Wujudkan Hunian Impian Bersama Somia Design

Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika seseorang hendak membangun rumah idaman. Mulai dari desain bangunan dan interior rumah, budget yang harus dipersiapkan, siapa yang akan menjadi penanggung jawab, hingga tenggat waktu menyelesaikan pembangunannya. Semua itu bukan menjadi suatu persoalan apabila menggunakan jasa seorang arsitek. Salah satu biro jasa desain arsitektur berpengalaman di Bali yaitu Somia Design Studio siap membantu dalam mewujudkan hunian impian dengan mengusung filosofi “Design for every body is design for nobody”.

Pencetus Somia Design adalah seorang arsitek yang telah berpengalaman selama 20 tahun dalam hal mendesain rancangan suatu bangunan. Sosok bertalenta itu bernama Gede Ngurah Widi Adnyana, arsitek asli Bali namun cukup lama berkarier di Jakarta maupun di luar negeri. Ia mendirikan Somia Design Studio sebagai wadah berkumpulnya para arsitek profesional berjiwa muda dan siap menerima tantangan baru dari setiap proyek yang dipercayakan kepada mereka.

“Nama Somia Design Studio resmi digunakan pada tahun 2012. Nama tersebut saya ambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti membuat sesuatu menjadi lebih baik”, ujar Widi Adnyana.

Pria lulusan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengakui sengaja tidak menggunakan namanya sendiri untuk nama usaha. Hal itu lantaran ia ingin agar setiap arsitek yang berkarier bersama Somia Design mendapat rasa memiliki atau sense of belonging serta bangga berkarya di bawah bendera Somia Design.

Ia menambahkan bahwa saat ini Somia Design Studio hanya menawarkan jasa konsultasi untuk pengerjaan proyek konstruksi dan belum menerima penawaran untuk proyek pembangunan secara keseluruhan atau dikenal dengan istilah Design and Build. Menurutnya, meskipun arsitek dan kontraktor diharapkan dapat bekerja sama dengan baik namun dalam hal badan usaha sebaiknya berdiri masing-masing. Arsitek dapat semaksimal mungkin menuangkan semua ide dan kreativitas profesionalnya untuk memenuhi dan mewadahi kebutuhan serta keinginan owner. Selain itu, sistem pengawasan lebih baik karena melibatkan 3 pihak- owner, arsitek dan kontraktor, sehingga meminimalisir konflik kepentingan.

Prinsip kerja tim arsitek Somia Design yaitu profesional dalam bertanggung jawab dan selalu menyesuaikan kebutuhan proyek dari para klien. Menyadari bahwa setiap klien memiliki preferensi yang berbeda mengenai desain bangunan idaman, arsitek Somia Design pun menanggapi kebutuhan dan karakteristik khusus dari setiap klien. Maka salah satu filosofi kerja yang diusung adalah “Design for every body is design for nobody”.

Studio arsitek yang berlokasi di Jl. Tukad Badung V No. 4A, Renon, Denpasar ini telah merambah seluruh Indonesia dengan proyek-proyek di Bali, Jakarta, Surabaya, Labuan Bajo, Sumba Barat  dan wilayah Indonesia lainnya. Proyek Somia biasanya terkonsentrasi di tempat tinggal pribadi, resor, hotel, dan bangunan komersil lainnya. Selain mengerjakan desain dan konsultasi arsitektur, Somia Design juga menawarkan jasa desain interior.

Perjalanan Karier

Widi Adnyana selaku satu-satunya principal di Somia Design telah mengantongi pengalaman 20 tahun berkarier sebagai arsitek profesional.  Awal perkenalanya dengan dunia arsitektur saat melanjutkan kuliah di Jurusan Arsitek, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) di Bandung. Ia lulus tepat waktu dan langsung terjun di dunia karier. Pekerjaan perdana yang ia lakoni adalah sebagai arsitek di PT Airmas Asri di Jakarta.

Pada tahun 2006, Widi diterima di salah satu perusahaan yang berkantor di Singapura. Sejak itu ia mendapat pengalaman bekerja dengan para profesional lainnya bertaraf internasional. Lantaran mulai kesulitan mengatur waktu ia pun memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang menaunginya. Setelah kembali dari Singapura Widi memulai membuat sebuah biro kecil enam tahun kemudian tepatnya pada tahun 2012 widi mencetuskan nama yaitu Somia Design, karena tuntutan suatu proyek yang mengharuskan dirinya memiliki nama usaha. Widi berharap ke depannya melalui biro jasa yang masih berskala kecil, Somia Design, ia semakin dipercaya untuk menangani proyek-proyek berskala besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!