Orang Tua adalah Motivator Utama Sejak Dini

Hidup di dunia ini harus memiliki tujuan yang pasti, berawal dari mimpi besar yang diangankan kemudian berusaha memperjuangkannya. Mimpi itu gratis, tanpa perlu biaya yang harus dikeluarkan, namun untuk menggapainya dibutuhkan usaha dan perjuangan yang sungguh-sungguh. Prinsip itulah yang selalu diajarkan oleh orang tua pria yang bernama I Wayan Sastra Astawan atau yang kerap disapa Sastra.

Sastra adalah pria kelahiran Tabanan 10 Mei 1989 yang mendapat didikan dan motivasi sejak kecil oleh orang tua. Terlahir dari lingkungan keluarga yang akademis, Ayah berprofesi sebagai Guru Agama Hindu dan Ibu berprofesi sebagai Guru Sekolah Dasar membuatnya mendapat arahan dari orang tua untuk terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ia lulus dari masa putih abunya di SMA Negeri 2 Tabanan, Sastra bingung akan melanjutkan perkuliahannya di universitas mana dan di bidang apa.

Akhirnya setelah berdiskusi bersama kedua orang tuanya, Sastra memutuskan untuk memilih jurusan farmasi di Universitas Surabaya. Teman kuliahnya mayoritas keturunan chinese, sehingga sembari kuliah ia diajarkan ilmu bisnis dari teman kuliahnya saat itu. Sastra merasa bahwa apabila setelah lulus dari perkuliahannya ia tidak harus menjadi seorang apoteker, justru ia ingin merintis sebuah usaha bisnis.

Betul saja, di tahun 2018 ayahnya membangun sebuah tempat rekreasi di lahan kosong miliknya. Proses pembangunannya cukup rumit karena lahan yang digunakan adalah lahan miring dan medan menuju lokasi sangat kecil. Namun, karena tekad dan jiwa semangat api yang membara dalam membangun tempat rekreasi itu, akhirnya tempat rekreasi itu berhasil dibangun, lalu diserahkan pada Sastra untuk ia kelola dan tempat rekreasi itu diberi nama “Wahana Sambhrama Ashram”.

Wahana Sambhrama Ashram adalah tempat rekreasi kekinian yang berlokasi di Senganan, Penebel, Tabanan, Bali. I Wayan Sastra Astawan Owner Wahana Sambhrama Ashram Tempat rekreasi ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WITA di setiap harinya. Fasilitas Wahana Sambhrama Ashram bisa dikatakan cukup lengkap, karena menyediakan fasilitas di antaranya; tempat parkir, toilet, spot foto, restaurant, swing, flying fox, skybike, kolam renang, taman kelinci, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang ada di Wahana Sambhrama Ashram.

Untuk dapat menikmati keindahan alam dan wahana adventure yang menguji adrenalin wisatawan yang berkunjung di Wahana Sambhrama Ashram, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 15.000 per orang bagi anak-anak. Harga tiket itu sudah termasuk biaya spot foto, kolam renang, taman kelinci, dan lainnya kecuali wahana adventure.

Sastra mengatakan bahwa di masa pandemi ini jumlah wisatawan yang berkunjung di Wahana Sambhrama Ashram mengalami penurunan secara drastis. Sebelum pandemi Wahana Sambhrama Ashram selalu dipadati oleh wisatawan di setiap harinya, terlebih saat weekend. Namun, di masa pandemi saat ini wisatawan tidak seramai dulu lagi meskipun saat weekend.

Meski saat ini berada di masa sulit, Sastra tetap bersyukur karena Wahana Sambhrama Ashram masih tetap berjalan dan sangat berharap agar pandemi ini segera berlalu, sehingga pariwisata kembali pulih dan Wahana Sambhrama Ashram bisa kembali eksis lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!