Optimis Menjajal PROSPEK PROPERTI di Bali

Tidak mudah pesimis tatkala tantangan menghampiri kehidupan. Demikian prinsip seorang Dewa Gede Adiputra, pengusaha diberbagai lini bisnis di Bali. Setelah berhasil mengembangkan usaha di bidang retail produk kosmetika, mendirikan klinik kecantikan, dan pabrik produk kecantikan. Kini ia menjajal peluang di industri properti. Padahal dalam situasi krisis akibat adanya pandemi Covid-19, banyak pelaku usaha properti yang bertumbangan. Pria asal Padangtegal, Ubud ini justru tetap optimis mengembangkan usaha “Urban Bali Property”.

Bisnis properti di Bali memang tengah mengalami masa surut. Namun menurut Dewa Adi, meskipun tidak banyak namun permintaan terhadap produk properti masih ada. Tinggal bagaimana sekarang memadukan strategi pemasaran dengan perencanaan target market yang tepat. Jika produk yang dipasarkan memiliki nilai keunggulan seperti desain yang menarik serta lokasi yang strategis, niscaya akan selalu ada peminatnya.

“Kami meyakini bahwa properti merupakan instrumen investasi yang menjanjikan dalam situasi apapun. Pasti akan selalu ada permintaan terhadap rumah mengingat populasi penduduk kian bertambah. Strategi dari kami adalah membangun unit rumah di lokasi yang strategis. Sebab selama ini faktor lokasi selalu menjadi bahan pertimbangan utama di kala calon konsumen ingin membeli rumah,” kata Dewa Adi menjelaskan.

Lanjut, suami dari Kadek Maharani Kemala Dewi ini mengatakan bahwa perusahaannya bernama Urban Bali Property telah memproduksi beberapa unit rumah dan ruko. Proyek yang diberi tagline “Urban Heaven Residance” berlokasi di pusat Kota Denpasar, tepatnya Jl. Tukad Balian Renon. Konsep hunian yang ditawarkan Urban Bali Property adalah tempat tinggal bergaya Bali Tropic yang sangat cocok bagi kaum urban milenial yang ingin mencari hunian nyaman dengan harga terjangkau.

Berkat perhitungan yang matang dan tepat serta kerja sama dengan para ahli di bidangnya, Urban Bali Property mampu bersaing sebagai pendatang baru di industri properti di Bali. Dewa Adi mengakui masih dalam proses belajar dalam mengembangkan bisnis di bidang ini. Sehingga ia akan terus memperbarui wawasannya mengenai tren market saat ini untuk mengembangkan unit-unit properti lainnya di masa depan.

Urban Company

Dewa Adi menuturkan bahwa pencapaian yang telah diraihnya bersama Sang Istri seperti saat ini tidaklah didapat secara instan. Terdapat suatu proses perjuangan yang panjang dan penuh lika-liku tantangan. Ia berkisah sebenarnya keluarganya banyak yang berkarir di industri pariwisata. Bahkan keluarganya mengelola usaha di bidang akomodasi di kampung halaman Dewa Adi. Melihat kompetisi di industri pariwisata yang semakin ketat, Dewa Adi memutuskan ingin mengembangkan karir di luar usaha pariwisata.

Saat berkuliah merupakan awal pertemuannya dengan wanita pujaan hati, Kadek Maharani Kemala Dewi. Setelah memutuskan melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius, mereka memutuskan untuk merintis karir wirausaha bersama-sama. Bisnis penjualan pakaian melalui media online menjadi pilihan dan ternyata hasil yang didapat sangat menguntungkan.

Semangat untuk mengembangkan bisnis bersama-sama semakin menggelora tatkala mereka memutuskan untuk menikah. Dewa Adi yang sempat berkarir di perusahaan finance dan lembaga keuangan daerah, akhirnya memutuskan mengembangkan usaha di bidang penjualan produk perawatan kecantikan. Ia dan Sang Istri membagi tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. Berkat kekompakan yang terjalin akhirnya usaha tersebut kian berkembang, terbukti dengan adanya peningkatan permintaan produk dari hari ke hari.

Sejak melakukan upaya rebranding produk, kini produk-produk kecantikan yang berlabel MS Glow tersebut kian diminati masyarakat. Penggemar produk ini tidak hanya datang dari para kaum hawa, para lelaki yang menyadari pentingnya kesehatan kulit pun menggandrungi produk-produk MS Glow. Euforia penjualan produk perawatan kulit wajah ini tidak hanya menguntungkan bagi Dewa Adi dan istri. Ia menyaksikan sendiri betapa pertumbuhan usaha ini merupakan kontribusi dari para reseller yang ikut menikmati keuntungan finansial dari bisnis tersebut.

“Banyak reseller kami yang merupakan ibu rumah tangga atau perempuan muda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan produk kami,” tutur ayah satu anak ini.

Hal itu mencerminkan bahwa usaha yang ia kembangkan telah membuka peluang ekonomi bagi masyarakat. Selain itu usaha-usaha lain yang dikembangkan berikutnya yaitu PT. Urban Indo Manufaktur, CV. Urban Beauty, CV. TUB Beauty, dan CV. Urban Bali Property juga telah membuka kesempatan kerja bagi banyak orang. Seluruh lini usaha yang dikembangkan di bawah bendera perusahaan “Urban Company” telah menyerap SDM sebanyak 300 orang tenaga kerja.

Sebagai salah satu pengusaha sukses di Bali, Dewa Adi tidak pernah lupa untuk selalu berbagi terhadap mereka yang membutuhkan. Menurutnya, segala sesuatu yang diraih saat ini adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa dan ia sendiri merupakan perpanjangan tangan beliau untuk membagi keberuntungan tersebut. Salah satu kegiatan sosial yang dilaksanakannya baru-baru ini adalah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. Donasi diberikan langsung Dewa Gede Adiputra yang didampingi istrinya Maharani Kemala kepada Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace).

Bantuan yang digagasnya bersama istri tersebut bertujuan meringankan beban masyarakat yang terdampak situasi pandemi, baik dari kalangan pekerja pariwisata, petani, maupun pelaku UMKM. Dana bantuan bersumber dari CSR perusahaan yang mereka rintis dan kembangkan selama ini. Kegiatan donasi kepada masyarakat Bali ini juga bersinergi dengan aparat Polda Bali untuk menyalurkan bantuan hingga ke pelosok daerah yang selama ini belum tersentuh bantuan sama sekali. Sehingga pada pelaksanaannya pemberian bantuan terhadap sesama krama Bali ini tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!