PT Adhi Graha Jaya Jasa Arsitek dan Kontraktor Bali Dilirik Klien Lokal dan Ekspatriat

Perkembangan pariwisata di Bali berdampak pada pertumbuhan pembangunan properti, termasuk bangunan akomodasi pariwisata seperti restoran, hotel dan vila. Demi mewujudkan sebuah properti yang ideal, kegiatan pembangunan melibatkan jasa arsitek dan kontraktor. Salah satu biro jasa desain dan kontraktor properti terpercaya di Pulau Dewata yaitu PT Adhi Graha Jaya. Tidak hanya mampu menggaet pasar lokal, juga berhasil mendapat kepercayaan dari para klien kalangan ekspatriat.

Didirikan oleh seorang arsitek bernama I Made Monjong Adhi Nugraha pada 2018, PT Adhi Graha Jaya menawarkan jasa kontraktor dan arsitek, serta layanan izin konstruksi IMB. Perusahaan yang berbasis di Bali ini memiliki pengalaman panjang dalam menangani berbagai proyek residensial dan komersial di Bali, dengan motto “Melayani dengan Sepenuh Hati” dan menjadikan kualitas produk sebagai tujuan utama. Atas dasar komitmen itu, menjadi kepercayaan setiap klien untuk memilih kami dalam mempercayakan setiap proses pengerjaan proyeknya. Baik mulai dari proses perencanaan, desain, hingga pelaksanaan di lapangan. Dalam mewujudkan proyek yang akan dibuat, tentunya akan ada berbagai tantangan yang harus dihadapi baik dari internal maupun eksternal, sesuai karakteristik medan kerja dan tingkat kerumitan dari proyek tersebut.

“Dengan prinsip kerja melayani sepenuh hati dan fokus, astungkara proyek dapat diselesaikan dengan baik, sehingga dapat menembus klien lokal maupun ekspatriat dari Asia, Australia, Eropa dan Amerika”, ujar Made Adhi.

Perusahaan yang beralamat kantor di Jl. Akasia XVI No. 130 X Denpasar Timur ini, telah mengerjakan berbagai proyek komersial maupun private project seperti Rumah tinggal, Vila, Restoran, dan beberapa bangunan komersial lainya yang tersebar di beberapa wilayah Bali dan luar Bali.

Tawarkan Jasa All in One

Sebagai kontraktor umum, PT Adhi Graha Jaya kerap mengerjakan proyek All in One, alias mulai dari tahap perencanaan dan desain sampai ke tahap pelaksanaan / pengerjaan yang tentunya dengan harga yang bersaing sesuai spesifikasi dari setiap proyek. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pemilik atau klien untuk menyesuaikan kemampuan budget yang dimiliki agar dapat lebih hemat karena hanya berurusan dengan satu pihak sehingga lebih efisien dan praktis. Selain itu arsitek dan kontraktor dapat lebih mudah memastikan bahwa desainnya bisa terwujud sesuai dengan anggaran yang ditetapkan serta tentunya sesuai dengan target waktu yang ditentukan.

 

Dalam kegiatan pembangunan tentunya memerlukan perencanaan yang matang dimulai dari penuangan ide atau keinginan klien, lalu dituangkan ke dalam desain. Fase ini bisa dikatakan memegang peranan yang sangat penting karena bertujuan untuk menghasilkan sinkronisasi antara konsep yang diinginkan oleh klien dengan visualisasi desain yang dikerjakan oleh tenaga arsitek. Karena itu, menurut Made Adhi diperlukan kemampuan komunikasi yang baik saat menyerap keinginan klien agar dapat menghasilkan output yang sesuai harapan.

Untuk dapat memberikan pelayanan maksimal dan berkualitas, Made Adhi melakukan komunikasi langsung dengan klien-kliennya adalah hal yang utama untuk menyerap dan mendiskusikan perkembangan baik dalam perencanaan terlebih proyek pada tahap pelaksanaan / dikerjakan. Sedangkan bagi klien yang berdomisili di luar daerah maupun di luar negeri, Made Adhi melakukan komunikasi secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini yang memungkinkan semua pihak yang terlibat bisa join meeting tanpa harus dibatasi oleh jarak waktu dan lokasi / tempat semua bisa dilakukan secara bersamaan.

Menjaga Kepercayaan Klien

Made Adhi menjelaskan bahwa kunci keberhasilannya dalam membangun usaha adalah kerja keras dan menjaga kepercayaan dari setiap klien mulai dari proses awal sampai selesai, dengan cara menunjukan tanggung jawab dan menjaga komitmen kedua belah pihak, sehingga ekspektasi klien bisa terpenuhi dan dapat memberi nilai lebih (Value) yang tidak semata-mata materi, tetapi setiap klien merasa kita ada dan bisa menjadi bagian dari solusi. Hal ini terwujud ketika secara estetika hasilnya maksimal dan semua komponen dalam suatu bangunan bisa berfungsi dengan baik dan maksimal. Menurutnya kepuasan klien adalah harapan dari hasil kerja keras yang paling berharga dan menjadi kebanggaan bagi kami.

“Bisa dikatakan bahwa perkembangan usaha ini tidak terlepas dari kepercayaan customer yang dengan senang hati mau mengenalkan dan mempromosikan kami dari mulut ke mulut ke setiap orang, terutama kerabat atau teman yang membutuhkan jasa desain atau kontruksi, sehingga klien merasa puas dengan hasil pekerjaan kita”, ujar Made Adhi.

Masa Muda hingga Meniti Karier

Perjuangan karier pria lulusan Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Warmadewa ini, dapat dikatakan tidak mudah dan tidak instan lantaran sebelum tamat kuliah sudah bekerja di kontraktor, melalui proses yang panjang dan penuh dengan tantangan dan lika-liku. Semangat untuk terus melangkah walaupun berbagai rintangan menghadang dihadapi dengan motivasi kuat berharap bisa mengubah taraf kehidupan keluarga. Memang sejak kecil ia hidup dalam lingkungan sederhana di desa sehingga ia pun bertekad untuk bisa memajukan ekonomi keluarga.

Made Adhi lahir dan bertumbuh di sebuah desa di Tampaksiring, Gianyar. Sampai di bangku SMP, ia tinggal bersama orangtuanya yang merupakan petani penggarap. Pria yang sejak kecil sudah mengenal kerja keras dengan memelihara hewan ternak ini kemudian melanjutkan sekolahnya di STM Singaraja. Saat itu menjadi awal mula perkenalannya dengan dunia luar (merantau) yang kondisinya berbeda dengan kampung halamannya.

Sejak merantau ke Singaraja, Made Adhi semakin tertarik dengan dunia konstruksi yang merupakan program studi yang ia pilih selama sekolah di sana. Lantaran mempelajari hal yang menjadi passion-nya itu, Made Adhi dapat meraih prestasi akademik, yaitu dengan rutin meraih juara di kelas. Kemampuannya tersebut kemudian menjadi modal utama untuk melamar kerja setelah ia menamatkan diri di bangku STM dan dengan semangat yang kuat di tahun ke-2 bekerja, memutuskan untuk melakukan kuliah sambil kerja.

Di perusahaan tempatnya bekerja, Made Adhi banyak mendapatkan pengalaman khususnya di bidang konstruksi. Setelah beberapa tahun mendapatkan pengalaman kerja sebagai staff lapangan, ia mulai memberanikan diri untuk menerima proyek secara mandiri. Hal itu dilakukannya sejak tahun 1998, di mana ia baru menawarkan jasa secara freelance.

Seiring dengan kepercayaan yang didapat dari setiap klien, merupakan modal promosi secara tidak langsung dari mulut ke mulut (word of mouth), sehingga Made Adhi yakin untuk mendirikan perusahaan berbadan usaha resmi bernama CV Adhi Graha Design pada tahun 2008, hingga seiring waktu berjalan, badan usahanya di tahun 2018 di-upgrade menjadi PT Adhi Graha Jaya. Ia tidak lagi bekerja sendiri dan dibantu oleh team work yang solid dan mau bekerja sama dan bekerja keras sesuai tanggung jawabnya masing-masing mulai dari Manager, Site Manager, Quality Surveyor, Team Design, Team Logistic, Keuangan sampai Driver, bekerja saling bahu membahu dengan motto dan motivasi yang sama.

Sebagai pengusaha dalam mengembangkan perusahaan di bidang yang ia sukai, Made Adhi pun berpesan kepada para generasi muda saat ini untuk berani berproses memperjuangkan bidang usaha yang ditekuni sehingga menjadi sebuah passion yang disenangi dan disukai untuk mereka perjuangkan untuk dijadikan sebagai karier masa depan dan mau bersaing secara sehat. Lewat pengalamannya ia membuktikan dengan bekerja dan fokus pantang menyerah maka saat menghadapi rintangan apapun seseorang tidak akan mudah menyerah dan terus semangat dan meyakini suatu saat pasti akan berhasil sesuai yang diharapkan dan dicita-citakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!