Potensi Generasi Muda dalam Berwirausaha

Majalah Bali – Enterpreneur | Berawal dari sebagai staf di sebuah hotel di Kuta, I Ketut Sentara kemudian memberanikan diri membuka usaha beberapa tahun kemudian.

Keberaniannya timbul, karena sebagai masyarakat lokal ia ingin berperan dalam membangun Kedonganan, desa kelahirannya. Setelah dipikiran dengan matang dan seksama masa depan bisnis yang akan ia bangun di Bali, pikirannya semakin terbuka dan ia semakin tahu bahwa masyarakat lokal pun memiliki peluang besar untuk membuka usaha.

Tentang PT. Wira Buana Sakti

Wira Buana Sakti merupakan bisnis pertama yang didirikan Ketut Sentara yang mampu ia pertahankan hingga saat ini. Di tahun pertamanya membangun industri supplier wine, jenis usaha ini masih sangat jarang. Tapi ia tetap berani mengambil keputusan untuk mengambil peluang tersebut, walau dengan modal seadanya.

Dalam membangun bisnisnya, Ketut Sentara mendapat dukungan dari BPD Bali untuk memulai usahanya yang beralamat di Jalan Setra 2B, Jimbaran, Kedonganan. Ia kemudian menyasar restoran-restoran kecil, kemudian merambah hotel berbintang, hingga saat ini setelah berjalan sekian tahun, PT. Wira Buana Sakti sudah memiliki pelanggan di kawasan Kuta, Sanur, Jimbaran sekitar 100 pelanggan.

Sebagai bisnis pengimpor anggur Bali, PT. Wira Buana Sakti terus meningkatkan kualitas produk agar dapat mendapat kepercayaan dari restoran-restoran, hotel, cafe dan bisnis makan sejenisnya. PT. Wira Buana Sakti menyediakan pilihan anggur eksklusif dan berkualitas dari seluruh dunia dari wilayah kilang anggur yang terkenal seperti anggur Australia, Chili, dan Perancis. Tersedia secara luas untuk memanjakan anggur dan pengalaman bersantap kepada pelanggan Anda. PT. Wira Buana Sakti pun telah berkomitmen untuk menjadi distributor anggur terbesar dengan memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Tidak berhenti di bisnis wine, Ketut Sentara kemudian tertarik untuk berbisnis eksport ikan. Ide ini timbul sejak pemerintah mulai menerapkan peraturan untuk meningkatkan industri perikanan Indonesia. Pria yang memiliki nama panggilan Rai Sentara ini, kemudian menggali lebih banyak informasi dari media sosial maupun media cetak. Setelah mendapat informasi yang cukup, ia semakin yakin bahwa bisnis ini memberikan peluang usaha yang besar. Sekitar 2 tahun lalu, bisnis ini pun memberi hasil yang cukup baik hingga saat ini.

Lahir dari Anak Nelayan

Lahir di Desa Kedonganan, yang merupakan daerah penghasil ikan terbaik di Bali, mau tidak mau Ketut Sentara banyak menghabiskan masa mudanya membantu orangtua yang bekerja sebagai nelayan. Sebuah pengalaman berharga yang tak akan mudah ia lupakan seumur hidupnya, karena banyak pelajaran yang dapat ia cerna dan bermanfaat dalam perkembangan karir maupun menjadi sosok yang lebih bermanfaat bagi orang banyak.

Sebagai bukti, PT Wira Buana Sakti pun membentuk oraganisasi tingkat desa, atas sepengetahuan bendesa adat Kedonganan. Pembentukan organisasi bertujuan untuk memberi kesempatan kepada generasi muda untuk berkreatifitas mengembangkan bakat mereka terutama dalam mengembangkan usaha, agar sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

Hal pertama yang dikerjakan pria yang hobi memancing ini adalah mewadahi calon-calon pengusaha, atau pedagang. Sedikit tidaknya para pengusaha yang sudah ada dapat memberi contoh kepada masyarakat. Setelah organisasi ini dapat mencapai hasil maksimal, barulah ia lebih percaya diri untuk membawa organisasi ini hingga menjangkau ke luar desa, untuk mengumpulkan anak muda berbakat sesuai dengan bidang yang mereka geluti, minimal melalui organisasi ini mereka dapat nemenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Khusus di Kedonganan, Ketut Sentara ikut senang dan bersyukur kepada generasi muda sudah sebagian besar memiliki pekerjaan, di berbagai bidang. Akan tetapi kembali kepada visi misi organisasi, ia menginginkan agar generai muda dapat membuka usaha di tanah kelahiran mereka sendiri. Dalam hal ini, generasi muda harus memiliki prinsip berani mengambil resiko, kerja keras dan disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!