Walau dengan Keterbatasan Ingin Tetap Menjadi Sukses

Keterbatasan bukan menjadi alasan untuk menyerah dalam menjalani kehidupan, tapi keterbatasan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk maju dan meraih sukses. Walau rintangan dan juga godaan hidup selalu menyertai, tetaplah semangat, berjuang, optimis dan selalu bersyukur dengan hasil yang kita dapatkan.

Made Raka Jadnyana atau yang kerap disapa Oka, merupakan seorang pria penuh perjuangan yang lahir di Denpasar pada 2 Mei 1951. Oka merupakan anak kedua dari delapan bersaudara, ia dilahirkan oleh sang Ibu yang bernama Ni Nyoman Sukri dan Ayahnya yang bernama I Ketut Melor. Oka memulai pendidikan sekolah dasar di SD Munggu, kemudian melanjutkan di SMP Saraswati, dilanjutkan pendidikan SMA di SMA SLUA dan akhirnya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Kartini Surabaya dengan jurusan teknik industri.

Sebelum menjadi seorang pengusaha dibidang ekspedisi dan kargo atau yang sering disebut transport, Oka masih bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan keterbatasan yang ada membuat Oka harus lebih mandiri dalam menjalankan kehidupan. Semua pahitnya hidup yang ia jalani semasa kecil sudah menjadi hal yang biasa bagi dirinya. Karena semangat juangnya dalam mengubah hidup, Oka akhirnya bisa sukses dan menikmati kenyamanan dari usaha yang ia kembangkan hingga kini.

Sebelum terintisnya usaha yang dikembangkan oleh Oka, tentunya ia banyak mendapatkan tempaan hidup yang menyiksa batin dan juga fisiknya. Walau seperti itu, ia menjalankannya dengan ikhlas dan diimbangi rasa syukur. Awal perjalanan Oka dalam bekerja di Karya Express, salah satu perusahaan ekspedisi di Surabaya. Ia menjalankan pekerjaan itu karena ingin mengubah hidupnya agar lebih baik. Seiring waktu berjalan dan banyaknya pengalaman yang didapat dari pekerjaan ekspedisi barang dan jasa yang ia lakoni. Akhirnya ia memutuskan untuk membuka ekspedisi sendiri dan terbentuklah sebuah nama usaha kebanggaan dari Oka, yaitu CV Purnama Bali. Usahanya berpusat di Surabaya dan memiliki kantor cabang di Bali dan hingga kini usahanya masih tetap bergerak untuk melakukan Ingin Tetap Menjadi Sukses pelayanan bagi customer yang membutuhkan jasa ekspedisi barang-barang tertentu.

Semua usaha pasti ada risikonya, begitupun usaha ekspedisi yang dijalankan oleh Oka yang memiliki risiko yang tinggi dalam menjalankan ekspedisi ke luar daerah. Selain risiko, juga ada ketidakpuasan customer dalam menerima barangnya yang tidak sesuai pesanan. Walau hal tersebut tak jarang terjadi, Oka tetap menghadapinya dengan optimis. Perjuangan untuk mengubah hidup dari keterbatasan menjadi kemampuan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Inilah bukti dari keterbatasan yang dimiliki bisa menjadi peluang meraih sukses. Walau banyak rintangan menghadang, tetaplah semangat dan berjuang dalam menjalaninya. Oka berpesan agar nantinya generasi muda tetap semangat dalam menempuh kehidupan, jangan pernah putus asa dan lakukanlah hal yang diinginkan asalkan itu merupakan sesuatu yang bersifat positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!