5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Majalah Bali | Siapa yang tidak ingin punya kulit sehat? Kulit yang segar dan bersih selain dapat menunjang penampilan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tapi kondisi kulit yang sehat tentu tidak datang begitu saja, melainkan perlu perawatan yang konsisten.

Kulit akan mengalami fase regenerasi setiap 27 hari. Saat siklusnya berakhir, kulit perlu dibersihkan agar sel kulit mati tidak menumpuk. Sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, dan kotoran bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering. Cara termudah dalam menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari paparan sinar matahari berlebih, membersihkan kotoran yang melekat setiap hari, dan mengkonsumsi sumber nutrisi alami yang baik untuk kulit.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. Zat antioksidan dapat ditemui pada brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, ubi merah, apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, dan stroberi.

Sedangkan untuk perawatan dari luar, lakukan beberapa langkah berikut ya:

1. BERSIHKAN WAJAH SECARA TERATUR

Setelah seharian beraktivitas di luar ruang, membersihkan wajah jadi langkah paling penting untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus tampak lebih muda. Bersihkan hingga seluruh kotoran, minyak, dan sisa kosmetik benar-benar terangkat sempurna.

Kamu bisa membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih yang dijual bebas. Untuk hasil maksimal disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, saat siang dan sebelum tidur.

2. GUNAKAN PELEMBAB

Menjaga kelembaban kulit adalah langkah berikutnya yang harus dijalani untuk menjaga kesehatan kulit. Pelembab wajah dan kulit umumnya memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Pelembab dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembaban alaminya. Oleskan pelembab setiap selesai mandi, setiap selesai membersihkan wajah, dan kapanpun jika dibutuhkan.

3. GUNAKAN TABIR SURYA

Tabir surya merupakan salah satu senjata untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari dampak negatif sinar matahari. Sinar matahari tentu saja baik karena bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Namun jika terus menerus terpapar sinar matahari (sinar ultraviolet A atau B) tanpa perlindungan, warna kulit bisa berubah.

Kulit yang terbakar bisa menjadi hitam dan kusam. Selain itu, terkena sinar matahari yang mengenai kulit tanpa perlindungan juga memperbesar risiko kanker kulit. Tabir surya yang tepat dapat digunakan untuk mengurangi risiko ini. Gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 15 sebelum keluar ruangan. Aplikasikan kembali tabir surya itu dua jam sesudahnya bila saat itu kami masih berkegiatan di bawah sinar matahari langsung.

4. KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Mengganti camilan harian dengan pilihan makanan sehat bernutrisi tinggi adalah cara berikutnya untuk menjaga kesehatan kulit. Jika sebelumnya kamu memilih donat sebagai camilan, coba sesekali ganti dengan smoothies sayuran atau tomat potong. Tomat mengandung likopen yang punya fungsi menjaga elastisitas kulit. Sedangkan sayur-sayuran mengandung antioksidan yang dapat menjaga kulit terlihat muda dan sehat.

5.TIDUR CUKUP

Cara menjaga kesehatan kulit yang berikutnya adalah dengan tidur yang cukup. Kolagen yang dihasilkan saat tidur akan meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan membuat kulit tetap lembab dan lembut. Tidur juga membantu sirkulasi tubuh jadi lebih baik. Sirkulasi yang baik akan membuat nutrisi mengalir dan mencegah kulit jadi kusam.

Bagaimana, mudah bukan? Intinya adalah melakukan semua tips di atas dengan konsisten. Yuk mulai menjaga kesehatan kulit hari ini dan dapatkan manfaatnya kemudian.

 

Sumber: Https://www.dbs.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!