Mulailah Suatu Usaha Dengan Minat dan Kerja Keras Sepenuh Hati

Berawal dari ketertarikannya dan hobi di dunia fashion, seorang pemuda dengan sejuta kreativitasnya berusaha memulai sebuah usaha garmen yang didukung oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

Tahun 2005 lahirlah ‘ TRE ’ perusahaan pakaian yang berbasis di pulau dewata Bali. Merek pakaian kasual yang berkualitas dan memiliki cita rasa tinggi yang dihadirkan untuk bisa menembus pasar konsumen menengah ke atas ini, tidak begitu saja dengan mudah menyentuh hati masyarakat. Berbagai halangan dan rintangan tentu saja pernah dihadapi, karena TRE hadir di antara maraknya persaingan industri fashion distro yang telah lama diminati oleh masyarakat. Di samping masalah persaingan di antara perusahaan fashion lainnya, TRE yang lahir dari tangan pemuda bernama Darwin ini memiliki kendala dalam hal produksi. Lamanya waktu produksi yang dipercayakannya pada pihak lain, mengakibatkan TRE lama dalam waktu pergantian koleksi pakaiannya.

Menyadari bahwa industri fashion yang dinamis ini akan selalu terus maju dan berkembang sesuai tuntutan zaman, mendorong pemuda yang satu ini mulai berpikir dan berinisiatif untuk membuka perusahaan produksi garmen sendiri, agar lini usaha fashion yang ia tekuni bisa lebih berkembang mengikuti perkembangan tren fashion di seluruh dunia. Berawal dari pemikiran tersebut, akhirnya pada tahun 2008, didukung oleh tim yang ahli dibidangnya, lahirlah Bengkel Baju, sebuah perusahaan produksi pakaian jadi atau garmen yang akhirnya menjadi produsen baju-baju dari koleksi fashion merek TRE miliknya.

Usaha pemasaran produk-produk fashion kala itu, memang tidak seperti saat ini, yang sangat didukung oleh media sosial. Awal mula TRE bisa hadir di hati masyarakat tentunya harus dengan berbagai usaha, di antaranya dengan menggandeng nama figur publik, agar produknya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya itu saja, Darwin pemilik lini usaha fashion ini, mencoba memasarkannya dengan menempatkan TRE di beberapa departement store terkemuka di tanah air. Walaupun, persaingan di beberapa departement store terkemuka, juga tidak urung menjadi masalah baru baginya. Namun karena pemuda yang satu ini memiliki tekad yang kuat bahwa ini adalah sesuatu yang sudah menjadi keinginannya sejak awal, maka apapun kendala yang dihadapi, ia akan tetap terus berjuang.

Darwin menyadari sepenuhnya bahwa perkembangan fashion dari tahun ke tahun akan terus bergulir, sehingga untuk mencapai suatu keberhasilan tentu saja ia harus bekerja keras tidak pantang menyerah sebelum berjuang dan terus mencoba hal-hal baru hingga sukses. Selain daripada itu, peran penting dan dukungan dari keluargalah yang membuatnya terus kuat untuk memajukan usaha yang telah memiliki kurang lebih 18 orang karyawan ini. Didukung oleh sang istri yang ikut serta dalam memberikan ide rancangannya dan mengembangkan pemasaran usaha fashion miliknya, ia percaya bahwa merek TRE yang sekarang ini sudah dikenal masyarakat, akan terus maju dan berkembang tidak hanya di tanah air tetapi juga mancanegara. Saat ini merek TRE telah memiliki penggemar-penggemar setianya sejak tahun 2012 di negara Australia, dan ia berharap juga bisa mengembangkan sayapnya di negara lainnya.

Kiprahnya di dunia fashion tidak hanya untuk mewujudkan keinginan pribadinya semata, tetapi ia juga memiliki keinginan untuk ikut andil dalam memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat disekitarnya.

Darwin bersama TRE dan Bengkel Baju perusahaan mode baju miliknya terus berbenah untuk meningkatkan kualitas, dan berusaha menjaga ekosistem lingkungannya dengan memastikan bahwa bahan yang dipergunakan untuk produksi bajunya adalah bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak merugikan masyarakat disekitarnya.

Seperti kita semua ketahui bahwa dalam memulai suatu usaha memang tidaklah mudah. Tetapi pebisnis fashion yang satu ini berpesan kepada kita semua bahwa, jika semua yang kita lakukan itu didukung dengan minat atau keinginan yang kuat, bekerja keras dengan sepenuh hati untuk memulai suatu usaha, maka kendala bukan menjadi masalah yang berarti, karena kita pasti akan memiliki keyakinan yang kuat pula untuk mampu mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!