Terus Melaju Hadapi Tantangan Dunia Transportasi – Platinum Wisata Trans

Meski memiliki modal yang minim saat membuka usaha, bukan menjadi sebuah alasan untuk mundur. Adalah Putu Gede Putra bersama rekannya, memutuskan untuk berhenti menjadi seorang karyawan, rutinitas yang menjenuhkan bagi mereka. Kemudian membangun sebuah usaha transportasi berlabel Platinum Wisata Trans.

Sebelumnya Putu Gede Putra dan rekannya, bekerja di sebuah dealer terkemuka yang berbeda. Entah kesekian berapa ia bertemu konsumen pengusaha, belum lagi titik jenuh yang mulai ia rasakan, mendorongnya ingin segera berhenti menjadi seorang karyawan. Diawali dengan modal yang minim, Putu Gede Putra membeli tiga unit bus ukuran medium saat itu. Ia kemudian tak lupa bersama rekannya memasarkan usahanya tersebut dimulai dari orang-orang sekitar, seperti teman dan yang terpenting travel agent, demi mempermudah masyarakat atau pun wisatawan dalam melakukan pemesanan.

Sebelumnya ia sempat mencoba segmen khusus bus berukuran lebih besar, namun ternyata tak semudah memikirkannya, sehingga kurang memberikan hasil yang menjanjikan dan memilih untuk fokus dengan bus ukuran medium berkapasitas 35 penumpang yang lebih aktif beroperasi. Meski sempat mengalami penurunan, namun Platinum Wisata Trans tak hanya dipercaya untuk mengantarkan wisatawan asing berwisata, tapi juga permintaan tirta yatra masyarakat lokal.

Pada dasarnya tujuan dari usaha adalah untuk menciptakan kepuasan para pelanggan. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan manfaat, di antaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan terbentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi perusahaan. Hal inilah yang mendasari perkembangan Platinum Wisata Trans yang telah memiliki 10 armada bus ini, namun tak juga menampik, era digital yang semakin marak sebagai ajang promosi pun dimanfaatkan, melalui media sosial.

Setelah selama enam tahun berdiri, Platinum Wisata Trans tentu tak lepas dari tantangan-tantangan membangun bisnis, misalkan datang dari wisatawan China yang kedatangannya kadang mengalami penurunan, mengingat persaingan antara pemilik bus wisata semakin marak, sehingga harus diimbangi dengan kedatangan wisatawan dari negara lain.

Memberi fasilitas bus yang siap jalan, kualitas, kenyamanan, dan keamanan, menjadi strategi pemasaran utama Platinum Wisata Trans menyikapi regulasi pemerintah tentang harga jasa yang dapat membantu para pengusaha lokal. Namun yang terpenting dalam peraturan adalah menjaga dalam penegakan peraturan tersebut. Kuncinya semakin peraturan ditegakkan, kemungkinan kedepannya pengusaha lokal semakin berjaya di negeri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!