Pesta Kesenian Bali 2019 Gelaran Festival Termegah dan Terbesar di Bali bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo

Pesta Kesenian Bali 2019 Gelaran festival termegah dan terbesar di Bali akan kembali dilaksanakan di tahun 2019. Diadakan selama sebulan, Pesta Kesenian Bali menjadi agenda penting bagi wisatawan dan penikmat kesenian di penjuru Bali bahkan Nusantara.

Pergelaran seni budaya bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pesta kesenian akbar ini bakal dimeriahkan seniman asli Bali hingga mancanegara.

Jokowi akan melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) pada Sabtu (15/6) pukul 14.00 WITa. Jokowi kemudian akan membuka Pesta Kesenian Bali di gedung Ardha Candra Taman Budaya Bali pada malam harinya pukul 20.00 Wita.

Masyarakat pun tak ketinggalan memberikan waktu dan tenaganya untuk PKB. Pasalnya, kegiatan ini sudah melekat sebagai jiwa dan identitas Bali selama puluhan tahun sejak 1979. Seniman, masyarakat, wisatawan, serta peliput berita akan tumpah ruah memadati jalan. Mereka berebut mengambil andil dalam pelaksanaan PKB.

Tiap kota dan kabupaten diwajibkan mengirim delegasi untuk menampilkan karya seni. Panitia juga harus memeriksa dan memastikan persiapan tiap daerah secara berkala. Mengingat PKB melibatkan begitu banyak kelompok seni dan membutuhkan koordinasi yang cukup. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk evaluasi dari PKB di tahun sebelumnya. Mereka berusaha menghadirkan PKB yang baru, meriah dan megah.

Pesta Kesenian Bali itu bakal digelar pada 15 Juni-13 Juli 2019. Tema yang akan diusung yaitu Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin. Akan diadakan pawai, parade, sarasehan, workshop ini medium penyelenggaraannya dirancang mulai tanggal 15 Juni-13 Juli.

Pesta kesenian akbar itu bakal diikuti 11 seniman mancanegara yaitu Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea dan lainnya. Koster mengatakan dekorasi PKB ke-41 ini dirancang bebas bahan plastik sekali pakai dan sterefoam atau lebih banyak menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu, janur, aneka bunga.

Dekorasi PKB juga bakal difokuskan pada penggunaan warna: hitam, putih, dan merah (warna Tridatu). Koster mengatakan stan pesta kesenian ini bakal digratiskan dan bakal bermuatan kearifan lokal.

Kalau dulu dikenakan biaya sewa start tahun ini tidak lagi dikenakan sewa stan, dulu ada sewa juta Rp 5-6 juta sekarang tak lagi dikenakan biaya sewa karena saya ingin betul-betul wahana ini namanya juga pesta jadi peserta yang ikut betul-betul menjalankan aktifitas dengan sukacita kegembiraannya tidak ada beban.

Pameran PKB tahun ini bakal diikuti oleh 304 peserta dan 4 ribu seniman dari berbagai daerah. Peserta pawai terdiri dari Kontingen ISI Denpasar, SMKN 3 Sukawati, Gianyar, partisipan luar daerah/luar negeri dan kontingen dari 9 kabupaten/kota se-Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!