Tak Hanya Memicu kanker, Merokok juga Menyebabkan Resiko Kebutaan

Tak Hanya Memicu kanker, Merokok juga Menyebabkan Resiko Kebutaan

Tidak hanya menyebabkan kanker, merokok terus menerus juga bisa memicu seseorang mengalami kebutaan, menurut dokter dari the All India Institute of Medical Sciences.

Mengutip laman Boldsky, Rabu (6/9/2017), beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Selain itu, merokok selama 5 atau 10 tahun, dapat memiliki efek serius pada vena mata dan dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Dr Atul Kumar, pimpinan Dr Rajendra Prasad Center for Ophthalmic Sciences (AIIMS) mengatakan bahwa merokok menyebabkan kebutaan ireversibel.

“Banyak orang tahu merokok dapat menyebabkan kanker, namun belum banyak yang sadar bahwa merokok menyebabkan kebutaan,” ucap Dr Kumar.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari orang-orang yang datang ke AIIMS dengan masalah penglihatan dan kehilangan penglihatan setiap tahun, sekitar 5 persen kasus terkait dengan kebiasaan merokok.

Dr Kumar mengatakan bahwa survei kebutaan nasional di India sedang dilakukan bekerjasama dengan Union Health Ministry. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data tentang orang-orang tuna netra di India.

Menurut Praveen Vashisht, yang bertanggung jawab atas Community Ophthalmology, pengumpulan data telah selesai di 19 kabupaten di 30 distrik yang dipilih untuk survei tersebut.

Survei ini diharapkan selesai pada Juni tahun depan. Hasil survei diharapkan dapat menyadarkan orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Be first to comment