Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Menghargai Diri Sendiri

Majalah Bali | Buddha Gautama juga berkata, “Jika kasih sayang kita miliki tidak termasuk untuk diri sendiri, itu tidak lengkap.” Ya, ketika kita menghargai atau menghormati diri sendiri, maka dunia akan melakukan hal yang sama kepada kita. Hargai dan hormati segala yang kita punya, termasuk diri sendiri karena itu adalah aset terbesar di dalam hidup. Berikut adalah alasan-alasan mengapa kita harus menghargai diri sendiri:

  • Membantu membangun kepercayaan

Sikap menghormati dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Jika kita sedang berada dalam kelompok yang mendominasi orang lain, maka kita akan kalah. Namun, ketika kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka kita dapat menghadapi segala situasi.

  • Belajar menerima saran dan kritik

Dengan menghargai diri sendiri, maka kita akan terbiasa menerima kritik atau masukan dari orang lain. Kritik yang kita dapatkan pun akan dengan cara yang jauh lebih baik. Kritik tentunya membantu kita dalam memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.

  • Belajar untuk tidak membandingkan diri

Jika kita menghargai diri kita dan semua yang kita punya, maka kita tidak akan membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita akan yakin bahwa setiap individu memiliki keunikannya masing-masing, termasuk diri kita sendiri.

  • Belajar untuk mengenali kualitas diri

 Menghargai diri sendiri juga dapat mengajarkan kita mengenali kualitas diri. Kita akan tahu kelemahan dan kekuatan kita, sehingga ketika kita menghadapi masalah, kita dapat melaluinya dengan baik dengan menggunakan kekuatan yang kita miliki.

  • Belajar merawat diri dengan baik

Hal ini jelas, saat kita menghargai diri kita, maka kita akan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan pada diri kita. Perawatan pun tidak hanya sekedar fisik, namun juga pikiran.

 

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus menghargai diri.Setiap orang pasti punya kelebihan diri masing-masing terlepas dari apa hal buruk yang ada pada diri kita.Jadi berfikirlah positif dan hargai diri sendiri.

 

Sumber: https://intisari.grid.id

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!