Menyantap Gurame Nyat – Nyat, Primadona Kuliner Khas Kintamani di D’Kintamani Restaurant

Bila anda sedang menelusuri pinggiran kota Gianyar, tidak ada salahnya anda mencoba sajian lezat dari D’Kintamani Restaurant Jalan Prof. Ida Bagus Mantra No. 88A. Menu yang disajikan tidak jauh dari makanan kota Bangli, dengan bahan-bahan yang segar, khas dari Danau Batu. Apa lagi yang spesial dari restaurant ini?

Tentang D’Kintamani Restaurant

Di sepanjang Jalan Prof. Ida Bagus Mantra, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan restoran yang menyajikan menu khas Kintamani, salah satunya adalah D’Kintamani Restaurant.

Hadir dengan menu paket andalan ikan Gurame Nyat-Nyat dan menu-menu fresh lainnya seperti, Gurame Pepes Kemangi, berbagai olahan ikan gurame, udang telur asin dan bebek, dengan dibandrol dari harga 60 ribu rupiah/paket.

Ikan Gurame belakangan ini muncul sebagai salah satu primadona kuliner di Bali yang berhasil menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik. Diolah dengan di nyat-nyat, dimana kata nyat dalam bahasa Bali memiliki arti surut. Metode pengolahan nyat-nyat merupakan metode memasak khas Bali dimana bahan makanan dimatangkan dengan cara dimasak bersama sedikit air dan bumbu-bumbu hingga airnya menyusut atau tersisa sedikit.

Yang istimewa dari olahan Gurame Nyat-Nyat ini adalah dominasi antara aroma dari racikan bumbu khas Bali (base genep) yang mampu menghilangkan bau lumpur yang biasanya melekat pada Mujair. Menjadikan hidangan yang kaya rasa, perpaduan rasa pedas, sedikit asam dan gurihnya ikan serta wangi bumbu Bali menciptakan olahan yang sempurna.

Satu paket Gurame Nyat-Nyat akan semakin nikmat disantap dengan sepiring nasi panas, plecing kangkung, sambal matah, dan kacang goreng. Selain Gurame Nyat-Nyat, berbagai olahan ikan lain yang dapat disantap diantaranya Gurame goreng, gurame bakar maupun dijadikan pepes.

Memiliki lahan dan parkir yang luas, pengunjung D’Kintamani juga dapat mengadakan event tertentu seperti, seperti bazar, pesta ulang tahun, gathering dan pernikahan. Untuk event pernikahan sendiri lokasi tidak dipungut biaya alias gratis, ucap Nyoman Surya pemilik dari D’Kintamani Restaurant, karena lokasinya yang memang cukup jauh dari Denpasar.

Profil Nyoman Surya – Owner D’Kintamani Restaurant

Sebagai penerus dari usaha orangtua, Nyoman Surya tetap ingin mempertahankan dan melestarikan makanan lokal di D’Kintamani Restaurant. Walau sempat mendapat saran untuk membuka menu western, alumni dari Universitas Udayana Jurusan Pariwisata ini mengungkapkan, Indonesia khususnya Bali tidak hanya kaya akan budaya dan keindahan alamnya, tapi juga aneka bumbu dapur dan rempah-rempah yang menjadi incaran dunia sejak masa penjajahan. Sebagai masyarakat lokal, sudah sepatutnya untuk mengangkat dan mengeksplore kuliner lokal dan memperkenalkan kepada wisatawan asing, hingga aroma dan cita rasanya menyentuh lidah orang-orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!