Modal Keberanian “Nyemplung” ke Usaha Pengolahan Air dan Perlengkapan Kolam

Air adalah salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan sehingga sumber daya ini dikelola sebaik-baiknya. Di Bali keberadaan air tidak hanya vital untuk kehidupan di tingkat rumah tangga, pun sangat diperlukan dalam kegiatan pariwisata. Demi menjaga ketersediaan air bersih maka diperlukan berbagai perlengkapan pengolahan air. Inilah yang ditawarkan di UD. Damai Sejahtera yang merupakan spesialis pompa dan filter air sejak 20 tahun silam. Perintis usaha ini, Adi Utama, merupakan pengusaha yang jeli melihat peluang yang awalnya tidak dilirik kebanyakan orang. Pria yang bermodal nekat “nyemplung” ke dunia usaha yang tidak ia kuasai sebelumnya, masih aktif mengurus usaha meski kini menginjak usia 60 tahun.

Jika melewati jalan Imam Bonjol Denpasar kita akan mudah menemukan toko Damai Sejahtera lantarannya tempatnya bersisian dengan jalan raya. Toko berlantai tiga ini terletak tepat di pintu masuk Imam Bonjol Square, Denpasar. Di sinilah kita dapat menemukan produk-produk pengolahan air seperti pompa air, filter air, dan perlengkapan kolam renang yang terjamin dan bergaransi. Perusahaan ini menangani permasalahan sistem air untuk rumah tangga maupun usaha di industri pariwisata seperti hotel, villa, restoran, dan lainnya.

“Produk kami meliputi pompa sumur, pompa dorong, pompa kolam, filter air, sistem Reverse Osmosis atau RO, dan kebutuhan kolam renang. Segala pembelian dan pemasangan kami jamin dengan garansi purna jual,” ujar Adi Utama, perintis usaha UD. Damai Sejahtera.

Tidak hanya berfokus pada penjualan dan instalasi produk saja, UD. Damai Sejahtera juga menyediakan jasa pelayanan yang siap membantu mengatasi permasalahan air para konsumen. Tenaga teknisi yang berpengalaman siap menerima konsultasi dari konsumen perihal masalah atau malfungsi sistem air konsumen tanpa dipungut biaya. Pengalaman bertahun-tahun bidang pengolahan air menjadikan SDM UD. Damai Sejahtera dapat dipercaya untuk melayani dan menangani masalah-masalah air.

Biasanya di tingkat usaha hotel atau villa UD. Damai Sejahtera kerap mengerjakan sistem air pool (kolam) beserta pemasangan pool equipment. Sedangkan untuk lingkup rumah tangga tidak jarang datang pesanan untuk pemasangan pompa dan mengatasi permasalahan air dengan filtrasi air bersih sampai layak minum. Uniknya bagi konsumen yang ingin mendapatkan layanan pemasangan filter air dapat melakukan pengetesan air secara gartis. Demi memastikan solusi pemasangan filter yang tepat untuk permasalahan air, konsumen cukup membawa sampel air rumah dalam bentuk botol atau kontainer kecil langsung ke toko. Setelah itu barulah dilaksanakan pemasangan filter air yang sesuai dan tepat dengan kondisi air di rumah konsumen.

“Pastikan air rumah anda bersih dengan pemasangan filter air dari kami, karena dengan air yang bersih maka hidup kita pun pastinya lebih sehat,” kata Adi Utama memaparkan.

The Power of Kepepet

Adi mengisahkan hal ihwal bagaimana bisa terjun ke bisnis penjualan pompa dan jasa pengolahan air, yaitu pada saat terjadi kerusuhan di daerah asalnya yaitu di Lombok. Pada waktu itu dirinya telah menginjak usia 40 tahun dan memiliki empat orang anak. Ia beserta keluarganya terpaksa pindah ke Bali dengan membawa barang-barang yang sekiranya dapat diangkut ke perantauan.

Sesampainya di Bali ia diizinkan oleh salah seorang relasinya untuk menyewa sebuah tempat tinggal dengan harga sewa yang terjangkau. Saat itu sudah ada pemikiran untuk membuka sebuah usaha demi bisa memulai hidup baru. Memang sebelumnya Adi memiliki pengalaman sebagai fotografer dan teknisi kamera di kota asalnya. Namun ia tidak yakin dapat melanjutkan usaha itu di Bali. Sehingga ia melakukan survei terlebih dahulu, mana peluang usaha yang sekiranya dapat ia jalankan.

Setelah waktu berlalu selama enam bulan, akhirnya Adi memantapkan diri menekuni usaha penjualan pompa dan perlengkapan kolam untuk hotel maupun villa. Ide itu didapatnya lantaran melihat kebutuhan air yang sangat tinggi di tingkat usaha pariwisata namun sangat sedikit pemain yang berkecimpung di bisnis peralatan pengolahan air. Akhirnya dengan modal yang tersisa, ia nekat membeli satu pompa yang ia gunakan untuk memulai usaha.

“Bisa dikatakan masa tiga tahun sejak memulai usaha adalah masa-masa belajar mengenai seluk beluk usaha ini. Saya sendiri tidak memiliki dasar pengalaman di bidang air, jadi harus berani mencoba karena the power of kepepet,” kenangnya.

Setelah memasuki tahun ketiga barulah Adi dapat merasakan perkembangan usahanya. Ia pun sudah mampu menyewa satu toko yang ia tempati hingga saat ini. Kunci kesuksesan Adi Utama dalam mengembangkan bisnis yang tidak ia kuasai sebelumnya adalah kekuatan doa dan kerja yang dilaksanakan secara seimbang. Menurutnya, keberhasilan usahanya saat ini tidak terlepas dari campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ia menambahkan bahwa semangat entrepreneur yang dimilikinya tidak lain merupakan penempaan hidup yang dilalui sejak kecil. Putra pasangan pedagang ini sejak usia sekolah sudah bisa mengumpulkan pundi-pudi rupiah. Di luar waktu sekolahnya ia berkeliling menjajakan makanan dan minuman untuk mendapatkan uang bekal.

Semangat berjuang meraih asa itu terus bergelora hingga saat ini, bahkan di saat dirinya telah memasuki usia 60 tahun. Ia membuktikan bahwa usia bukanlah faktor penentu seseorang apakah mampu meraih kesuksesan atau tidak. Seperti halnya ia yang masih optimis bekerja sehingga memotivasi para insan muda untuk tidak kalah dalam hal giat berusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!