Pelayanan Cepat Berstandar Internasional Jelajahi Nusa Penida Dengan Crown Fast Boat

Sebelum mantap membangun bisnis transpotasi air, I Ketut Rena dan keluarga memikirkan secara matang, tahap-tahap yang akan dilaksanakan. Agar dapat terus digerakkan dan memberikan manfaat dalam ekonomi kehidupan keluarga, maupun masyarakat sekitar wilayah, yang menjadi lokasi pilihan untuk mengembangkan usaha. Bersama keluarga pun diputuskan, untuk membangun Crown Fast Cruise, yang sekaligus menjadi sebuah media untuk pengembangan skill dalam bisnis, ia dan keluarga.

Dari aset peninggalan keluarga, I Ketut Rena sepakat untuk membangun sebuah bisnis. Ia yang memiliki latar belakang pariwisata kemudian ia jadikan tolok ukur untuk membangun bisnis di bidang pariwisata, khususnya sebuah transportasi laut, di bawah naungan perusahaan PT Bharuna Murti Utama.

Untuk menjajal bisnis ini dibutuhkan proses panjang dan matang ungkap pria kelahiran 21 Desember 1956 ini. Banyak hal yang perlu diperhatikan, meliputi lingkungan dan masyarakat setempat yang berkenan untuk dilibatkan dalam transportasi laut yang dirintis oleh keluarga Ketut Rena.

Tahap awal yang dilakukan Ketut Rena adalah survey kebeberapa tempat di antaranya Sanur, Serangan dan Kusamba. Setelah survey, di daerah yang menjadi lokasi tren kunjungan wisatawan asing dan lokal, ia kemudian melakukan pendekatan dengan orang-orang yang berpengalaman dalam bisnis ini, salah satunya Bapak Nyoman Sumantara dari Klungkung yang juga memiliki bisnis serupa.

Ketut Rena yang merupakan alumni dari Teknik Industri ini, kemudian memproduksi satu fast boat dengan kapasitas 70 seat di bulan Februari yang rampung pada bulan Agustus. Di bulan yang sama pra operasional pun dilaksanakan sekaligus sebagai perlabuhan perdana Crown Fast Cruise dilaksanakan di Toya Pakeh, Nusa Penida.

Selain di Toya Pakeh, Ketut Rena memiliki keinginan untuk melabuhkan kapalnya di pantai Banjar Nyuh, Nusa Penida. Namun ia paham betul, Crown Fast Cruise tidak akan memperoleh kepercayaan bila ia tidak menghormati kepentingan masyarakat dan kepala desa setempat. Terutama bagi masyarakat yang telah terlebih dahulu memanfaatkan lokasi, salah satunya dengan berbudidaya rumput laut. Ketut Rena sempat mendiskusikan hal tersebut dengan kepala desa dan masyarakat, alhasil ia harus memenuhi persyaratan yang tak mudah untuk mengembangkan Crown Fast Cruise di daerah tersebut.

Tahap selanjutnya, ia kemudian membangun fasilitas meliputi kantor, jembatan untuk berlabuh dan fasilitas pendukung lainnya yang akhirnya mampu dipenuhi sekitar tiga bulan. Tak berhenti sampai disana, Ketut Rena sebagai pimpinan perusahaan memiliki kewajiban untuk terus berupaya melakukan pembinaan dengan masyarakat yang masih awam bagaimana berkecimpung dalam dunia pariwisata, khususnya dalam bisnis fast boat cruise. Akan sangat disayangkan Nusa Penida dengan panorama alam pantainya yang indah, tidak diiringi dengan profesional masyarakatnya dalam menawarkan jasa pariwisata.

Terlebih, tak semua wisatawan memiliki karakter yang dapat menerima cara masyarakat yang saling serobot dalam menerima tamu yang mengunjungi wilayah mereka. Tak jarang ia menerima komplain dari wisatawan atas hal ini, sehingga keinginan untuk mengembangkan usahanya di daerah lain pun cukup sulit.

Namun Ketut Rena optimis, selama masyarakat memiliki sikap terbuka dan siap untuk menerima pembinaan yang akan memberikan mereka informasi lengkap dalam dunia pariwisata, ia yakin sebuah bisnis akan berjalan langgeng. Ketut Rena kemudian mewujudkan pertemuan tersebut bersama Jero Bendesa dalam forum banjar. Ketut Rena menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan Crown Fast Cruise, setelah melakukan kesepakatan, diputuskan Crown Fast Cruise menyewa tanah dalam waktu 10 tahun. Dan Desember 2017 mulai dilakukan pembangunan dan siap beroperasi di bulan Juni 2018 dengan segala fasilitas yang telah siap, namun untuk boat baru dapat beroperasi sejak Maret 2018, di Banjar Nyuh, Nusa Penida.

Crown Fast Cruises berlokasi di Jalan Pantai Matahari Terbit Pertokoan Arcade Kavling No. 8 Sanur Kaja transportasi wisata dengan sistem pelayaran cepat berstandar internasional dengan rute Sanur- Nusa Penida, berkomitmen menjadi sebuah layanan transportasi kapal andalan, dilengkapi dengan staf dan kru berseragam sebagai pembuktian keseriusan dalam memberikan pelayanan. Kapal ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan selama perjalananan yang hanya menghabiskan waktu selama 30 menit. Dengan kapasitas 70 seat penumpang dilengkapi dengan alat keselamatan, 2 unit life rafts, 4 unit Life Rings, first aid kid box, 80 jaket pelampung untuk dewasa, 5 jaket pelampung untuk bayi, 3 unit pemadam api, asuransi oleh PT. Jasa Raharja dan air mineral gratis.

Persaingan dalam transportasi laut diakui Ketut Rena memang begitu kuat, namun Crown Fast Cruise tak pantang arah untuk terus meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan menambah satu lagi fast boast pada bulan Agustus tahun 2018. Crown Fast Cruise juga terus mengupgrade perusahaan demi memenuhi tren dari wisatawan itu sendiri, agar tetap menjadi transportasi air pilihan wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk menjelajahi Nusa Penida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!