Paslon Dana-Dipa Kampanye Mulai Kuningan

Tahapan kampanye Pilkada Karangasem sudah dimulai, Sabtu (26/9) sore, bertepatan Hari Raya Kuningan. Untuk tahapan ini, pasangan calon (Paslon) I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa) mendapat jadwal lebih dulu.

Seperti diketahui, paket Dana-Dipa mendapat bagian kampanye lebih dulu setelah penetapan paslon dilakukan lebih dulu. Sementara untuk bakal pasangan calon (Bacalon) IGA Mas Sumatri-Made Sukerana (paket Massker) belum ditetapkan sebagai paslon sehingga tahapan kampanye baru dimulai awal Oktober.

Khusus kampanye awal Paslon Dana-Dipa, acara ditandai dengan simbolis pembukaan kain penutup baliho kampanye di depan kantor KPU Karangasem, sore hari. Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana menjelaskan, Dana-Dipa mendapatkan jadwal meliputi Kecamatan Manggis, Selat, Rendang, dan Sidemen. “Kampanye Dana-Dipa diawali dengan pemasangan Baliho paslon di KPU Karangasem,” ujar Krisna Adi Widana, Minggu (27/9).

Kata Krisna, paket Dana-Dipa menjalani tahapan normal dan akan menjalani masa kampanye 71 hari hingga 5 Desember. Sementara paket Massker menjalani tahapan perpanjangan karena sebelumnya mengalami penundaan tahapan. Sehingga ada pengurangan masa kampanye bagi bacalon yang diusung gabungan partai Koalisi Karangasem Hebat (KKH) Jilid II ini.

“Jadi paket Massker baru akan mendapatkan jadwal kampanye pada 6 Oktober mendatang setelah dilakukan penetapan, dan pengundian nomor urut paslon. Nanti tahapannya akan berjalan seirama sampai tahapan pencoblosan,” jelas komisioner asal Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem ini.

Ketua Harian Tim Kampanye Dana-Dipa, I Wayan Suastika mengatakan, agenda kampanye saat ini cukup padat dengan mendatangkan secara merata tiap kecamatan. Untuk hari kedua, Minggu (27/9), kampanye dilakukan dengan agenda simakrama (kunjungan) ke Kecamatan Karangasem, Abang, Kubu dan Bebandem. “Kita bagi dengan tugas, karena dalam waktu kampanye ini semakin banyak warga yang bisa ditemui,” ujar Suastika.

Dalam masa pandemi ini, kampanye dilakukan terbatas untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Pihaknya tak lupa menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Karangasem yang begitu antusias mengundang tim Dana Dipa.

“Kami juga minta maaf jika belum bisa tatap muka mengingat kampanye dibatasi. Protokol kesehatan wajib ditaati. Kami berharap semua undangan bisa kami datangi karena waktu masih panjang,” ujar Politisi PDI Perjuangan asal Banjar Juuk Legi, Kecamatan Selat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!