Minum Kopi Juga Mampu Meningkatkan Kinerja Saat Berolahraga

Selama ini kita hanya mengenal manfaat kopi untuk membuat otak lebih fokus dan mengusir kantuk. Padahal, kopi juga punya manfaat yang erat dengan olahraga. Konsumsi kafein dapat meningkatkan kinerja selama latihan intens yang berlangsung 5 hingga 20 menit—selama dibarengi dengan makan.

Jika menggunakan kopi untuk “suplemen olahraga”, maka tidak bisa hanya bergantung pada cangkir di pagi hari. Kuncinya adalah waktu. Efek kopi akan dirasakan bebereapa detik sejak tegukan pertama, namun itu tidak berarti benar-benar berhasil masuk ke sistem tubuh.

Kopi membangunkan tubuh dengan menyebarkan kafein ke dalam aliran darah, yang memiliki waktu sekitar lima hingga enam jam. Pada durasi waktu itu, efek stimulasi dari bahan kimia kopi akan bekerja pada tubuh.

Tapi kapan puncak efeknya—pada titik mana tubuh akan mendapatkan hasil maksimal dari stimulasi yang diberikan kafein? Ternyata, hal itu terjadi tidak terlalu lama setelah menenggak habis kopi.  Karena itu, jika ingin merasakan efek puncak kafein—maka bisa minum 45 menit sebelum berolahraga. Studi menunjukkan, konsentrasi maksimum kafein mencapai sekitar 45 menit setelah konsumsi. Setelah itu, tubuh membakar kafein, lalu efeknya berangsur mengurang.

Jika ingin mengasup kopi pastikan untuk tidak melebihi 400 miligram kafein dalam sehari, atau setara dengan empat cangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!