Tips Aman Menjaga Kesehatan Mata Saat Bermain Ponsel

Intensitas dan lamanya mata menatap layar ponsel akan berpengaruh terhadap kesehatan mata. Layar ponsel dapat menyebabkan mata terasa kering, panas, berair, bahkan katarak, ini dikarenakan ponsel bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik yang menimbulkan radiasi di sekitar kepala terutama mata.

Efek panas dari gelombang tersebut dapat menimbulkan akibat buruk pada mata, terlebih untuk penggunaan yang berlebihan. Lebih jauh lagi, ada laporan yang menyatakan bahwa (panas radiasi elektromagnetik) bisa meningkatkan risiko kanker di dalam mata.

ini ada beberapa tips aman dalam menggunakan ponsel agar mata tetap aman :

1. Jaga jarak pandang

Jarak pandang aman menggunakan ponsel adalah 30-40 cm dari mata. Hal ini sama dengan jarak pandang saat membaca buku. Bagi Anda yang menggunakan kacamata, sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata sesuai dengan ukuran masing-masing agar jarak ideal tetap bisa diterapkan.

2. Sering berkedip

Jangan lupa untuk mengedipkan mata saat menatap layar ponsel. Hal ini penting untuk mencegah mata menjadi kering.

3. Istirahatkan mata

Setelah menatap ponsel selama 20 menit, usahakan untuk mengambil rehat atau jeda dengan tidak menggunakan ponsel sehingga mata dapat beristirahat sejenak.

4. Atur tampilan layar

Pastikan pengaturan layar Anda nyaman untuk digunakan. Gunakan font yang mudah untuk dibaca. Atur ukuran font agar tidak terlalu besar dan tidak terlau kecil sehingga dapat dibaca dengan mudah oleh mata kita.

Demikian pula dengan tingkat kecerahan atau brightness. Atur brightness yang sesuai dengan keadaan penggunaan, misalnya saat di dalam ruangan atau di luar ruangan kebutuhan akan berbeda. Pastikan brightness tidak terlalu gelap dan terlalu terang.

5. Gunakan Screen Protector

Screen protector pada layar ponsel Anda penting untuk meminimalisasi pancaran cahaya yang berlebihan. Dengan menerapkan tips-tips di atas, akan penting dan efektif dibandingkan dengan mengonsumsi vitamin untuk mata dan menggunakan kacamata pelindung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!