Sensasi Menyantap Seafood Segar di Dekat Pelabuhan – Benoa Fish Market

“Nenek moyangku seorang pelaut. Gemar mengarungi luas samudera…” Petikan syair tersebut tentu tidak asing di telinga kita. Lagu yang kerap diperkenalkan di kalangan anak-anak itu, mengingatkan bahwa generasi pendahulu bangsa ini adalah masyarakat yang menggantungkan perekonomian pada sumber daya kemaritiman. Meski saat ini, perekonomian di Bali lebih banyak bersumber dari sektor pariwisata, namun industri perikanan di Bali masih diminati oleh para pegiat usaha di Pulau Dewata. Salah satunya ialah Eka Harsana, seorang enterpreneur muda yang mengemas produk hasil laut berkualitas ekspor menjadi panganan yang bisa diminati kalangan masyarakat lokal.

Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mengekspor hasil tangkapan laut ke mancanegara. Pada tahun 2017, tercatat Bali mengekspor hasil perikanan dan kelautan sebesar USD326,57 juta atau sekitar 48,05 persen dari total nilai ekspor Bali. Nilai tersebut menunjukkan potensi yang besar dari sumber daya alam kelautan Pulau Dewata.

Potensi inilah yang digarap secara serius oleh seorang pengusaha bernama Eka Harsana. Ia melihat peluang yang tidak kalah dari pasar lokal. Selama ini, hasil tangkapan laut yang berkualitas tinggi sebagian besar dikirim ke luar negeri untuk diekspor. Sementara permintaan terhadap produk serupa juga datang dari market dalam negeri. Melihat kesempatan yang ada, Eka pun membuka sebuah tempat yang tidak hanya menjual hasil tangkapan laut yang segar, juga menyediakan dalam bentuk masakan yang menggugah selera.

Benoa Fish Market

Jika selama ini Jimbaran dan Kedonganan dikenal sebagai destinasi wisata kuliner bagi penggemar seafood, namun ternyata di Denpasar pun tersedia tempat makan yang menyajikan olahan hasil tangkapan di laut. Surga bagi pecinta seafood itu bernama Benoa Fish Market. Berlokasi di Jalan Pelabuhan Benoa No 8, Denpasar, Bali ini, tidak hanya merupakan tempat makan, tetapi juga pasar modern yang menjual berbagai jenis hasil tangkapan laut, seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan kerang.

“Saya mendirikan sebuah tempat berkonsep fish market di Benoa agar berdekatan juga dengan perusahaan penangkapan ikan yang berada di dalam Pelabuhan Benoa. Sengaja juga saya buatkan restoran agar tamu yang memesan ikan di fish market bisa langsung menyantap produk yang dibeli,” ujar Eka Harsana.

Ia menuturkan bahwa produk yang ia tawarkan merupakan hasil tangkapan sendiri. Hasil tangkapan laut datang dari kapal milik perusahaan yang dikelola keluarganya. Sehingga mutu kualitas dan kesegaran produk terjamin hingga ke tangan konsumen. Tidak hanya memenuhi pasar ekspor dan kebutuhan di fish market, Eka juga mengatakan bahwa produknya juga disuplai ke beberapa hotel berbintang di Bali.

“Kami menjamin kualitas produk yang disajikan di fish market serupa dengan yang kami hadirkan di hotel-hotel ternama di Bali. Sehingga konsumen kami dapat menikmati produk berkualitas tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau,” tutur pria kelahiran Denpasar, 17 Februari 1991 tersebut.

Tampilan restoran yang beroperasi mulai pukul 10.00-22.00 Wita ini didesain minimalis dan rapi. Area restoran dengan kapasitas 60 orang ini terbagi menjadi dua area, yakni indoor dan outdoor. Bagi pengunjung yang menyantap hidangan di area outdoor, dapat menikmati view dari wahana watersport yang ada di Wake Park dengan danau buatannya.

Menu andalan di tempat ini yang menjadi signature dish adalah Seafood Platter yang isinya sudah lengkap. Ada ikan dori, udang, kerang, cumi, nasi, dan sayuran. Ada juga menu paket untuk keluarga yang bisa disantap hingga lima orang, yakni Family Bakar Benoa. Dalam satu porsinya sudah terdapat ikan kakap, udang, cumi, kerang, nasi, dan kangkung.

Selain menu-menu di atas ada juga pilihan hidangan lainnya yang tak kalah menggugah selera makan. Seperti Crispy Skin Red Snapper ditemani saus lemon. Ikan kakap diolah sehingga kulitnya terasa renyah dan mempertahankan tekstur di dalamnya tetap lembut. Saus lemon menambah rasa cita rasa hidangan ini sehingga menjadi lebih gurih, segar, dan nikmat. Selain itu tersedia pula aneka pizza yang menggunakan olahan seafood sebagai topping. Seperti Seafood Pizza yang terdiri dari tuna, udang, cumi, jamur, black olive, paprika, saus tomat, dan diberi tambahan keju mozarella yang meleleh.

Generasi Penerus

Bergelut di bidang kuliner, khususnya yang berfokus pada produk hasil tangkapan laut, Eka mengaku terinspirasi dari sepak terjang generasi pendahulunya. Ternyata ia merupakan cucu dari seorang pelaut yang banyak menghabiskan usianya mengarungi lautan untuk menangkap ikan. Sementara Sang Ayah merantau ke Bali, juga berkarir di bidang yang tak jauh dari industri perikanan dan kelautan.

“Ayah saya dulu sempat bekerja di bagian pemeliharaan kapal. Setelah bertahun-tahun bekerja akhirnya dipercaya duduk di posisi manager. Dari situlah ayah saya mengumpulkan modal untuk membeli kapal sendiri. Hingga sekarang memiliki beberapa buah kapal penangkapan ikan,” kenang Eka.

Melihat perjuangan orangtuanya yang begitu besar dalam upaya meningkatkan taraf hidup keluarga mereka, Eka pun tidak mau menjadi generasi penerus yang terjebak pada zona nyaman. Ia mengupayakan kemandirian lewat berwirausaha, dimulai dari bisnis di bidang kuliner. Spesifikasi usahanya pun masih berkorelasi dengan usaha keluarganya.

“Saya membeli hasil tangkapan dari kapal ayah saya. Sehingga memunculkan relasi bersifat saling menguntungkan dalam usaha ini,” imbuh Eka.

Dalam mengelola bisnis, tentunya diperlukan leadership yang baik guna mengarahkan sumber daya manusia yang ada agar perusahaan dapat mencapai target yang ditentukan. Eka menerangkan bahwa dirinya tidak menerapkan kepemimpinan yang kaku dalam perusahaannya. Setiap staf karyawan boleh memberikan masukan kepada dirinya. Hal itu dapat menjadi bahan pertimbangan baginya untuk memunculkan inovasi dalam berusaha.

Terakhir, Eka berpesan kepada generasi muda yang tengah berjuang mengejar asa, baik lewat berwirausaha atau bekerja sebagai karyawan, untuk tidak mengabaikan kekuatan doa. Menurutnya, kerja keras dan ketekunan akan membawa hasil yang maksimal apabila dibarengi dengan doa-doa yang tulus kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!