Nilai Tambah dan Layanan Terbaik Kunci Survive Hadapi Penurunan Bisnis

Melirik peluang usaha jasa Freight Forwarding dan Logistik menjadi salah satu keputusan tepat bagi Faried Riza Nusyirwan. Pasalnya kebutuhan terhadap jasa pengiriman logistik akan selalu ada selama kegiatan perdagangan tetap eksis walupun dalam tren penurunan akibat pandemi saat ini. Bahkan bisnis pengiriman logistik diprediksi akan terus bertumbuh seiring menjamurnya e-commerce. Peluang ini pun digarap dengan serius oleh Linitranss Logistics dengan selalu mengedepankan nilai tambah dalam kualitas layanan demi kepuasan pelanggan.

Faried Riza Nusyirwan merupakan Founder dan CEO dari PT Lini Trans Sejahtera. Perusahaan ini ia rintis setelah belasan tahun mengecap pengalaman bekerja di perusahaan serupa sebagai karyawan. Tentunya dengan bekal pengalaman dan jam terbang tinggi dalam pengelolaan bisnis Freight Forwarding dan Logistik sangat bermanfaat tatkala harus mengibarkan bendera usaha sendiri.

Setelah pensiun dini  sebagai karyawan di perusahaan multinasional tempat bekerja terdahulu, pada tahun 2015 pria yang akrab dipanggil Reza ini,  bekerja sama dengan beberapa rekannya untuk mendirikan Linitranss Logistics (PT Lini Trans Sejahtera). Reza memilih mengembangkan usahanya di Bali lantaran kecintaannya pada Bali dan memungkinkan adanya kegiatan pengiriman ekspor dan impor. Hal ini didukung oleh kegiatan industri pariwisata Bali di mana banyak turis yang membutuhkan jasa pengiriman logistik untuk dibawa ke negara asal mereka.

Linitranss Logistics  tidak sekedar menyediakan jasa shipping atau pengiriman saja. Perusahaan ini menawarkan jasa yang bergerak dalam bidang keagenan, distribusi, manajemen transportasi, pergudangan, removal (jasa pindahan), pengiriman dan juga impor secara menyeluruh dan lengkap. Disebut juga dengan istilah Supply Chain Managements. Pengiriman barang tersebut dapat dilakukan lewat jalur transportasi darat, laut maupun udara. Tak hanya melayani pengiriman ke luar negeri namun juga di lingkup domestik.

Sebagai perusahaan logistik,  Linitranss selalu siap untuk membantu proses kirim mengirim barang. Melalui dukungan  jaringan distribusi dan keagenan lengkap termasuk fasilitas pemesanan barang dan pemilihan supplier yang terpercaya, pelanggan tak perlu khawatir. Cukup menunggu barang hingga sampai di rumah atau alamat tujuan, tanpa perlu repot mengurus berbagai dokumen dan prosedur yang rumit di bea cukai dan masing-masing pelabuhan di setiap negara yang bisa berbeda-beda aturan dan ketentuannya.

Selain itu, perusahaan yang beralamat di Jl. Diponegoro 74-78 ini juga menyediakan layanan lainnya seperti manajemen logistik. Me-manage gudang seluas 12 Are, Linitranss Logistics  siap mengelola logistik  anda ketika sedang berada di gudang hingga pengiriman ke pelanggan. Ada pula layanan jasa lainnya yaitu perpindahan yang siap mengirimkan barang-barang dari rumah atau kantor lama ke tempat yang baru. Pun menyediakan jasa perpindahan hingga pengepakan barang untuk pelaku kegiatan pameran atau exhibition.

Optimis

Reza yang juga aktif di asosiasi logistik (ALFI) dalam bidang pendidikan dan SDM ini,  mengakui tantangan terberat selama belasan tahun menekuni bisnis di bidang logistik dan jasa pengiriman yaitu kompetisi usaha yang semakin ketat diperburuk dengan kondisi resesi global akibat pandemi Covid 19 ini. Namun dengan dukungan seluruh tim yang tangguh di perusahaan, dirinya selalu optimis mampu menghadapi persaingan selama kita konsisten memberikan nilai lebih dalam pelayanan dengan kualitas terbaik.

Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yaitu “Penyedia logistik lokal baru sebagai agen perubahan untuk mengikuti permintaan pasar”.

Sikap optimistik telah tertanam kuat dalam pribadinya sejak usia kanak-kanak. Pria yang bertumbuh di Salatiga ini merupakan salah satu siswa terpandai di masa sekolahnya. Ia selalu yakin meraih kesuksesan meskipun pada saat itu memiliki keterbatasan ekonomi. Namun keterbatasan yang ada justru membuatnya semakin semangat untuk belajar hingga meraih prestasi akademik maupun non akademik. Salah satu prestasi di bidang non akademik yang cukup membanggakan adalah menjadi wakil Indonesia sebagai finalis global “Young International Freight Forwarding of the Year Awards 2007” di Dubai, UAE, menyisihkan peserta dari Singapura, Malaysia, Jepang dan negara negara Asia Pasifik lainnya.

Setamat SMA, Reza merantau ke daerah Solo untuk melanjutkan kuliah. Pilihannya saat itu berlabuh di Universitas Negeri Solo. Sadar dirinya tidak ingin terus bergantung pada kerja keras orangtuanya, Reza memilih bekerja sambil merampungkan kuliahnya. Pekerjaan apapun dengan ikhlas dilakoni sepanjang tidak melanggar norma hukum dan agama. Mulai dari pekerjaan sebagai guide, penerjemah sampai jasa ketik komputer dijalankan demi menyukseskan cita-citanya menyelesaikan kuliahnya.

Usaha yang dilakoni dengan ketekunan tentunya akan membuahkan hasil yang sepadan. Demikian pula perjuangan Reza yang tertatih-tatih meraih mimpi akhirnya membawanya pada capaian yang diharapkan. Setelah lulus kuliah ia mendapat pekerjaan yang mampu memajukan taraf hidupnya. Begitu pula setelah berhasil mengibarkan bendera usaha sendiri, ia dapat membahagiakan diri dan keluarga. Khususnya sang Ibu dan keluarga kecilnya yang selama ini selalu mendukung setiap langkahnya.

Reza meyakini bahwa segala sesuatu yang diraih saat ini semata-mata merupakan anugerah titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Tidak semata-mata kesuksesan di bidang materi, mendapatkan keluarga kecil yang bahagia merupakan anugerah terbesarnya. Sehingga ia berusaha selalu berbagi atas apa yang dimiliki kepada sesamanya baik secara materi ataupun keilmuan. Menurutnya berbagi dalam kehidupan sosial sudah semestinya dilakukan terlepas dari anjuran dari keyakinan manapun. Berbagi adalah cara mengisi hidup yang paling baik dan bermanfaat bagi insan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!