Mulai dari Hal Kecil untuk Mencapai Keberhasilan

Memulai sebuah bisnis tentunya harus membutuhkan keberanian, kerja keras dan semangat untuk menjalaninya. Begitulah yang diyakini oleh Pande Made Agussana, pria kelahiran Nongan tahun 1980 ini. Pemuda yang penuh kreativitas ini memulai debutnya dibidang bisnis dupa atau sekarang dikenal dengan Prapen Bali pada tahun 2017. Hingga kini, produk yang diciptakan Jro Pande Agus tentunya sudah digunakan untuk kebutuhan umum, mulai dari sarana upakara, pengobatan herbal dan juga sebagai pengobatan terapi.

Bisnis yang bisa dikatakan sangat unik namun sederhana ini tidak disangka membawa Jro Pande Agus pada kesuksesan. Bagaimana tidak, produk yang dijual sangatlah berbeda dari produk yang ada di pasaran, sehingga membuat produk dupa herbal yang dikembangkannya menjadi terkenal di Bali. Dalam mencapai kesuksesan tak lupa Jro Pande Agus membutuhkan restu dari orang tua, dukungan dari kerabat dan juga teman-temannya, karena tanpa mereka pembisnis dupa yang bernama Pande Made Agussana tidak akan seperti sekarang ini.

Jro Pande Agus memulai pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri 3 Nongan, kemudian melanjutkan SMP di SMP Negeri 1 Rendang, dilanjutkan pendidikan SMA di SMA Negeri 1 Banjarangkan dan akhirnya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi di Universitas Mapindo dengan jurusan F&B Service. Sebelum menjadi seorang pengusaha dupa, Jro Pande Agus masih bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti berjualan di pasar, menjadi sopir truk, proyek bangunan, sales marketing, hingga membuka usaha kecil-kecilan. Hal tersebut Ia jalani untuk mencari tujuan hidup yang tidak kunjung mendapatkan titik terang. Semua itu merupakan sebuah proses yang dijalankannya sebelum menjadi pengusaha dupa yang sukses.

Jro Pande Agus mengandaikan hidup layaknya seperti mendaki gunung, untuk menjalankan pendakian tentunya harus berusaha dan bersemangat dalam menjalaninya, sehingga dari proses tersebut kita akan mencapai puncak atau dalam hal ini bisa dikatakan mencapai kesuksesan. Ia berprinsip, selagi pekerjaan atau usaha itu baik dan benar harus kita lakoni untuk mencapai puncak kejayaan, walau usahanya terbilang sangat sederhana, yaitu menjual dupa herbal, hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk menggapai kesuksesan.

Bisnis dupa yang dimiliki Jro Pande Agus sangat berbeda dari dupa pada umumnya, karena bahan yang digunakannya sangat khas dari rempah Nusantara. Bahkan dupa yang Ia bisniskan selama ini dapat menjadi terapi pengobatan, seperti bisa menjadi aroma terapi dari dupa herbal dan bisa dimakan untuk pengobatan layaknya pil dan bahkan dupa herbal ini bisa menjadi bahan lulur untuk sekujur tubuh. Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan merupakan bahan herbal, yang namanya bahan herbal pasti aman untuk dikonsumsi atau diolah menjadi bahan pengobatan lainnya. Untuk membuktikan itu semua, usaha dupa yang dikembangkannya sudah di cek lab untuk membuktikan khasiat yang dikandung di dalamnya. Tidak disangka-sangka ternyata dari hasil lab yang keluar dupa yang dibuat oleh Jro Pande Agus sangat aman untuk dipergunakan, bahkan ini merupakan suatu penemuan langka yang ada, sehingga mendapatkan penghargaan Gold Awards dari dupa yang Ia kembangkan sendiri.

Inilah perjuangan dari Pande Made Agussana, mulai dari hal kecil yang sangat sederhana yaitu bisnis dupa herbal, hingga bisa menjadi pengusaha yang sukses dalam bidangnya. Sebuah kisah keberhasilan ini adalah sebuah cerminan ketangguhan seorang pemuda Bali yang yakin akan sebuah kesuksesan, keberhasilan dan kedamaian hidup adalah sebuah perjuangan yang diimbangi dengan kerja keras, keberanian serta doa yang selalu menyertai untuk mencapai ketenteraman duniawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!