Tetap Produktif dan Setia Melayani dan Menjaga Kepercayaan Customer Selama Enam Belas Tahun

Toko Roti Wahyuni Ubung merupakan usaha yang turun dari orang tua, kemudian diteruskan oleh Ni Wayan Surya Lestari, anak pertama dan satu-satunya perempuan dari tiga bersaudara. Sebelum akhirnya ia putuskan untuk melanjutkan usaha, ternyata saat di masa sekolah dasar, ibunya sudah wanti-wanti menanyakan kepada anak-anaknya, siapa yang akan meneruskan usaha tersebut. Justru, Surya Lestari yang pertama kali menimpali, bahwa ia tidak mau melakukan pekerjaan tersebut.

Sebelum memiliki usaha berjualan kue, orang tua Surya Lestari sudah memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan di kelas ekonomi menengah ke bawah yang cukup untuk biaya sehari-hari dan biaya sekolah. Sembari sebagai karyawan, ibunya yang awalnya memiliki hobi membuat kue untuk keluarga, mencoba memberanikan diri untuk menjajakannya kepada masyarakat umum, meski tidak ada latar pendidikan di bidang tersebut. Kue-kue yang dijual ibunya sebagian besar berupa kue basah, yang dititipkan di warung, toko-toko kue dan pasar. Saat Surya Lestari di bangku sekolah dasar, ia pun ikut menitipkan kue di kantin sekolahnya.

Beranjak di bangku SMP, ibunya memilih meninggalkan pekerjaan sebelumnya dan lebih fokus berjualan kue. Jejak tersebut kemudian diikuti ayahnya dan keduanya fokus berbisnis. Ibunya yang berkreasi membuat kue, sedangkan ayahnya bertugas berkeliling dari toko ke toko. Setelah menamatkan kuliah dari Jurusan Manajemen Agribisnis di Institut Pertanian Bogor, Surya Lestari yang awalnya ingin bekerja di sebuah perusahaan, tak mampu menolak permintaan ibunya yang sakit saat itu untuk meneruskan usaha. Meski diakui olehnya, ia tidak memiliki passion dalam membuat kue, berbeda halnya dengan berjualan, Surya Lestari tak keberatan untuk menawarkan kue buatan ibunya tersebut.

Di tangannya, berbagai jajanan meliputi roti, kue basah, kue kering, cake kemudian tak lagi ia jajakan secara berkeliling. Secara perlahan, Surya Lestari kemudian mendirikan tokonya, lokasi pertama, Toko Roti Wahyuni Dalung, Toko Roti Wahyuni Ubung dan Toko Roti Wahyuni Nangka. Masingmasing beralamat di Jl. Raya Padang Luwih Pertokoan Sutera Mas Kav. A7, Dalung, Kuta Utara | Jl. Cokroaminoto No.263, Ubung | Jl. Nangka Utara No.307, Tonja, Denpasar Utara.

Di tengah kondisi pandemi yang belum dipastikan kapan akan berakhir, Surya Lestari berupaya tetap mempekerjakan karyawannya, dalam melayani pemesanan kue untuk acara maupun dibeli eceran. Meski penghasilan yang didapat menurun hingga 50%, ide terbaik menghadapi kondisi tidak stabil seperti ini adalah tetap bekerja dan berusaha mencoba sistem online. Upaya lainnya, Surya Lestari dan para karyawan tetap tekun menjalani hari-hari dengan kegiatan positif demi menjaga kepercayaan 16 tahun bersama customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!