Puluhan Tahun Melayani Kebutuhan Generator Set Terpercaya di Pulau Dewata

Kebutuhan terhadap suplai listrik yang terjamin untuk kegiatan usaha maupun industri memunculkan permintaan dalam hal penyediaan sumber listrik cadangan. Peluang ini pun dikembangkan oleh pengusaha bernama Tedhi Christianto lewat usahanya PT Mitra Haente Diesel. Perusahaan yang telah berjalan selama hampir 20 tahun ini bergerak dalam bidang penjualan Generator Set. Mengandalkan pelayanan yang bersahabat serta kualitas produk yang terjamin, klien-klien usahanya pun tersebar di berbagai daerah di Bali. Khususnya para pelaku usaha yang bergerak di industri pariwisata.

Pulau Bali sebagai destinasi utama dunia mengandalkan sektor pariwisata sebagai penopang perekonomian daerah. Banyak kegiatan usaha yang terkait dengan industri pariwisata seperti akomodasi, tempat rekreasi, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu permintaan atau kebutuhan listrik sangat luar biasa untuk mendukung kegiatan usaha tersebut. Hanya saja dalam praktik di lapangan, kerap terjadi pemadaman listrik sehingga mengganggu mempengaruhi kinerja usaha yang mereka miliki.

Para pelaku usaha pun mencari solusi permasalahan pemadaman listrik secara mendadak dengan menggunakan alternatif lain demi menjalankan usaha mereka. Alternatif yang sering digunakan sebagian besar masyarakat adalah menggunakan Generator Set atau Genset sebagai pengganti listrik yang dialirkan dari PLN jika terjadi pemadaman secara mendadak. Selain sebagai listrik cadangan saat pasokan arus listrik mati, genset yang bersifat mudah dipindahkan juga diperlukan untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk acara berskala besar.

Tedhi Christianto menyadari bahwa permintaan terhadap genset di masyarakat menjadi suatu peluang menjanjikan. Hal itu pula yang memantapkannya untuk keluar dari zona nyaman sebagai karyawan dan memutuskan mendirikan usaha sendiri di bidang penjualan genset. Dengan dorongan dan bimbingan dari saudara istri yang seorang pengusaha dari Surabaya, tepatnya pada tahun 2001 ia mengawali usahanya yang masih berskala kecil hingga berkembang menjadi perusahaan berbentuk perseroan terbatas bernama PT Mitra Haente Diesel.

Produk Genset Berkualitas Mitra Haente Diesel

Tidak sulit menemukan showroom Mitra Haente Diesel karena lokasinya yang strategis yakni di Jl Mahendradata Selatan No 11, Denpasar. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam bidang Generator Set, di mana produk Genset Mitra Haente Diesel sudah dilengkapi dengan Automatic Shutdown Device yang secara otomatis melindungi mesin bila sewaktu-waktu terjadi beberapa kendala. Permasalahan yang sering terjadi antara lain temperatur tinggi (over heating), oli tidak melumasi dengan sempurna (low oil pressure) atau kebocoran oli, maupun putaran tinggi (over speed protection) pada produk tertentu. Sehingga bila terjadi kendala tersebut, maka sensor bekerja secara otomatis dan mesin akan mati dengan sendirinya.

Meskipun menawarkan jaminan mutu dan kualitas produk, namun Tedhi Christianto mengatakan bahwa pihaknya tetap memberikan garansi pada setiap produk mereka. Hal ini untuk menjamin kenyamanan pelanggan yang telah mempercayakan kebutuhan genset mereka di Mitra Haente Diesel.

Selain menjualkan unit genset serta jasa instalasi, perusahaan ini juga menawarkan jasa perawatan genset agar selalu optimal selama digunakan. Teknisi berpengalaman dari Mitra Haente Diesel juga siap melaksanakan jasa perbaikan genset serta menyediakan sparepart bila ada kerusakan. Selain itu tersedia jasa soundproofing atau instalasi peredam suara atau kebisingan pada ruangan mesin genset. Serta jasa perakitan panel listrik (single operation, ATS/ AMF, synchron).

Sedangkan bila ada kalangan masyarakat yang ingin menyelenggarakan event yang membutuhkan daya listrik sangat besar, Mitra Haente Diesel juga menawarkan penyewaan genset. Hal ini dapat meminimalisir anggaran yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara sekaligus menjamin pasokan listrik tetap tersedia untuk mendukung keberlangsungan usaha.

Perjalanan Usaha

Sebelum terjun ke dunia usaha dan menekuni bidang genset, Tedhi Christianto terlebih dahulu mengantongi pengalaman belajar di perusahaan sejenis. Baru pada tahun 2001 ia memutuskan untuk membuka usaha secara mandiri. Ia mengatakan untuk memulai usaha, dirinya hanya memiliki modal yang terbatas. Namun keberanian dalam mengambil risiko membuatnya nekat untuk berwirausaha.

“Saya melihat peluang yang cukup besar di Bali. Kebutuhan terhadap cadangan listrik semakin meningkat seiring dengan perkembangan kegiatan industri pariwisata di Bali”, ujar pria yang awalnya bekerja di sebuah hotel di daerah Kuta tersebut.

Lanjutnya, di awal usaha ia menumpang tempat pada kantor milik saudara di Jl Imam Bonjol. Selanjutnya ia beberapa kali berpindah-pindah lokasi usaha, hingga yang terakhir di Jl Mahendradata Selatan. Suami dari Tina Sutjiadi ini mengatakan bahwa perjuangan usahanya tidaklah mudah.

Saat merintis usaha ia harus berkeliling menawarkan produknya dari satu hotel ke hotel lainnya. Seiring dengan semakin banyak klien yang telah membuktikan kualitas layanan serta produk darinya, usahanya pun semakin bertumbuh. Dari hanya memiliki satu orang karyawan, kini SDM yang bekerja di perusahaannya telah mencapai 15 orang.

Menurut Tedhi, keberhasilan yang diraihnya saat ini meruapakan campur tangan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu merupakan hasil dukungan dari keluarga, kerabat, serta masyarakat yang telah memberikan kepercayaan pada Mitra Haente Diesel sebagai mitra penyedia genset berkualitas dan terpercaya di pulau Dewata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!