Sensasi Bermain Air Di Tengah Suasana Pedesaan – Kembengan Sari Waterpark

Selama ini tempat wisata selalu di identikkan dengan Badung Selatan. Padahal, wilayah Badung bagian utara juga tidak kalah menyimpan pesona wisata yang mengagumkan. Melihat potensi yang ada di daerah kelahirannya itu, I Putu Yudhi Antara, S.E dengan sigap menggarap peluang yang ada. Ia mengembangkan aktivitas pariwisata di Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Wisata rekreasi bernama Kembengan Sari Water Park tersebut terletak di Jalan Luwus, Petang. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Denpasar atau bisa ditempuh dalam 1 jam perjalanan. Lokasinya sangat mudah diakses karena sarana jalan yang sudah sangat bagus. Dari pasar umum Desa Petang, pengunjung tinggal belok kiri sekitar 1,5 km akan di jumpai pertigaan dan terlihat spanduk petunjuk lokasi kembengan sari yang hanya berjarak 300 meter saja.

Sesuai namanya, Kembengan Sari Water Park menawarkan wahana rekreasi berbasis wisata air. Tidak hanya sekedar berenang di kolam, pengunjung juga dapat memacu adrenalin mereka lewat fasilitas seluncuran yang disediakan di tempat tersebut.

Tak sedikit water park yang dikembangkan di Pulau Dewata, namun Yudhi Antara, S.E selaku pemilik Kembengan Sari tetap optimis mengembangkan tempat wisata tersebut. Lantaran Kembengan Sari Water Park memiliki nilai plus yaitu taman rekereasi air yang berada di tengah alam yang masih asri. Suasana pedesaan menyambut para pengunjung tatkala memasuki Desa Petang hingga masuk ke area taman rekereasi.

Sejak dibuka pada Mei 2018, Yudhi mengaku tidak mematok secara khusus target market yang ingin diraihnya. Ia terbuka pada pengunjung dari kalangan mana saja, baik mancanegara, domestik, maupun masyarakat lokal sekali pun.

“Warga dari desa ini atau desa tetangga pun jika datang kemari akan kami layani sebagai tamu dengan keramahtamahan yang sama kami berikan pada pengunjung mancanegara mau pun domestik,” ujar Yudhi.

Demi mengakomodir pengunjung dari semua kalangan, Yudhi pun memasang tarif yang terbilang murah dibandingkan dengan tempat wisata serupa lainnya yang ada di Bali. Meski harga tiketnya terjangkau, pengunjung akan puas bermain air di tengah kesejukan alam Badung Utara.

Wisata Agro

Untuk ukuran sebuah wahana wisata air yang berlokasi di pedesaan, fasilitas yang tersedia di kembengan sari sudah cukup memadai. Fasilitas yang tersedia, antara lain 1 kolam untuk memancing, 1 kolam renang untuk dewasa (dengan water slide), 1 kolam anak-anak (dengan water slide), restoran, pancuran untuk berbilas, toilet, dan rest area atau tempat peristirahatan. Tidak hanya menyediakan tempat wisata air, Yudhi juga mengembangkan aktivitas lainnya di atas lahan seluas 12 hektar tersebut. Salah satunya wisata agro yang terdiri dari aktivitas petik buah. Kegiatan memetik buah yang dibudidayakan di desa tersebut seperti durian, manggis dan jeruk.

Yudhi juga menjelaskan pihaknya mengakomodir instansi atau masyarakat umum yang hendak berwisata secara masal di tempatnya. Tempatnya itu bisa dijadikan tempat wisata outbound. Di area yang berhawa sejuk, aktivitas outbound atau team building akan terasa lebih maksimal.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati sensasi berkemah di tempat tersebut. Yudhi pun siap memfasilitasi mereka yang ingin camping bersama kerabat, keluarga, maupun rekan kerja. Ada pula wisata lainnya seperti cycling atau bersepeda serta berjalan kaki di area perkebunan dan juga sawah di sekitar dengan daya tarik pemandangan alam yang indah serta sumber air yang bisa langsung diminum langsung.

Kehadiran Kembengan Sari Water Park dan Wisata Agro tersebut menambah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Dewata. Selain itu kegiatan pengembangan pariwisata yang dilakukan Yudhi di desa asalnya hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi kekinian di Bali untuk ikut serta memajukan pariwisata di daerah agar pembangunan pariwisata dapat merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!