Tips Aman Berlibur dengan kendaraan di Malam Hari

Mengemudi malam hari biasanya jadi pilihan buat Anda yang hendak bepergian jauh untuk menghindari macet terutama saat musim liburan tiba.

Berangkat malam sebetulnya cukup efektif sehingga perjalanan jadi lebih lancar, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya perjalanan Anda di malam hari aman dan lancar.

  1. Pastikan Kondisi Alat Penerangan Kendaraan Berfungsi Baik

Sebelum berangkat pastikan kondisi mobil optimal, terutama sistem penerangan yang berperan vital bagi perjalanan malam hari. Cek lampu sein, lampu rem, dan lampu depan mobil. Jika ada salah satu lampu tidak berfungsi, segera perbaiki.

  1. Kondisi Tubuh Fit

Pastikan kondisi badan Anda fit. Sebaiknya sempatkan dahulu untuk tidur siang secukupnya.

  1. Ajak Teman yang Bisa Mengemudi Kendaraan yang Sama

Bawa teman dan usahakan salah satunya yang dapat mengemudi sehingga dapat bergantian ketika merasa letih. Teman juga dapat diajak ngobrol untuk mengusir kantuk Anda.

  1. Pahami Rute yang Akan Dilalui

Pastikan Anda memahami rute yang akan dilalui. Jika baru pertama kali melalui rute jalan yang akan dilewati, lajukan mobil dengan kecepatan wajar. Ngebut di jalan yang baru pertama kali dilewati sangat beresiko. Kita belum paham letak tanjakan, turunan, tikungan, jalan berlubang, dan lainnya.

  1. Jangan Berkendara Ketika Mengantuk

Bila mengemudi kemudian mengantuk, lakukan treatment yang bisa menghilangkan kantuk. Berhenti sejenak dan lakukan pemanasan ringan dapat membantu Anda mengusir kantuk.

  1. Gunakan Lampu Jauh Seperlunya

gunakan lampu jauh seperlunya. Penggunaan lampu jauh sangat sensitif sekali bagi pengendara dari arah berlawanan.

  1. Jangan Lengah Ketika Jalan Sepi

Perhatikan kondisi jalan di malam hari biasanya relatif sepi. Jangan lengah untuk mencegah kecelakaan dan kejahatan di jalan. Kita juga harus mewaspadai prilaku tak menentu dari pengemudi lain saat malam hari misalnya melaju dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu beri lebih banyak ruang untuk mereka.

  1. Beristirahatlah Sebentar setiap 2 Jam Sekali

Bila menempuh perjalanan jauh, berhentilah secara rutin tiap dua jam untuk mengistirahatkan mata dan tubuh. Jangan lupa juga menjaga etika dan aturan berkendara di jalan raya. Bila Anda sering melakukan perjalanan di malam hari, periksalah kesehatan mata secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!