupakan anak ke enam dari enam bersaudara yang dibesarkan oleh pasangan suami istri, Anak Agung Putu Ngurah dan Jero Kemude. Orang tua dari Agung Intan merupakan petani yang hanya bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya saja. Keterbatasan yang ada tidak membuat Agung Intan patah semangat dalam menjalani kehidupan. Semua keterbatasan yang dimiliki oleh keluarganya merupakan suatu motivasi untuk maju dan juga alasannya untuk berjuang hingga saat ini. Agung Intan menempuh pendidikan dari SD hingga SMP saja dan memutuskan untuk menjalani kursus jahit setelah tamat SMP. Karena minatnya yang tinggi pada garmen membuat Agung Intan terpacu untuk mempelajari ilmu jahit dan mencoba mencari jati diri dari minat yang ia geluti.

Seiring waktu berjalan Agung Intan selesai menjalankan les menjahitnya dan memilih untuk membuka toko, toko tersebut ia bangun dari hasil kerja suami tercinta. Beberapa waktu berlalu hingga Agung Intan memutuskan untuk tidak menjalankan usaha tokonya lagi, karena tuntutan untuk mengurus anak-anaknya di rumah. Selama berada di rumah, Agung Intan juga mengambil pekerjaan sebagai garmen sambil mengurus anak di rumah. Walau masih belum bisa menjadi pekerja yang sukses pada saat itu, Agung Intan tetap berjuangan dan selalu bersyukur untuk semuanya. Setelah beberapa lama akhirnya Agung Intan membuka suatu usaha yang bergerak dibidang busana seperti apa yang ia inginkan. Semua dukungan dan modal tersebut merupakan hasil dari jerih payah suaminya dalam bekerja untuk mengumpulkan modal. Intan Busana akhirnya menjadi tempatnya memulai suatu bisnis, dengan pengalaman yang sudah banyak dalam bidang penjahitan dan pembuatan desain busana tidaklah membuatnya menjadi payah dalam mengembangkan karier.

Beberapa tahun berlalu seperti banyaknya waktu yang Agung Intan lalui untuk mengembangkan bisnis dan mencari kepercayaan agar bisa mendapatkan banyak relasi. Dari semua usahanya ia sudah mengembangkan beberapa bisnis dibidang koperasi simpan pinjam, Toko Sari Intan dan Juga Aneka Camilan. Untuk menjadi seorang pengusaha yang maju dibutuhkan pondasi yang kuat untuk bisa menjadi penopang dari usaha lanjutan yang akan dibangun. Begitulah amanah yang diberikan oleh Agung Intan, ia berprinsip bahwa suatu bisnis harus membutuhkan pondasi yang kuat agar bisa terus berkembang ke depannya. Selain hal itu, Agung Intan juga berpesan kepada generasi muda agar jangan takut untuk membangun suatu usaha, tetap jaga kepercayaan orang lain, selalu jujur dalam menjalankan hidup dan pastinya harus selalu semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!