Profesionalisme Tiga Bersaudara di Balik Kesuksesan Usaha Jasa Konstruksi

Adanya anggapan bahwa relasi persaudaraan dalam bisnis akan menyebabkan konflik di kemudian hari. Hal itu berusaha ditepis oleh Made Wishnu Mahendra, ST., beserta dua saudara lainnya. Kuncinya adalah saling menjaga kepercayaan baik dalam hubungan personal maupun profesional. Terbukti, ia dan kakaknya yang bernama Gede Agus Mahardhika, ST., beserta sang adik, Nyoman Yogiswara Mahaputra, ST., berhasil mengembangkan perusahaan PT Dharma Inti Karya yang telah meraih kepercayaan dari berbagai pihak.

Sama-sama jebolan Fakultas Teknik, trio bersaudara ini juga sama-sama memiliki jiwa entrepreneurship. Hal itu yang mebuat mereka akhirnya sepakat mendirikan usaha bersama-sama. Padahal bisa dikatakan karier masingmasing terbilang cemerlang di perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya. Namun keinginan untuk keluar dari zona nyaman dan menerima tantangan sebagai pengusaha membulatkan tekad mereka resign dari pekerjaan sebelumnya kemudian mengibarkan bendera usaha bersama-sama.

Sebelum meresmikan PT Dharma Inti Karya pada tahun 2011, trio kakak adik itu sudah sering mengerjakan proyek bersama. Bila salah satu menerima tawaran proyek, maka akan menggandeng dua saudara lain untuk membantu mengerjakan.

Setelah mengibarkan bendera usaha bersama, mereka pun membagi peran sesuai kompetensi masing-masing. Made Wishnu Mahendra bertindak selaku Direktur Utama, sementara adiknya Nyoman Yogiswara berperan sebagai Direktur. Sedangkan kakaknya Agus Mahardika duduk selaku Komisaris perusahaan. PT Dharma Inti Karya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, arsitektural bangunan, serta Mekanikal dan Elektrikal (ME).

Seiring dengan perkembangan dunia arsitektur, PT Dharma Inti Karya juga menyediakan jasa pembuatan 3D modeling untuk menunjang bidang utama. Perusahaan yang beralamat kantor di Jl. Karya Makmur Blok Perintis No. 88 Ubung, Denpasar ini telah menangani berbagai proyek konstruksi perumahan, vila, hotel maupun gedung kantor di Bali dan di luar daerah. PT Dharma Inti Karya menyediakan jasa one stop service, mulai dari tahap perancangan, pelaksanaan hingga pemeliharaan.

“Konsistensi kami untuk selalu menjaga kualitas dan waktu penyelesaian pekerjaan menjadikan kami sebagai yang terdepan dalam penyedia jasa konstruksi terbaik di Indonesia khususnya di Bali”, ujar Wishnu Mahendra.

Ia menambahkan, uuntuk dapat melayani kerjasama di seluruh Indonesia, pihaknya mendirikan kantor cabang di Serpong Utara, Tangerang Selatan. Tepatnya pada Mei 2018 lalu. Tentunya dengan ekspansi usaha ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan usaha dengan semakin banyaknya pengguna jasa yang mempercayakan pekerjaan mereka pada tim profesional PT Dharma Inti Karya.

Didikan Orangtua

Wishnu mengatakan kekompakan yang senantiasa terjalin antar saudara merupakan hasil dari didikan dari orangtua. Pria kelahiran Denpasar, 9 Mei 1981 ini mengatakan sedari kecil ia dan saudara-saudara diarahakan untuk selalu akur dan tidak egois dengan para saudara. Orangtuanya pun tidak pernah membuat kesenjangan di antara saudarasaudaranya yang lain sehingga tidak pernah timbul kecemburuan sosial satu dengan lainnya.

Meski ayahnya berprofesi sebagai dokter, namun Wishnu dan dua saudara yang lain lebih tertarik terjun ke dunia konstruksi. Memang orangtuanya selalu mengedepankan independensi kepada keempat putra mereka untuk memilih keputusan, termasuk soal pendidikan. Wishnu yang tertarik di bidang menggambar memilih melanjutkan sekolah ke Jurusan Teknik Arsitektur, sedangkan kakak dan adiknya menekuni Teknik Sipil. Namun secara garis besar bidang profesi mereka satu arah yaitu jasa konstruksi. Sementara adik bungsu Wishnu yang lain memilih mengikuti jejak karier sang ayah di Kedokteran.

Wishnu mengatakan bahwa bidang jasa konstruksi bukanlah hal yang asing di keluarganya. Sebelum dirinya, kakek dari pihak ibu merupakan salah satu dari segelintir kontraktor yang baru berkembang di Bali pada masa orde baru. Sehingga perjuangan mereka di masa kini cukup banyak terinspirasi dari kisah perjalanan usaha kakeknya di masa dulu.

Wishnu berharap usahanya dapat lebih maju dan berkembang serta dapat menjadi yang terbaik di bidang jasa konstruksi di Indonesia. Demi mewujudkan harapan tersebut tentunya ia telah menerapkan beragam strategi, mulai dari menggencarkan pemasaran hingga meningkatkan kualitas dan profesionalitas kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!