Peran PT. SARANA BALI VENTURA dalam Membangun TOKOH Perekonomian Bali

Sarana Bali Ventura merupakan bagian dari lembaga keuangan Indonesia yang bergerak di sektor pembiayaan untuk perusahaan produktif. Di antara lembaga keuangan non bank lainnya, perusahaan modal ventura memiliki keunikan yakni diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan penyertaan saham.

Jauh sebelum Indonesia mendirikan perusahaan modal ventura, Perusahaan Modal Ventura sudah sukses membesarkan perusahaan-perusahaan di negeri Paman Sam seperti Microsoft, IBM dan sebagainya. Pada tahun 1993 di Indonesia didirikan sebuah Perusahaan Modal Ventura yaitu PT. Bahana Artha Ventura (BAV) yang merupakan anak perusahaan PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia atau PT. BPUI (Persero) sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negera (BUMN). PT. BAV merupakan cikal bakal berdirinya Perusahaan Modal Ventura Daerah di Indonesia.

Bahana Artha Ventura (BAV) merupakan pionir dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang mempunyai jaringan yang luas terdiri dari 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang merupakan afiliasi BAV, dari Aceh hingga Papua dengan ciri khas aturan nama yang telah ditetapkan yakni “Sarana Provinsi Ventura” dan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, loyal, berpengalaman serta sistem administrasi dan finansial yang terintegrasi dan komprehensif.

Sarana Bali Ventura adalah salah satu dari Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang didirikan pada 10 Desember 1994 oleh Bahana Artha Ventura bersama beberapa pengusaha yang peduli terhadap perkembangan UMKM di Bali dan atas prakarsa Menteri Keuangan Republik Indonesia. PT. Sarana Bali Ventura (SBV) mengemban amanah pemerintah untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pemberdayaan pengusaha pemula dan bisnis rintisan (start up), serta membentuk perusahaan-perusahaan baru dengan PT. SBV sebagai pemegang saham di dalamnya. Saat ini PT. SBV sedang mengembangkan usaha jasa wisata di Labuan Bajo, NTT melalui bendera PT. Komodo Escape Prawara (PT. KEP).

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya dimana letak perbedaan antara Perusahaan Modal Ventura (PMV) dengan Perbankan. Secara prinsip Perusahan Modal Ventura tidak boleh menghimpun dana pihak ketiga, PMV hanya boleh menyalurkan dana tersebut dalam bentuk investasi usaha produktif kepada perusahaan atau perorangan. Perbedaan lainnya yaitu modal perusahaan ini berasal dari pemegang saham, para kreditur serta menyalurkan dana Program Kemitraan dari beberapa BUMN. “Kami memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan modal yang dibutuhkan para pekerja keras untuk membangun usaha mereka sehingga dapat tumbuh menjadi perusahaan besar yang dapat ikut berpartisipasi dalam mengurangi pengangguran”.

I Made Gunawirawan selaku Direktur Utama PT. SBV berharap agar penyaluran dana PT. SBV tidak hanya menyentuh kepada sektor perdagangan, namun juga kepada pelaku UMKM pada sektor kerajinan, industry, jasa dan pariwisata.

Kantor Pusat PT. SBV berlokasi di Jalan Diponegoro No. 150, Komplek Genteng Biru Denpasar dan memiliki Kantor Cabang di Kabupaten Jembrana dan Buleleng. Kantor cabang ini berfungsi untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat, memberikan solusi bagi pelaku usaha kecil menengah untuk menjadi usaha yang besar dan mandiri serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah.

Sebelum menduduki posisi sebagai Direktur Utama, I Made Gunawirawan sempat bekerja di Bank Umum Swasta Nasional, beberapa jabatan sempat diemban, yakni sebagai Pimpinan Cabang di Bali dan Pimpinan Cabang di Makassar, serta Kepala Divisi Keuangan di Kantor Pusat Non Operasional di Jakarta.

Pada tahun 2001, Ayah dua orang anak ini melihat lowongan pekerjaan di PT. SBV. Demi berkumpul bersama keluarga dan memilih untuk mengembangkan karir di Bali, ia kemudian mencoba untuk mengajukan lamaran kerja dan akhirnya resmi bergabung menjadi Pengurus atau Direksi di PT. SBV sejak tahun 2001.

Ia berharap kedepannya, para generasi muda yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya akan mengisi posisi-posisi terbaik di PT. Sarana Bali Ventura sehingga dapat menyokong masa depan perekonomian yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!